3 Jenis Sistem HRIS Perusahaan yang Paling Banyak Dibutuhkan

Sistem HRIS perusahaan kian mendesak untuk diterapkan bahkan dimulai dari perusahaan skala kecil sekalipun. Mengapa demikian? Agar saat urusan manajemen SDM semakin komplek, perusahaan sudah siap mencatat dalam sistem administrasi Human Resource Information System (HRIS) berbasis IT. Aplikasi perangkat lunak manajemen SDM tersebut bisa dalam bentuk HRIS, HCM, dan HRMS.

Human Resource Management System (HRMS) mencakup software Human Resource Information System (HRIS) dan Human Resource Management (HCM). Di dalam software pengelolaan SDM tersebut sudah mencakup manajemen talenta, kemampuan global serta manajemen waktu.

Baca Juga: Maraknya Startup yang Beralih ke HRIS Cloud untuk Mengurangi Operating Cost

Tips Memilih Sistem HRIS Terbaik Untuk Perusahaan

Memilih sistem HRIS terbaik untuk perusahaan harus berdasarkan pada prinsip quality, cost, dan delivery. Artinya aplikasi yang dipilih harus memenuhi tiga unsur, yakni “better (lebih baik kualitasnya), faster (lebih cepat proses pemakaiannya), dan cheaper (lebih murah harganya)”. Bagaimana untuk mendapatkan itu semua? Simak tips berikut ini:

Sistem HRIS harus memiliki tingkat keamanan data yang baik

Data adalah aset perusahaan. Jangan sampai tersebar ke pihak lain termasuk pihak ketiga penyedia software HRIS. HRIS Sistem terbaik akan memberikan jaminan perlindungan data pengguna yang baik pula melalui sistem keamanan berlapis, dan tanpa celah.

Perangkat lunak HRIS harus punya lisensi resmi

Karena bersifat komersial, pastikan software yang kalian gunakan adalah legal dengan lisensi resmi. Hindari perangkat lunak gratisan dengan track record yang kurang jelas. Legalitas resmi menjamin perusahaan terhindar dari sengketa hukum sekaligus terkait erat dengan kualitas keamanan perangkat lunak yang digunakan.

Perhatikan fitur, harga boleh murah asal sesuai kebutuhan

Memilih software HRIS harus bisa hemat dan efisien. Artinya software HRIS tersebut memiliki harga terjangkau namun dengan fitur lengkap sesuai kebutuhan. Jangan tergiur harga software yang murah saja. Pastikan kualitas layanan baik, dan kebutuhan akan fitur terpenuhi. Kualitas layanan penting terutama saat terjadi masalah sistem. 

Baca Juga: Intip Harga Aplikasi Payroll Gadjian dengan Fitur Terlengkapnya

Selain lengkap, fitur juga harus handal

Fitur handal artinya program pada sistem HRIS tersebut senantiasa up to date terhadap kebijakan yang berlaku. Misalnya perubahan peraturan perpajakan oleh pemerintah.

3 Sistem HRIS Perusahaan yang Paling Banyak Dibutuhkan

Walaupun banyak jenisnya, tidak semua software manajemen SDM dipakai oleh perusahaan di Indonesia. Dalam perkembangannya, perusahaan menggunakan software sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kompleksitas bisnis yang dijalankan. Berikut ini 3 sistem HRIS perusahaan yang paling popular digunakan di Indonesia saat ini:

1. Sistem HRIS Tactical

Bagi perusahan dengan jumlah SDM di atas 1.000 orang, pemakaian software dengan fitur lengkap untuk manajemen SDM lebih diprioritaskan. Sistem HRIS Tactical cocok untuk kebutuhan ini karena sudah dilengkapi dengan pilihan modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR mulai dari perencanaan kebutuhan SDM, rekrutmen hingga training / seminar HR.

2. Sistem HRIS Operasional

Kesibukan yang paling banyak terjadi pada perusahaan adalah administrasi terkait operasional perusahaan. Sistem HRIS Operasional pilihan cocok untuk mengatasi hal ini karena di desain dengan pilihan modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan HR dalam lingkup operasional. Beberapa penekanan fitur produk ada pada pengelolaan administrasi karyawan, sampai ke pengelolaan absensi dan payroll.

Baca Juga: 6 Panduan Penting dalam Memilih Software HRIS Yang Tepat

3. Sistem HRIS Strategic

Kebutuhan akan software monitoring kinerja karyawan menjadi skala prioritas tersendiri jika perusahaan Anda sudah mapan. Sistem HRIS Strategic adalah pilihan yang tepat untuk tahap ini karena telah dilengkapi dengan pilihan modul terintegrasi untuk menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawannya dalam bentuk performance review dan goal alignment.

Untuk memilih sistem HRIS terbaik butuh pengalaman dan referensi dari banyak pihak yang sudah mencobanya. Gadjian adalah software HRIS terbaik dengan fitur terlengkap. Mulai dari hitung payroll online, pajak penghasilan PPh 21/26, BPJS, kelola cuti/izin, shift kerja, struktur dan skala upah, dsb. Jadi, masih bingung pilih yang mana? Segera coba aplikasi HRIS Gadjian sekarang juga, GRATIS!

Coba Gadjian Sekarang

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *