Manfaatkan Selfie di Kantor sebagai Metode Absensi Karyawan

Perkembangan smartphone membuat sebagian orang keranjingan selfie. Ingin mengabadikan kenangan saat mengunjungi tempat wisata, atau menghadiri acara spesial, namun sayangnya tidak ada partner untuk membantu memfotokan. Selfie adalah jawabannya.

Tak terkecuali di Indonesia. Selfie bahkan menjadi fenomena karena muncul kejadian dimana orang-orang melakukannya dalam situasi ekstrim. Namun bagaimana dengan selfie di kantor?

Aplikasi Absensi, Timesheet, dan Reimbursement | Hadirr

Kebanyakan orang mengambil selfie saat sedang berada dalam kondisi terbaik, sesuai dengan latar belakang tujuan selfie itu sendiri, yaitu kecenderungan untuk ‘pamer’. Sementara di kantor, barangkali para pekerja tidak terpikir untuk ber-selfie karena banyak faktor. Beberapa kantor tidak memperbolehkan pegawai memegang handphone selama bekerja. Tak hanya untuk sektor pelayanan yang harus fokus dengan pelanggan, bagi divisi yang berhubungan dengan dokumen rahasia, mengambil gambar saat jam kerja harus dilarang. 

Sebaliknya, jika tidak ada aturan tertentu, mungkin karyawan sudah merasa terlalu terbiasa dengan aktivitas di kantor. Padahal kantor adalah tempat kita menghabiskan sebagian besar waktu dalam keseharian. Jika kita enggan mempertontonkan kegiatan kita ketika berkarya, pertanyaannya kemudian, “apakah kita mencintai pekerjaan kita?”

Maka dari itu, berikut empat alasan mengapa Anda sebaiknya mengambil selfie di kantor.

Menunjukkan Penampilan dan Perasaan Anda terhadap Pekerjaan

Menunjukkan Penampilan dan Perasaan Anda terhadap Pekerjaan

Apakah Anda terlihat bosan, tidak bersemangat, atau lelah terus-menerus? Atau sebaliknya, Anda terlihat sangat ‘representatif’ dan bergairah? Jika Anda diminta mengunggah selfie tersebut di media sosial, apakah Anda akan bangga? Maka sebenarnya penampilan Anda saat sedang ber-selfie di kantor menunjukkan perasaan Anda terhadap pekerjaan, dan tentu saja perusahaan tempat Anda bekerja.

Memperlihatkan Hubungan Anda dengan Rekan Kerja

Memperlihatkan Hubungan Anda dengan Rekan Kerja

Tak hanya sendirian, coba tantang diri Anda untuk mengambil selfie bersama teman-teman satu ruangan, atau bahkan bersama atasan. Bagaimana mereka akan bereaksi? Tanggapan mereka atas ajakan Anda, dan juga foto yang dihasilkan, dapat menjadi bahan perenungan untuk Anda. Jika mereka mengiyakan dengan senang hati, bisa jadi kepuasan kerja – atau hubungan Anda dengan mereka – memang benar-benar baik. Jika mereka malas-malasan saat diajak selfie, coba tanya kepada diri sendiri, mengapa mereka berlaku demikian?

Membantu Anda Mengenal Lingkungan Kantor dengan Lebih Baik

Membantu Anda Mengenal Lingkungan Kantor dengan Lebih Baik

Ambil selfie dalam situasi yang se-alami mungkin. Saat berada di pantry, saat lembur, dan sebagainya. Perhatikan penampakan sekeliling Anda pada foto tersebut. Apa yang dapat Anda perbaiki atau tingkatkan dari kondisi tersebut sehingga semangat kerja Anda meningkat? Apa inspirasi yang Anda rasakan ketika melihat hasil karya Anda?

Sebagai Bahan Refleksi untuk Meningkatkan Karier Anda

Sebagai Bahan Refleksi untuk Meningkatkan Karier Anda

Semakin banyak selfie yang Anda ambil di kantor, Anda dapat merenungkan apa-apa saja yang telah terjadi pada karier Anda sejak lima tahun yang lalu. Hal ini dapat Anda gunakan untuk membayangkan apa yang akan terjadi pada lima tahun yang akan datang. Anda ingin ber-selfie di kantor seperti apa, merupakan salah satu pertanyaan yang bisa Anda olah untuk mempertajam karya Anda. Refleksi diri secara menyeluruh tersebut dapat Anda hasilkan dari selfie di kantor.

Baca Juga: Perhitungan Lembur Praktis dengan Gadjian dan Hadirr

Selain berbagai manfaat di atas, banyak perusahaan telah menggunakan absen wajah untuk memantau kehadiran karyawan. Absen online dengan selfie dianggap mempermudah pekerjaan HR, sebagai contoh aplikasi absensi android dapat dipasang di handphone masing-masing karyawan. Sistem absensi online seperti ini jelas akan menghemat anggaran perusahaan.

Saat ini, aplikasi Hadirr telah diperbarui dengan tiga fitur yang akan memperlancar absen kantor. Fitur ‘alarm’, ‘hitch’, dan ‘offline mode’ tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan perusahaan yang menginginkan aplikasi absen karyawan yang akurat, namun tetap praktis, dan mudah digunakan oleh karyawan.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Bagikan artikel ini:

Share