5 Solusi Digital New Normal Buatan Indonesia untuk Bisnismu

Situasi new normal menuntut masyarakat beradaptasi dengan kebiasaan baru yang mengutamakan kebersihan (hygiene) dan jarak fisik (social distancing atau physical distancing). Menanggapi perubahan kebiasaan masyarakat, dunia bisnis pun harus bertransformasi menerapkan teknologi yang mendukung kebiasaan tersebut. Untungnya, terdapat berbagai solusi digital karya anak bangsa yang dapat diterapkan untuk membantu bisnis Anda beroperasi dengan lancar di era new normal. Berikut ini beberapa di antaranya:

Reservasi Digital

Agar social distancing terjaga, pengunjung mall, restoran, dan tempat wisata disarankan membatasi jumlah pengunjung hingga 50%. Bagaimana caranya pemilik toko atau restoran memastikan pembatasan ini dipatuhi? Nah, platform reservasi digital Goers kini menawarkan solusi manajemen kunjungan (visitation management system) untuk mengelola jumlah pengunjung yang datang secara real-time. Anda sebagai pengelola dapat mengatur antrian dan jumlah pengunjung dengan menerapkan pemesanan tiket atau tempat duduk secara online, sehingga kapasitas pengunjung di outlet atau toko Anda dapat terkontrol.

Baca Juga: Teknologi Absensi Online di Era New Normal Cegah Perusahaan Langgar Protokol Kesehatan

Cetak Online

Operasional bisnis  di era new normal banyak bergantung pada layanan online dan teknologi digital. Untuk memenuhi keperluan percetakan dan kebutuhan marketing, Anda dapat memesan melalui platform Printerous sehingga Anda tidak perlu datang ke lokasi percetakan untuk mencetak kemasan produk, banner, kartu nama, hingga masker kain.

Pembayaran Non-Tunai

Uang tunai termasuk benda yang sering ditransaksikan dan disentuh banyak orang sehingga terdapat risiko kebersihan dan kesehatan (hygiene) dalam menanganinya. Cara pembayaran non-tunai dapat diterapkan pada bisnis Anda untuk mengurangi risiko hygiene bagi karyawan dan pelanggan. Aplikasi pembayaran non-tunai seperti Gopay dan Dana dapat menggantikan cara bertransaksi tunai, sehingga tidak ada kontak secara fisik pada saat transaksi. Keduanya dapat diunduh melalui Play store dan App store.

Penggajian Online

Proses penggajian karyawan bisa menjadi tantangan tersendiri di masa new normal karena proses bisnis bulanan yang biasanya dilakukan di kantor kini sebisa mungkin harus dilakukan secara jarak jauh. Namun, masalah ini dapat tertangani dengan mudah dengan menggunakan software payroll berbasis cloud. Aplikasi software gaji bisa diakses secara remote, dan pembayaran gaji juga dapat dilakukan secara online. Payroll system Gadjian yang terintegrasi dengan MCM Mandiri dan Flip.id memudahkan perusahaan Anda untuk menghitung gaji karyawan dan secara otomatis melakukan pembayaran gaji secara online. Hitung gaji dan bayar gaji dapat dilakukan sekaligus dari mana saja.

Monitoring Kerja Karyawan

Guna menjaga hygiene di lingkungan kantor Anda, monitoring kerja dan kehadiran karyawan kini dapat dilakukan dengan teknologi touchless. Transformasi absensi dari mesin fingerprint ke teknologi touchless mengurangi potensi risiko penularan penyakit berbahaya, termasuk COVID-19. Hadirr mengusung teknologi face recognition yang mencatat kehadiran dari kesesuaian biometrik wajah seseorang. Karyawan cukup mengambil swafoto melalui smartphone masing-masing untuk mencatat absen. 

Baca Juga: Transisi PSBB: Siapkah Pelaku Usaha Terapkan Teknologi Touchless Saat Pandemi Covid-19?

Solusi digital ciptaan anak bangsa di atas dapat membantu bisnis Anda cepat beradaptasi di masa new normal. Jangan ragu untuk mencoba, HRIS (Human Resource Information System) Gadjian yang terintegrasi dengan sistem absensi online Hadirr dapat diuji coba secara gratis kok!

Coba Gadjian Sekarang

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Writer: Haunina K. Sari

Share