Depan » Aplikasi Rekrutmen Karyawan » Tips Perekrutan Karyawan yang Efektif

Tips Perekrutan Karyawan yang Efektif

Tips Perekrutan Karyawan yang Efektif – Pernah mendengar war for talent? Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh firma konsultan manajemen asal Amerika Serikat McKinsey & Company untuk menggambarkan persaingan sengit perusahaan dalam berebut tenaga kerja terbaik demi membangun organisasi yang sukses. 

Setiap perusahaan selalu menginginkan bakat-bakat terbaik karena alasan produktivitas yang tinggi. Menurut survei global McKinsey, karyawan high performer delapan kali lebih produktif dibandingkan karyawan rata-rata untuk pekerjaan dengan kompleksitas tinggi.

Persoalannya, perekrutan karyawan untuk menemukan kandidat terbaik dalam waktu singkat tidaklah mudah. Kandidat top talent atau biasa disebut “purple squirrel” sangatlah langka. Kalau pun tersedia di pasar tenaga kerja, mereka tidak akan bertahan lama.

Karena itulah, Anda membutuhkan proses rekrutmen yang efektif dengan tahapan seleksi yang ringkas dan cepat, namun tepat sasaran, bukan proses yang panjang dan berlarut-larut. Rekrutmen yang lamban akan menyebabkan Anda gagal bersaing mendapatkan kandidat berkualitas. 

Baca Juga: Rumus Menghitung Turnover Rate Bulanan Karyawan

Ambil contoh seorang top talent melamar ke perusahaan Anda dan perusahaan pesaing secara bersamaan. Namun, Anda masih sibuk membaca resume miliknya dan hendak membuat shortlist, sementara perusahaan lain telah menyelesaikan wawancara dan memberikan offer letter kepadanya. Siapa yang lebih berpeluang mendapatkan karyawan tersebut?

Tips Perekrutan Karyawan yang Efektif

Aplikasi rekrutmen karyawan
Aplikasi rekrutmen karyawan | Gadjian

Jadi, jika ingin memenangkan kandidat terbaik, memperbaiki perencanaan SDM dan rekrutmen menjadi syarat utama. Berikut ini beberapa tips agar perekrutan karyawan lebih efektif .

1. Tentukan sumber perekrutan yang tepat

Menggunakan job portal sebagai sumber perekrutan akan mendatangkan lebih banyak pelamar, namun mungkin Anda tidak akan menemukan karyawan dengan keahlian spesifik yang Anda inginkan. Sebaliknya, program referral karyawan dan talent pool mungkin menjaring lebih sedikit kandidat, tetapi bisa memberikan pilihan yang berkualitas. 

Sumber perekrutan (sourcing) yang tepat akan menghasilkan kandidat yang tepat pula. Jika mencari karyawan dengan keterampilan khusus, Anda sebaiknya fokus pada sumber yang lebih menjanjikan tanpa perlu menghabiskan waktu dan biaya rekrutmen.

2. Perbaiki job description

Deskripsi pekerjaan yang baik harus dapat menyaring calon pelamar di awal. Job description sebaiknya dibuat secara rinci dan spesifik agar dapat menjawab pertanyaan mendasar pencari kerja: apakah saya kandidat yang tepat untuk pekerjaan ini dan apakah pekerjaan ini yang saya inginkan.

Menuliskan daftar tugas dan kualifikasi yang kurang jelas dan terlalu umum dapat menyebabkan pelamar yang kurang memenuhi syarat akan mencoba mengirimkan resume. Ini akan menambah pekerjaan Anda dalam screening dokumen dan menghabiskan waktu lebih lama untuk memilah resume.

Baca Juga: Faktor Penentu Kenaikan Gaji Berkala untuk Karyawan

3. Permudah prosesnya

Sebaiknya Anda mempermudah proses seleksi dari awal hingga akhir. Proses yang mudah tidak hanya memberikan pengalaman positif bagi kandidat mengenai sistem kerja di perusahaan Anda, tetapi juga mengefisienkan rekrutmen sehingga dapat memangkas waktu dan biaya. 

Contohnya, dalam pengiriman lamaran, Anda bisa menggunakan cara digital, dari mulai job portal, laman karier di web perusahaan, atau melalui aplikasi, terutama jika sasaran Anda para pekerja milenial dan Gen Z. Menyediakan formulir lamaran kerja online sederhana juga akan mencegah pelamar mengirimkan dokumen yang tidak dibutuhkan dalam screening

4. Gunakan video conference 

Perekrutan Karyawan
Tips Perekrutan Karyawan yang Efektif | Gadjian

Penggunaan video conference untuk menggantikan wawancara tatap muka semakin populer sejak pandemi. Selain menghemat waktu dan biaya perjalanan, keuntungan video conference adalah memungkinkan Anda menjadwalkan wawancara untuk kandidat terbaik yang hanya punya waktu terbatas.

Top talent yang masih bekerja di perusahaan lain saat melamar posisi kosong di perusahaan Anda biasanya tidak memiliki banyak waktu di hari kerja untuk datang langsung ke kantor Anda. Dengan video conference, Anda dapat mengatur jadwal wawancara online selepas jam kerja mereka. Jadi, Anda tidak membuang kesempatan untuk mendapatkan kandidat terbaik.

5. Gunakan aplikasi rekrutmen

Perangkat lunak applicant tracking system (ATS) akan mempercepat proses rekrutmen, terutama dalam penyaringan resume dan curriculum vitae (CV) pelamar. Aplikasi ATS CV ini merupakan machine learning yang menggunakan algoritma untuk memindai dan menyeleksi ratusan dokumen lamaran hanya dalam hitungan menit berdasarkan kecocokan kata kunci yang diberikan. 

Selain mempercepat screening dan shortlisting dengan hasil lebih objektif dan bebas bias, ATS juga memudahkan sourcing dengan menyebarkan job ad di situs pencarian kerja dan memantau view iklan. Software ini juga memungkinkan perekrut dan manajer terhubung dan berkolaborasi mengelola alur rekrutmen dan data kandidat karyawan.

Bagi Anda pengguna HRIS system Gadjian, kini Anda dapat memanfaatkan fitur GATS GRATIS setahun. GATS adalah aplikasi ATS untuk membantu Anda mengelola dan memantau rekrutmen secara digital.

Keuntungan Menggunakan GATS?

Perekrutan Karyawan
Tips Perekrutan Karyawan yang Efektif | Gadjian
  1. Karena berbasis cloud, Anda dapat mengelola proses rekrutmen karyawan kapan saja dan di mana saja selama terhubung internet. Semua data terekam otomatis dan real-time dengan penyimpanan online di server cloud.
  2. Database terpusat memungkinkan Anda mengelola data kandidat, CV, dan resume lebih cepat dan membuat proses Anda lebih ringkas. Dengan satu platform digital, Anda dapat memantau proses rekrutmen secara efisien. 
  3. Memungkinkan kolaborasi tanpa batas antara tim perekrut dengan manajer rekrutmen, serta memudahkan pemberian feedback dan pengambilan keputusan.
  4. Sistem pelacakan kandidat GATS membantu Anda menemukan top talent yang paling tepat untuk mengisi peran kosong dan membangun tim terbaik.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung Gaji Bersih Karyawan

Modul GATS telah terpasang di software payroll Gadjian dan langsung dapat Anda gunakan tanpa biaya untuk data 50 orang kandidat pertama selama setahun. Jika Anda membutuhkan kapasitas kelola data lebih besar, Anda dapat berlangganan mulai Rp50.000 per bulan untuk data 500 orang kandidat dan seterusnya.

Jadi, Gadjian bukan hanya aplikasi hitung gaji dan kelola administrasi karyawan, tetapi juga software cloud yang dapat digunakan untuk merekrut kandidat secara efektif serta hemat waktu dan biaya. Yuk, daftar Gadjian sekarang dan dapatkan akses ke fitur GATS secara cuma-cuma.

Coba Gadjian Sekarang
Content Writer at Gadjian

Share

No Thoughts on Tips Perekrutan Karyawan yang Efektif

Leave A Comment