Review Software Payroll Gratis yang Bisa Anda Coba

Review Software Payroll Gratis yang Bisa Anda Coba – Bagaimana cara kamu menilai dan menentukan kualitas software payroll? Apakah dengan melihat harganya, fitur yang ditawarkan, kemudahan penggunaan, atau berdasarkan brand perusahaan pengembang atau penyedia layanan?

Untuk menyimpulkan sebuah software penggajian merupakan yang terbaik di antara lainnya, tentu tak bisa berpatokan hanya pada satu faktor semata. Kamu perlu memakai parameter atau indikator untuk menilai beberapa aspek dari perangkat lunak HR tersebut.

Nah, kita akan membahas aspek apa saja yang perlu dinilai dari HRIS software. Penilaian ini akan membantu kamu memilih mana yang terbaik di antara yang tersedia di pasaran.

Performa software

software payroll gratis
Software Payroll Gratis Terbaik di Indonesia | Gadjian

Hal pertama untuk membedakan kualitas software payroll adalah mengecek performa atau kinerja perangkat lunak tersebut. Ada beberapa indikator yang dapat digunakan, seperti berikut ini:

Baca Juga: GadjianKu, Aplikasi Personalia Terbaik di Indonesia

a. Sistem operasi

Software payroll berbasis web (online) lebih baik dibandingkan on-premise, karena menggunakan penyimpanan cloud yang sangat besar, memberikan akses fleksibel, dan tidak membutuhkan perangkat storage. Pengguna juga tak perlu pusing memikirkan update berkala. Tinggal login dan pakai, semudah itu.

b. Efisiensi

Software yang berkualitas haruslah efektif dan efisien. Untuk itu, cek sejauh mana aplikasi tersebut berdampak pada penyelesaian pekerjaan dan tugas harian. Misalnya, apakah software tersebut terbukti mempercepat proses, memangkas waktu kerja, dan meminimalkan kesalahan.  

c. Keandalan 

Sistem payroll berkualitas juga mesti andal, dengan dukungan server cloud yang mampu menyediakan akses stabil 24/7 dan minim gangguan. Jangan sampai saat kamu menghitung gaji, sistem down dan tidak dapat menyimpan data. Itu sebabnya, mengapa kamu perlu memilih penyedia cloud yang punya reputasi.

d. Keamanan data

Perlindungan data klien seharusnya menjadi layanan nomor satu. Cek bagaimana sistem keamanan website, akses, enkripsi, dan sebagainya, dapat menjamin bahwa data sensitif kamu tidak akan bocor. Karena itu, kami tidak merekomendasikan penggunaan software gratis sebagai solusi payroll kamu.

Kemudahan operasi

Semakin canggih aplikasi online, seharusnya juga semakin praktis dan semakin mudah digunakan oleh siapa pun. Berikut ini indikator yang perlu dicek:

a. Otomatisasi

Periksa apakah software payroll menawarkan otomatisasi untuk jenis-jenis pekerjaan administrasi HR. Ini penting, sebab proses otomatis akan meningkatkan akurasi, mengurangi human error, serta menyingkat waktu kerja. 

b. Ramah pengguna

Aplikasi yang baik adalah yang ramah pengguna. Contohnya, fitur kalkulator pajak penghasilan seharusnya mudah digunakan oleh orang yang tidak punya background perpajakan, atau tidak terlalu paham tentang peraturan pajak yang rumit. 

c. Desain UI/UX

Desain antarmuka website akan meninggalkan kesan dan pengalaman pertama pengguna. Desain UI/UX yang menarik itu perlu, tetapi yang lebih penting adalah memudahkan pengguna, misalnya memberikan tampilan menu yang gampang diakses. Website yang rumit justru kerap membuat pusing.

Baca Juga: Ini Laporan PPh 21 yang Wajib HR Siapkan

Fungsi software

Menilai software dari aspek fungsi juga tak kalah penting. Sebab, semua indikator yang disebutkan di atas tidak banyak berguna jika aplikasi payroll kurang fungsional atau tidak banyak menjawab kebutuhan pengguna. 

a. Fitur

Periksa fitur apa saja yang disematkan dalam aplikasi penggajian. Pastikan fitur-fitur pokok penggajian ada di dalamnya, seperti hitung gaji, lembur, THR, BPJS, dan PPh 21. Fitur yang tak kalah penting adalah catatan kehadiran, kelola cuti, dan data personalia.

b. Integrasi 

Integrasi juga menjadi poin plus, karena memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi lain dalam satu platform. Misalnya, aplikasi bayar gaji karyawan yang ditambahkan ke software payroll memungkinkan pengguna untuk membayar gaji secara langsung tanpa peru repot pindah aplikasi.

Layanan pendukung

Penggunaan software payroll online membutuhkan dukungan dari penyedia, dari mulai menjawab pertanyaan klien hingga update sistem. Cek indikator ini agar kamu tahu bagaimana kualitas layanan penyedia aplikasi payroll:

a. Akun demo

Cek apakah software online menyediakan akun coba gratis, yang akan memberikan pengalaman pertama pengguna sebelum benar-benar berlangganan. Dengan demo/trial, kamu dapat menilai sejauh mana aplikasi penggajian tersebut bermanfaat memecahkan masalah penggajian di perusahaan kamu.

b. Bantuan penggunaan

Cari tahu apakah tersedia saluran responsif untuk melayani pertanyaan atau keluhan dari user, baik lewat telepon, pesan, chat, atau email. Kemudahan untuk menjangkau penyedia software sangat diperlukan ketika kamu menghadapi kendala.

c. Reputasi penyedia

Meski tidak wajib, mengecek reputasi penyedia aplikasi dapat memberi kamu gambaran tentang kualitas software. Kunjungi website dan akun media sosialnya untuk mengetahui komentar dan testimoni para pengguna.

Memilih software payroll terbaik

Belum menemukan yang terbaik? Cek website Gadjian sekarang. Aplikasi HRIS Gadjian dengan Amazon Web Services (AWS) cloud ini akan menjawab semua kebutuhanmu akan software payroll, dari aspek performa, kemudahan, fungsi, dan layanan pendukung.

Aplikasi dari Fast 8 ini kaya fitur, dari mulai penggajian otomatis, PPh 21, BPJS, cuti online, struktur dan skala upah, jadwal kerja shift, catatan absensi, sampai data personalia. Bahkan, Gadjian juga menyediakan fitur tambahan kelola inventaris kantor dan rekrutmen karyawan.

Ingin tahu bagaimana fitur-fitur di atas membantu menyelesaikan pekerjaan administrasi HR di perusahaan? Kamu bisa mencoba akun demo Gadjian gratis selama 14 hari.

aplikasi hris gadjian

Soal performa, Gadjian sangat andal, efisien, dan menjamin perlindungan data klien dengan sistem keamanan yang tangguh sekelas perbankan. Software as a service ini memberikan akses fleksibel, kapan pun dan di mana pun.

Software payroll gratis berbasis web ini juga mudah digunakan, serba otomatis, dan hanya membutuhkan sedikit pengaturan di awal. Butuh bantuan penggunaan? Kami siap membantu melalui chat, email, dan telepon. Kamu juga dapat melihat video dari tim Gadjian tentang cara menggunakan aplikasi.

Baca Juga: Proses Payroll Karyawan dan Cara Menghitungnya

Gadjian tidak hanya menyediakan aplikasi payroll sebagai solusi penggajian dan pengelolaan karyawan, tetapi juga memberikan pelatihan HR gratis secara berkala untuk pengguna Gadjian atau Hadirr melalui Gadjian Academy.

Jika kamu juga mempertimbangkan harga dalam memilih software payroll gratis, jangan khawatir, karena Gadjian tersedia dengan harga terjangkau, yakni Rp12.500 per orang per bulan untuk Paket Standar (lite) dan Rp20.000 per orang per bulan untuk Paket Sukses (komplit).

Gadjian bisa digunakan oleh skala bisnis kecil maupun perusahaan dengan karyawan ribuan. Hanya dengan 6 orang karyawan, kamu sudah bisa berlangganan aplikasi penggajian terbaik ini.

Coba Gadjian Sekarang

Content Writer at Gadjian

Jurnalis dan penulis konten/content writer.

Share

No Thoughts on Review Software Payroll Gratis yang Bisa Anda Coba

Leave A Comment