Kaleidoskop Seminar HR Gadjian Academy Tahun 2021

seminar hr

Sepanjang tahun 2021, Gadjian Academy telah menggelar banyak seminar HR unggulan yang memfasilitasi berbagai diskusi melibatkan para pendiri startup Indonesia hingga ahli-ahli yang berpengalaman di bidang manajemen sumber daya manusia (SDM).

Gadjian Academy berkomitmen untuk memberikan pelayanan pada manajemen dan divisi HR dalam menyelesaikan permasalahan yang kerap ditemui saat mengelola karyawan. 

Situasi pandemi pun tidak jadi hambatan. Dengan menawarkan pelatihan HR online, Gadjian Academy semakin menjangkau banyak orang untuk memberikan kiat-kiat pengelolaan karyawan yang efektif dan tepat bagi perusahaan.

Simak deretan program HRD dan pelatihan HRD yang telah diselenggarakan Gadjian Academy berikut:

Seminar HR Kuartal Pertama 2021

1. Bisnis Fit di Masa Covid dengan Program Benefit 

seminar hrd
Seminar hrd Gadjian Academy | Gadjian

Bersama Radhitya Akbar (Mercer Marsh Benefit), Dini Fitriyah (Owner & Founder Mouza Indonesia), dan Else Fernanda, (Director of Fast 8), Gadjian Academy x Payuung mengadakan sharing session gratis pada training HR bulan Maret membahas faktor-faktor yang menjadi pertimbangan, manfaat dan strategi penerapan benefit karyawan di era new normal. 

Baca Juga: 5 Program Retensi Karyawan yang Bisa Diterapkan HRD

2. Sharing Session with HR (S)Heroes: Wellness in Pandemic Times

Dalam rangka menyambut International Womens Day, Payuung mengundang Sofrida Saraswati (HR Director of Wunderman Thompson Indonesia), Vidya Syaka Diara (HR & GA Manager of Transfez), dan Carolina Hutabarat (Head of People Ops & Services of Everlash) untuk berbagi tips dan pengalaman bagaimana wanita dapat mengambil peran besar terhadap kesejahteraan karyawan dan pertumbuhan bisnis.

Seminar HR Kuartal Kedua 2021

1. Payuung Private Class: Membuat Paket Benefit Minim Anggaran

Pada bulan April, Payuung mengadakan kelas tertutup via Zoom Webinar gratis yang hanya diikuti pelanggan Payuung seputar cara membuat paket benefit yang hemat anggaran dengan narasumber dari konsultan benefit global Mercer Marsh Benefit, Radhitya Akbar. 

2. Penerapan PP Pengupahan dan Perjanjian Kerja di Perusahaan

Sharing session ini membahas pengetahuan terkait isi dari PP no 35 dan 36 tahun 2021 tentang pengupahan dan perjanjian kerja dan bagaimana penerapannya di dalam peraturan perusahaan. Event online ini menghadirkan narasumber dari Afaralaw, Afandi Rachman (Managing Partners) yang diadakan pada bulan April lalu.

Baca Juga: Tanya Jawab UU Cipta Kerja: Perjanjian Kerja dan Pengupahan

3. Mengungkap Kesehatan Mental Karyawan dengan Grafologi

Karyawan WFH/WFO di masa pandemi seringkali tidak sadar akan kesehatan mental yang dialaminya, padahal berisiko mengganggu kinerja dan produktivitas bisnis. Pada bulan April lalu, webinar ini mengundang Certified Master Handwriting Analyst, Ummi K. Irawan, CMHA, untuk berbagi cara mengungkap kesehatan mental karyawan dengan grafologi.

4. Masterclass : Rahasia Menyeimbangkan Cash Flow dan Benefit Karyawan di Masa Pandemi

Dalam rangka menyeimbangan cash flow dan benefit karyawan, Gadjian Academy mengadakan webinar HR menghadirkan Else Fernanda (Direktur & Co-Founder Fast-8 Group) untuk membekali peserta bagaimana cara menyeimbangkan cash flow perusahaan agar tetap positif dan benefit karyawan juga dapat terakomodir dengan baik.

Seminar HR Kuartal Ketiga 2021

1. Yuk Cegah Yuk: Toxic Workplace akibat WFH

Memasuki tahun pandemi kedua, muncul permasalahan toxic workplace, yaitu sulitnya manajemen memantau lingkungan kerja dan kesehatan mental karyawan. Gadjian Academy bersama CEO & Co-Founder Fast-8 Group, Afia Fitriati, membagikan solusi untuk mencegah dan mengatasi toxic workplace yang terjadi pada karyawan akibat dari WFH.

2. Anak Emas Si Boss : Ilmu Dasar Penentuan KPI

Cara membuat KPI karyawan | Gadjian

Toxic workplace juga disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan dalam penentuan KPI, sehingga menimbulkan rumor adanya si “Anak Emas” yang mendapatkan perlakuan spesial tanpa performa yang jelas. Webinar HR ini mengulas cara membuat KPI perusahaan yang tepat bersama Konsultan & Praktisi HR dan Bisnis Profesional, Linda S. Irawan.

Baca Juga: Cara Membuat KPI Karyawan dan Contoh Perhitungannya

Seminar HR Kuartal Keempat 2021

1. Tunjangan & Benefit Masa Endemi: Siap-siap Hidup, Bekerja & Berkawan dengan COVID-19

Meningkatnya angka vaksinasi masyarakat Indonesia membawa perusahaan menyambut masa endemi atau “berdamai” dengan COVID-19. Untuk itu, bersama Eduard Soplanit (Sr. Manager PT Marsh Indonesia), webinar ini membagikan tips apa saja yang perlu dipersiapkan oleh perusahaan bagi tim dan karyawan untuk menyambut masa pandemi.

2. Mental Health-Friendly Workplace

Dalam rangka Mental Health Month pada bulan Oktober. Gadjian Academy bersama founder Yoga Leaf Indonesia, Pujiastuti Sindhu, berbagi tips terutama kepada praktisi HR bagaimana menciptakan tempat kerja yang ramah terhadap kesehatan mental agar produktivitas tetap terjaga.

3. Mengelola “Rapor” Karyawan: Ilmu Dasar Manajemen Kinerja (Performance Management)

Webinar HR ini merupakan kelas lanjutan dari ilmu dasar penentuan KPI, sebab setelah KPI ditentukan, performa karyawan perlu diukur dan dimonitor. Narasumber event ini yaitu Konsultan & Praktisi HR dan Bisnis Profesional, Linda S. Irawan untuk membahas tentang teknis, langkah-langkah dan best practices melakukan performance management.

4. Kupas Tuntas PPh 21 Tahun 2021: Persiapan Adaptasi UU HPP (UU No.7 Tahun 2021)

pelatihan hrd
Pelatihan hrd di Gadjian Academy | Gadjian

Pada bulan November, Gadjian Academy mengadakan masterclass membahas tema yang selalu mendapatkan antusiasme sangat tinggi di tiap tahunnya yaitu, Kupas Tuntas PPh 21, kali ini terkait perubahan PPh 21 yang berlaku di tahun 2022 mengacu pada UU HPP (UU No.7 Tahun 2021). Masterclass ini dipandu oleh Indra Wandi (Head of Customer Success FAST8 Group).

5. Struktur & Skala Upah: Kompensasi Karyawan Pasca Pandemi

Diadakan pada akhir tahun, webinar Masterclass ini menyambut tahun 2022 dengan mengangkat bahasan seputar sistem remunerasi yang efektif, baik bagi perusahaan maupun karyawan untuk diterapkan ketika memasuki masa pasca pandemi. Narasumber yang dihadirkan adalah Pungki Purnadi (Konsultan HR & CEO Pungki Purnadi & Associates).

Baca Juga: Apa Perbedaan Uang Kompensasi dan Pesangon?

Ikuti Training HR Gadjian Academy secara Gratis

Berbagai pelatihan manajemen SDM yang diadakan Gadjian Academy cocok banget untuk boosting performa HR dalam mengelola karyawan. Nah, di samping mempelajarinya ilmunya, Anda juga bisa mewujudkan pengelolaan karyawan yang rapi, terstruktur dan otomatis menggunakan aplikasi Hadirr, Gadjian dan Payuung.

Gadjian merupakan aplikasi payroll untuk mengelola administrasi dan SDM perusahaan. Anda bisa menghitung dan mendistribusikan gaji secara online, lembur, menghitung PPh 21/26, BPJS, shift kerja dan THR.

Coba Gadjian Sekarang

Hadirr adalah aplikasi kehadiran online yang juga dilengkapi fitur-fitur serba bisa dalam pengelolaan karyawan seperti client visit, timesheet online, pengatur shift kerja, hingga reimbursement online.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Sedangkan Payuung merupakan platform financial dan wellness pertama di Indonesia yang menawarkan solusi-solusi benefit karyawan, dukungan bisnis dan pribadi.

Dengan menggunakan Hadirr, Gadjian dan Payuung, Anda berkesempatan mendapatkan banyak ilmu bermanfaat seputar HR dan finance dalam rangkaian training HR Gadjian Academy tahun mendatang secara GRATIS.

Baca Juga Artikel Lainnya