Penggunaan Teknologi HRIS untuk Strategi Peningkatan UKM

Image by Freepik - Tekno;ogi HRIS

Sumber penghidupan di Indonesia salah satunya bergantung pada UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Saat ini fokus utama para pelaku UKM adalah memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital agar nantinya dapat beroperasi secara lebih efisien dan efektif. Selain itu, mereka juga dapat meningkatkan skala layanan produk untuk menjangkau pasar dan pelanggan baru yang lebih luas. Sehingga transformasi digital akan menjadi bagian penting dari strategi UKM secara keseluruhan. 

Kita ketahui juga banyak pekerjaan saat ini yang sudah sudah mulai beralih untuk dikerjakan di mana saja dan kapan saja atau disebut dengan remote working. Di mana karyawan lebih banyak melakukan pekerjaannya pada perangkat seluler ataupun melalui laptop. Kedepannya juga UKM bisa memanfaatkan teknologi virtual untuk membantu pelatihan, layanan lapangan ataupun fungsi lainnya. 

Baca Juga: Transformasi Digital HR di BUMN

Oleh karena itu, era digitalisasi saat ini membuat para pelaku UKM harus mulai mencari solusi untuk mengintegrasikan aplikasi dan perangkat yang sesuai. Namun, sebelumnya para pelaku UKM harus mengidentifikasi area bisnis mana yang akan diuntungkan apabila dilakukan peningkatan teknologi, setelah itu dapat ditentukan solusi digital apa yang paling cocok.

Salah satu solusi yang cocok yaitu dengan inovasi melakukan perpindahan menggunakan teknologi cloud. Dengan menggunakan cloud, pelaku UKM dapat meningkatkan operasi dan produktivitas dengan demikian dapat meningkatkan keuntungan sehingga menjadi lebih unggul dalam persaingan.

Salah satu tantangan lainnya yang dihadapi para pelaku UKM dalam operasional bisnis adalah manajemen SDM (Sumber Daya Manusia). Banyak pelaku UKM mengalami kebutuhan akan aplikasi yang memungkinkan efisiensi dalam menyelesaikan tugas terkait SDM. Startup pengguna teknologi HRIS (Human Resource Information System) adalah solusi yang tepat karena menyediakan secara online perihal absensi, cuti, perhitungan gaji, pajak dan BPJS. Dapat kita lihat juga dampak positif dari ekspansi HRIS startup di Indonesia pada industri UKM sebagai berikut:

Teknologi HRIS (Human Resource Information System)

Dampak terhadap UKM

Sebelum

Sesudah

Kurangnya pengetahuan mengenai manajemen HR dan perhitungan penggajian 

Penggajian dan manajemen HR dilakukan secara otomatis (lebih akurat dan cepat)

Memerlukan waktu cukup panjang untuk proses HR

Waktu cepat sehingga mengurangi adanya kehilangan data akibat human error

Database dan penggajian karyawan masih manual

Menyediakan kemudahan untuk karyawan (seperti: reimburse, izin, cuti dan pinjaman)

Resiko tinggi kerugian yang disebabkan adanya human error

Memungkinkan untuk membuat standar yang sesuai dengan perusahaan secara elektronik 


Untuk itu penggunaan teknologi di era saat ini sangat penting. Karena apabila pelaku UKM tidak beradaptasi secara cepat dengan perkembangan yang ada maka nantinya akan tertinggal. Salah satu startup yang menggunakan teknologi HRIS adalah PT. Fatiha Sakti (Fast-8 Group) yang merupakan perusahaan penyedia aplikasi HRIS cloud yang dapat menjadi solusi untuk para pelaku UKM. 

Sistem payroll Gadjian dan sistem absensi online Hadirr bisa digunakan untuk mengelola berbagai pekerjaan personalia untuk pelaku UKM secara online, mulai dari mengelola absensi sampai menghitung dan membayar gaji karyawan dapat dilakukan tanpa repot. Karena merupakan HR cloud services, semua data perusahaan akan tersimpan aman di server yang dikelola oleh provider cloud berbasis di Amerika Serikat yaitu Amazon Web Service

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Bekerjasama juga dengan Bank Mandiri dimana memungkinkan pelaku UKM untuk dapat menikmati layanan pembayaran gaji secara aman dan nyaman melalui MCM (Mandiri Cash Management) tanpa harus memiliki akun MCM tersendiri. Pembayaran gaji dapat dilakukan baik ke rekening Bank Mandiri maupun ke rekening-rekening bank lain. 

Selain itu terintegrasi juga dengan Jurnal yaitu sebuah aplikasi akuntansi berbasis web yang memudahkan perusahaan dalam memonitor neraca keuangan perusahaan secara real-time. Sehingga para pelaku UKM dapat melakukan pembukuan beban gaji atau beban kas bon karyawan dengan praktis, efisien, dan hemat waktu hanya dengan satu klik.

Baca Juga: Berikut 5 Solusi Digital New Normal untuk Para Pengusaha

Kemudahan-kemudahan tersebut membuat solusi digital ciptaan anak bangsa di atas dapat membantu para pelaku UKM untuk terus berkembang. Yuk gunakan aplikasi HRIS Gadjian dan sistem absensi karyawan Hadirr sekarang!

Coba Gadjian Sekarang

Writer: Diyan Faranayli

Baca Juga Artikel Lainnya