Tips Sukses Mengelola Karyawan dari Gadjian Academy: Kaleidoskop Training HR Tahun 2017

Tips Sukses Mengelola Karyawan dari Gadjian Academy: Kaleidoskop Training HR Tahun 2017 | GadjianBerkembangnya situasi industri dan bisnis menjadikan para pengusaha muda harus terus belajar. Persaingan usaha juga semakin menantang karena peraturan pemerintah yang berhubungan dengan tenaga kerja kerap berubah demi mengakomodir berbagai kepentingan. Salah satu sarana pembelajaran bagi para pengelola perusahaan adalah melalui Training HR yang diselenggarakan oleh Gadjian Academy.

Sejak awal diadakan, Gadjian Academy berkomitmen untuk melayani manajemen dan Divisi HR dalam menyelesaikan permasalahan HR yang sering muncul dalam pengelolaan karyawan. Sepanjang tahun 2017, Gadjian Academy telah memfasilitasi berbagai diskusi yang melibatkan para pendiri startup di Indonesia dan ahli-ahli yang berpengalaman di bidang manajemen sumber daya manusia. Berikut catatan dari tiga Training terakhir pada bulan Oktober hingga Desember 2017.

Oktober 2017

Cara Membuat Paket Kompensasi & Struktur Upah

Tanggal 23 Oktober 2017 menjadi tanggal batas pelaporan struktur dan skala upah yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 tahun 2017. Untuk membantu pemilik perusahaan memenuhi aturan pemerintah ini, Gadjian Academy mengadakan Training HR yang dipandu oleh founder Gadjian: Afia Fitriati, CHRP dan Else Fernanda, CHRP, pada 19 Oktober 2017.

Training ini mengupas cara menghitung gaji karyawan yang adil, misalnya melakukan analisa jabatan dan membuat job description yang terperinci. Melalui studi kasus, training yang memberikan bonus “Excel Template Struktur Gaji” tersebut mampu memberikan pencerahan bagi para peserta dalam menyusun struktur dan skala upah sesuai dengan anjuran pemerintah.

November 2017

The Secrets of Recruitment

Rekrutmen karyawan selalu menyimpan misteri, terutama bagi startup yang harus bersaing dengan perusahaan besar dalam mendapatkan talent. Gadjian Academy menghadirkan Rizka Gita Miranti, CEO GMT Consulting, untuk menyampaikan wawasan tentang tips sukses rekrutmen.

Sebagai ‘filter’ yang akan menentukan kesuksesan perusahaan, Divisi HR perlu menghindari kesalahan dalam perekrutan karyawan, seperti terburu-buru memutuskan. Selain itu, Rizka menekankan pentingnya promosi branding perusahaan agar dapat menarik minat talent untuk melamar pekerjaan. Training ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri bagi para pemilik usaha kecil menengah dalam merancang sistem rekrutmen yang efektif.

Desember 2017

How to Create HR Budget for 2018

Anggaran untuk meningkatkan potensi manusia dalam perusahaan seringkali tidak menjadi prioritas bagi manajemen, dikarenakan dampaknya yang dianggap ‘tidak nyata’ secara ekonomis. Oleh karena itu, Arry Ekananta, Ex-General Manager – Head of HRD & ISO Management Rep. di PT Tunas Ridean Tbk, diundang oleh Gadjian Academy pada Training HR bulan Desember.

Arry berupaya mengubah mindset para peserta yang belum menganggap penting kekayaan intelektual yang dimiliki oleh tenaga kerja. Tenaga kerja bukan hanya sumber daya, namun ‘value’ yang akan menjadi daya ungkit bagi perusahaan. Dengan demikian, Divisi HR memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengembangkan organisasi, dan perlu didukung dengan anggaran yang kuat. Dalam training ini, Arry membahas tentang Strategy Map, Scorecard, dan Activity Plan Divisi HR, serta implikasinya pada HR Budget. Training ini menggugah para peserta untuk bersinergi dengan Divisi Keuangan dan pimpinan perusahaan dalam membuat anggaran yang meliputi seluruh kegiatan Divisi HR.

Disamping mempelajari ilmunya dari Training HR, perusahaan dapat menggunakan payroll software Indonesia seperti Gadjian untuk mewujudkan pengelolaan karyawan yang rapi dan terstruktur, serta memudahkan pekerjaan Divisi HR. Ajukan tema Training HR pada Gadjian Academy melalui email fauzi@gadjian.com atau ajukan di chatbox laman Ketenagakerjaan website Gadjian, agar kami dapat membantu mengatasi persoalan manajemen SDM Anda.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share