Begini Cara Menghitung Gaji Bersih Karyawan

cara menghitung gaji bersih

Gaji bersih adalah nominal penghasilan yang diterima karyawan setelah dikurangi berbagai komponen pemotong dalam slip gaji. Gaji bersih juga sering disebut take home pay, di mana nilainya bisa berbeda dari nominal gaji yang disepakati di awal.

Sebagai contoh, di perjanjian kerja, karyawan dijanjikan akan menerima gaji sebulan sebesar Rp5.000.000. Namun, pada saat penggajian, gaji yang masuk ke rekening bisa jadi kurang dari jumlah itu, karena telah dipotong iuran BPJS dan pajak penghasilan PPh 21.

Dalam slip gaji karyawan, ada dua komponen utama yang memengaruhi perhitungan, yaitu komponen pendapatan dan komponen pemotong. Hasil kalkulasi kedua komponen tersebut merupakan gaji bersih. 

Baca Juga: 3 Langkah Praktis Cara Menentukan Gaji Karyawan

Bagaimana Cara Menghitung Gaji Bersih Karyawan?

Image by Freepik - Gaji Bersih Karyawan

Perhitungan gaji bersih karyawan adalah pekerjaan admin payroll setiap bulan menjelang tanggal penggajian. Admin memasukkan jenis-jenis pendapatan karyawan di slip gaji, kemudian menguranginya dengan jenis-jenis potongan. 

Perhitungan manual gaji umumnya dilakukan menggunakan program spreadsheets seperti Microsoft Excel. Berikut ini cara menghitung gaji bersih di Excel.

1. Buatlah Kolom Pendapatan Karyawan

Kolom ini berisi jenis-jenis pendapatan karyawan yang menentukan besar gaji, bisa terdiri atas pendapatan teratur dan tidak teratur. Kolom pendapatan terdiri atas:

Gaji pokok

Upah pokok atau gaji pokok adalah imbalan dasar yang diberikan perusahaan atas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan, yang besarnya disepakati kedua pihak di awal. Gaji pokok adalah komponen utama penghasilan karyawan, yang besarnya minimal 75% dari jumlah gaji pokok ditambah tunjangan tetap.

Besarnya gaji pokok dipengaruhi oleh banyak hal, namun ada 3 parameter yang banyak digunakan perusahaan untuk menentukan besaran gaji pokok, yaitu:

  1. Nilai pekerjaan di pasaran: jenis pekerjaan, kualifikasi dan keterampilan, jumlah permintaan di pasar, ketersediaan tenaga kerja, dan lokasi pekerjaan mempengaruhi gaji pokok.
  2. Kemampuan perusahaan: struktur dan skala upah berdasarkan kemampuan keuangan perusahaan. Anda perlu mengetahui cara mengatur keuangan usaha kecil.
  3. Kontribusi pekerjaan: seberapa besar pekerjaan tersebut berperan mendorong pertumbuhan usaha.

Ada karyawan yang menerima gaji pokok dan tunjangan, tetapi ada pula yang hanya menerima gaji pokok saja tanpa tunjangan. Contoh slip gaji pokok tanpa tunjangan adalah slip gaji pekerja lepas harian.

Tunjangan tetap

Selain gaji pokok, tunjangan tetap juga termasuk dalam kolom pendapatan karyawan. Tunjangan diberikan oleh perusahaan secara teratur dengan besaran tetap setiap bulan, misalnya tunjangan jabatan yang diberikan kepada karyawan dengan golongan jabatan tertentu. Tunjangan BPJS dari perusahaan juga bisa dimasukkan sebagai tunjangan tetap, yang meliputi:

1.Tunjangan Jaminan Kesehatan4% Upah
2.Tunjangan Jaminan Keselamatan Kerja0,24% s.d 1,74% upah
3.Tunjangan Jaminan Kematian0,3% upah
4.Tunjangan Jaminan Hari Tua3,7% upah
5.Tunjangan Jamina Pensiun2% upah

Tunjangan tidak tetap

Tunjangan tidak tetap dihitung berdasarkan jumlah kehadiran karyawan, seperti uang makan dan transportasi. Karena itu, besaran tunjangan ini tidak teratur. Berbeda dengan gaji pokok dan tunjangan tetap yang jumlahnya konstan, tunjangan tidak tetap harus dihitung setiap bulan berdasarkan data kehadiran karyawan.

Uang lembur

Selanjutnya ada uang lembur, uang lembur diberikan kepada karyawan yang dipekerjakan oleh perusahaan di luar waktu kerja. Uang lembur dihitung menurut ketentuan pemerintah terbaru dalam PP No 35 Tahun 2021, yang nilainya berkisar dari 1,5 kali hingga 4 kali upah sejam untuk tiap jam lembur. 

cta cara menghitung gaji bersih

2. Jumlahkan Kolom Pendapatan

Setelah data semua komponen telah terkumpul. Jumlahkan semua komponen tersebut di kolom pendapatan, ini merupakan gaji bruto atau total income karyawan, yaitu penghasilan yang belum dikurangi potongan.

3. Buatlah Kolom Pengurang Gaji

Kolom ini berisi jenis-jenis potongan penghasilan karyawan yang mengurangi gaji karyawan setiap bulan. Komponen potongan gaji meliputi:

Iuran BPJS 

Iuran BPJS merupakan premi asuransi kesehatan dan asuransi sosial dan ketenagakerjaan yang dikelola oleh negara. Dalam kolom potongan, iuran BPJS dapat dirinci sebagai berikut:

1.Iuran Jaminan Kesehatan5% Upah
2.Iuran Jaminan Kecelakaan Kerja0,24% s.d 1,74%
3.Iuran Jaminan Kematian0,3% upah
4.Iuran Jaminan Hari Tua5,7% upah
5.Iuran Jaminan Pensiun3% upah

PPh 21

Komponen pengurang gaji karyawan berikutnya adalah pajak penghasilan PPh 21/26. PPh 21 dihitung lebih dulu secara terpisah sesuai tata cara perhitungan pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi, dan kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam kolom pengurang gaji.

Pinjaman

Apabila karyawan memiliki kewajiban pembayaran pinjaman kantor, maka angsuran tersebut dimasukkan sebagai komponen pengurang gaji.

4. Jumlahkan Kolom Pengurang Gaji

Setelah data pengurangan gaji terkumpul maka, jumlah dari semua komponen di kolom pengurang gaji merupakan total potongan dalam slip gaji karyawan.

5. Mulai Hitung Gaji Bersih

Untuk cara menghitung gaji bersih, kurangi total income dengan total potongan. Hasilnya merupakan take home pay di slip gaji, yaitu nominal gaji yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan.

cara menghitung gaji bersih di excel

Cara hitung gaji karyawan dengan Excel di atas kurang efisien untuk mengerjakan payroll banyak karyawan. Beberapa perhitungan komponen slip gaji, seperti lembur, BPJS, dan PPh 21, memakan waktu dan menuntut ketelitian.

Baca Juga: Permudah Cara Menghitung Persentase Kehadiran Karyawan dan Contohnya

Cara Praktis Hitung Gaji Bersih Karyawan

Cara paling mudah adalah menggunakan sistem perhitungan otomatis dengan aplikasi payroll Gadjian. Jika dengan cara manual di atas, Anda perlu menghitung sendiri PPh 21 secara terpisah, maka dengan Gadjian tidak perlu lagi.

Gadjian memiliki kalkulator pajak yang menghitung PPh 21/26 karyawan secara otomatis dan langsung muncul sebagai komponen pemotong di slip gaji online. Aplikasi hitung PPh 21 ini memberikan hasil yang akurat dan sesuai dengan ketentuan perpajakan terbaru.

Contoh Slip Gaji Online Karyawan | Gadjian
Contoh slip gaji karyawan di aplikasi Gadjian

Gadjian adalah HRIS Indonesia yang telah membantu banyak HR/Finance perusahaan menangani penggajian secara efisien. Fitur hitung gaji online di aplikasi ini sangat andal untuk menyelesaikan berbagai perhitungan komponen slip gaji karyawan, dari gaji pokok, beragam tunjangan, THR, bonus, BPJS, dan pajak penghasilan karyawan.

Dengan aplikasi ini, bukan hanya penggajian yang menjadi lebih mudah dan praktis, tetapi juga pekerjaan administrasi lainnya, seperti membuat struktur dan skala upah, menyusun jadwal shift kerja karyawan, hingga mengelola cuti secara online.

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya