Pentingnya Sistem HRIS Online Pascapandemi

Pentingnya Sistem HRIS Online Pascapandemi – Pandemi COVID-19 telah mempercepat adopsi teknologi cloud untuk organisasi perusahaan di berbagai negara. Salah satunya adalah penggunaan Human Resource Information System (HRIS) untuk mengelola administrasi karyawan.

Bagaimana setelah pandemi mereda? Apakah kebutuhan akan sistem HRIS online masih terus tumbuh? 

Jika melihat kecenderungan saat ini, di mana popularitas cloud dalam berbagai industri belum tersaingi, maka kebutuhan akan software HR juga akan terus meningkat. Survei dari Information Service Group (ISG) ini bisa menjadi gambaran sederhana tentang masa depan HRIS cloud.

Perusahaan riset teknologi dan konsultan asal Amerika Serikat tersebut melakukan survei tren teknologi HR pada 2021 dan menemukan kenaikan 20% penggunaan platform online sejak dua tahun terakhir. Dari 260 perusahaan di dunia yang menjadi responden, 57% di antaranya berharap menggunakan layanan HR Software as a Service (SaaS) berbasis subscription pada 2023.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Software HRIS Terbaik dan Berkualitas

Alasan Pentingnya HRIS Online bagi HR Profesional di Pascapandemi 

hris online
Pentingnya Sistem HRIS Online Pascapandemi | Gadjian

Setiap perusahaan ingin lebih efisien

Pandemi dan resesi global menggambarkan dunia yang terus bergejolak dan sulit diprediksi. Setiap bisnis pada akhirnya akan mengejar efisiensi untuk bisa bertahan di setiap situasi, termasuk penerapan otomatisasi agar dapat memangkas waktu kerja dan biaya operasional.

Masih menurut survei ISG, peningkatan minat terhadap HRIS dipengaruhi oleh penghematan biaya dari perangkat lunak online tersebut. Sebanyak 37% perusahaan melaporkan penggunaan HRIS SaaS membantu menghemat biaya 20% atau lebih, sedangkan sisanya mencatatkan penghematan 10%.

Perusahaan yang telah berinvestasi pada teknologi HRIS juga dilaporkan mendapatkan peningkatan nilai bisnis dibanding sebelumnya, yang salah satunya diukur dari kenaikan produktivitas kerja.

Fleksibilitas cloud belum terkalahkan

COVID-19 telah mendorong peningkatan sistem remote working di banyak perusahaan. Polling Gartner terbaru menunjukkan 48% karyawan kemungkinan akan tetap bekerja secara remote, setidaknya untuk sebagian waktu kerja mereka setelah pandemi usai.

Pekerjaan administrasi HR pun termasuk yang dapat dilakukan secara remote dan tidak selalu membutuhkan meja kantor. Menghitung gaji karyawan, mengelola cuti, dan memonitor kehadiran bisa dilakukan jarak jauh dengan cloud. 

Baca Juga: HRIS Cloud: Upaya Startup Mengurangi Operating Cost

Pertumbuhan data bisnis yang semakin besar

Dari hari ke hari, data bisnis di setiap perusahaan terus tumbuh. Setiap aktivitas selalu menghasilkan data, tak terkecuali dalam urusan administrasi karyawan. Contohnya adalah data perhitungan gaji karyawan dari bulan ke bulan, cuti karyawan, catatan absensi, dan profil karyawan.

Data sensitif tersebut harus disimpan, dikelola, dan diakses oleh pihak yang memiliki otoritas. Pertumbuhan data ini tidak dapat diatasi dengan penyimpanan di komputer kantor yang memiliki kapasitas memori terbatas dan tidak aman.

HRIS online mengakomodasi pertumbuhan data menyesuaikan skala bisnis, dari usaha kecil dan menengah hingga perusahaan besar. Ini merupakan kelebihan dari software cloud yang memiliki kapasitas penyimpanan data yang hampir tak terbatas. 

Selain itu, perlindungan data di sistem HRIS cloud jauh lebih baik ketimbang perangkat lunak yang menggunakan penyimpanan onsite, dengan dukungan beberapa server dan back-up di data center.

Kebutuhan akan pengambilan keputusan yang lebih baik 

Sejak pandemi mengguncang bisnis di belahan dunia, perusahaan belajar dan beradaptasi untuk menjadi lebih lincah dalam menghadapi perubahan, termasuk krisis. Salah satu kunci agility adalah pengambilan keputusan lebih cepat dan lebih baik dengan berbasis pada data.

Sistem HRIS perusahaan akan semakin dibutuhkan karena membantu organisasi dengan menyediakan data real-time dalam satu platform. Sistem informasi yang bersumber pada database online ini akan memudahkan HR maupun manajemen membuat rencana serta mengelola prosesnya.

Platform HRIS cloud terbaik

Kini telah tersedia platform cloud yang efisien, fleksibel, aman, dan terjangkau, yaitu aplikasi HRIS Gadjian. Software HR terbaik buatan Indonesia ini telah membantu ratusan perusahaan menghemat biaya kelola administrasi karyawan puluhan juta rupiah setahun.

Tidak hanya itu, skalabilitas HR SaaS berbasis subscription ini sangat tinggi, karena dapat digunakan untuk bisnis rintisan dengan 6 karyawan sampai perusahaan besar dengan karyawan lebih dari 1000 orang. Jadi, perusahaan hanya membayar sesuai jumlah karyawan, tidak perlu buang uang.

Bagaimana dengan fiturnya? Gadjian menggabungkan fungsi HR dan Finance dalam satu aplikasi, sehingga layanan end-to-end ini memiliki beragam fitur untuk mengelola karyawan dan keuangan. Tidak hanya hitung gaji online, PPh 21, BPJS, dan THR. Gadjian juga dapat mengelola cuti aplikasi, jadwal kerja shift, struktur dan skala upah, dan menyediakan fitur analisis data.

Baca Juga: Tips Perekrutan Karyawan yang Efektif

Sebagai tambahan, pengguna Gadjian juga dapat memanfaatkan fitur baru, yaitu modul kelola inventaris kantor GAGA dan modul applicant tracking system GATS untuk kelola rekrutmen karyawan. 

Ingin tahu bagaimana fitur-fitur di Gadjian membantu kamu? Daftar sekarang atau coba gratis dulu dengan akun demo.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: K

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *