Ulasan Pelatihan HRD Online: Chartered People Officer Batch 1 Gadjian Academy

Pelatihan HRD Online: Chartered People Officer batch 1 telah sukses digelar dari 3 Februari sampai 17 Maret 2022. Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua peserta program training HR tersebut, dan berharap pelatihan selama enam minggu itu menjadi bekal bermanfaat untuk mengelola SDM perusahaan.

Bagi yang belum sempat bergabung, kamu tetap bisa mengikuti pelatihan HRD ini pada batch berikutnya. Ikuti Instagram @gadjianacademy untuk informasi training dan workshop selanjutnya.

Chartered People Officer (CPO) Bootcamp merupakan pelatihan manajemen SDM intensif kolaborasi Gadjian Academy dan Punki Purnadi Academy. Tujuannya adalah meningkatkan kompetensi business owner, HR pemula, dan HR generalis dalam mengelola karyawan di perusahaan yang sedang berkembang.

Gadjian Academy adalah wahana edukasi seputar bisnis dan HR dari Gadjian yang telah membantu meningkatkan pengetahuan dan skill lebih dari 2000 praktisi sejak 2016. Sedangkan Punki Purnadi adalah pakar HR bersertifikasi dan berpengalaman lebih dari 26 tahun sebagai konsultan berbagai perusahaan, terutama industri perbankan.

Baca Juga: Kaleidoskop Seminar HR Gadjian Academy Tahun 2021

Ulasan Pelatihan HRD Online: Chartered People Officer Batch 1 Gadjian Academy

pelatihan hrd online
Pelatihan HRD online Chartered People Officer CPO batch 1 | Gadjian

Pelatihan batch 1 diberikan dalam 12 sesi program HRD setiap hari Selasa dan Kamis oleh 4 narasumber, yaitu Pungki Purnadi, Zefanya Widyasmoro (co-founder Pungki Purnadi Academy), Else Fernanda (senior lecturer Gadjian Academy), dan Afia Fitriati (co-founder & CEO Gadjian, Hadirr, dan Payuung). Berikut ini ulasan topik webinar HR CPO Bootcamp tersebut.

Topic 1: Introduction to HR Capital Management

Sesi pembuka seminar HRD online ini memperkenalkan pengetahuan dasar tentang definisi, fungsi, dan tugas dari Human Resource atau Human Capital di perusahaan, termasuk pilar-pilar HR dalam pengelolaan sumber daya manusia di organisasi.

Sasaran: Peserta menguasai pengetahuan seputar peran dan fungsi HR.

Topic 2: Indonesian Employment Law

Dalam sesi ini, peserta diajak memahami peraturan ketenagakerjaan terbaru atau UU Cipta Kerja dan aturan turunannya, yakni PP No 35/2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu dan PP No 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan

Sasaran: Peserta punya pengetahuan tentang hukum ketenagakerjaan dan skill membuat peraturan perusahaan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Topic 3: Setting HR Policy

pelatihan hrd online
Pelatihan HRD online Gadjian academy | Gadjian

Sesi ini fokus pada penyusunan perjanjian kerja sebagai salah satu proses administrasi yang wajib sejalan dengan peraturan ketenagakerjaan dan kebijakan pemerintah. Tujuannya agar tidak menimbulkan sanksi hukum di kemudian hari.

Sasaran: Peserta menguasai skill menyusun kontrak kerja PKWTT maupun PKWT yang sesuai dengan ketentuan hukum.

Baca Juga: Ketentuan Uang Kompensasi Karyawan Kontrak Resign

Topic 4: Designing Organization

pelatihan hrd online
Pelatihan HRD online Gadjian Academy | Gadjian

Peserta diberikan pengetahuan mengenai pentingnya struktur organisasi yang memisahkan jabatan, menentukan peran dan tanggung jawab, serta memperjelas alur komunikasi. Struktur organisasi yang tegas meminimalkan tumpang tindih pekerjaan yang berisiko mengganggu kinerja tim maupun personal.

Sasaran: Peserta punya pengetahuan tentang struktur organisasi dan punya skill membuat deskripsi pekerjaan setiap jabatan.

Topic 5: Recruitment Planning & Process

pelatihan hrd online
Pelatihan HRD online seputar rekrutmen karyawan | Gadjian

Sesi ini mengajarkan proses rekrutmen karyawan yang efektif, yakni bagaimana cara HR dapat menarik dan mempekerjakan kandidat yang tepat sesuai dengan peran yang dibutuhkan sekaligus cocok dengan budaya organisasi. Rekrutmen yang efektif akan meningkatkan produktivitas tim dan organisasi, serta dapat menekan turnover karyawan.

Sasaran: Peserta menguasai skill rekrutmen dari persiapan, proses, hingga hiring.

Baca Juga: 7 Langkah Membuat Struktur Upah dan Skala Upah

Topic 6: Structuring Salary Policies

Peserta diajarkan mengenai konsep dasar struktur dan skala upah perusahaan, prinsip pengupahan, dan memahami kaidah normatif berdasarkan Permenaker No 1/2017 dan PP Pengupahan. Peserta juga belajar tentang cara membuat struktur dan skala upah dengan beberapa metode.

Sasaran: Peserta menguasai skill menyusun struktur dan skala upah yang efektif.

Topic 7: Hybrid and Remote Working

Pascapandemi, ada sebagian karyawan yang tetap bekerja jarak jauh (remote) dan sebagian lainnya kembali bekerja di kantor. Dalam sesi ini, peserta belajar mengenai strategi jitu mengelola karyawan remote dan juga karyawan dengan kombinasi sistem kerja remote dan office.

Sasaran: Peserta menguasai skill membuat perencanaan, memantau proses, dan mengevaluasi kinerja dan produktivitas karyawan remote

Topic 8: Digitalization in HR Administration

Pelatihan manajemen SDM
Pelatihan manajemen SDM digitalisasi HR | Gadjian

Sesi ini memperkenalkan peran teknologi digital dalam membantu mengelola administrasi SDM lebih efisien dan efektif. Jenis-jenis pekerjaan HR yang sifatnya rutin dan berulang, kini dapat diselesaikan dengan perangkat lunak online yang serba otomatis.

Sasaran: Mendorong peserta memanfaatkan teknologi digital atau aplikasi HR untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Topic 9: Basic of Employee Benefit

Peserta pelatihan diperkenalkan dengan konsep total rewards dan strategi pemberian benefit karyawan untuk meningkatkan retensi, mempertahankan top employee, dan memotivasi karyawan agar lebih produktif.

Sasaran: Peserta dapat menyusun kebijakan benefit yang tepat dan berdampak positif bagi produktivitas karyawan.

Topic 10: Performance Management (OKR)

cara menyusun okr
Cara menyusun OKR perusahaan | Gadjian

Dalam sesi ini, peserta belajar bagaimana menyusun Objective and Key Result (OKR) sebagai salah satu metode pengukuran kinerja selain KPI. OKR cukup populer setelah terbukti berhasil membantu Intel dan Google menjadi raksasa teknologi digital.

Sasaran: Peserta menguasai skill menyusun OKR yang efektif untuk pertumbuhan organisasi.

Topic 11: Basic of Coaching

Trainer membekali peserta dengan ilmu coaching dalam sesi ini, yakni bagaimana cara melatih, membimbing, dan memotivasi karyawan agar mereka menjadi tim yang solid, produktif, dan berkontribusi bagi organisasi dan bisnis. 

Sasaran: Peserta menguasai teknik coaching yang tepat untuk setiap situasi, dari menangani karyawan bermasalah hingga melatih karyawan lebih produktif.

Topic 12: Quick Start in Gadjian & Hadirr

Ini merupakan sesi bonus di mana peserta diperkenalkan dengan teknologi digital HRIS Gadjian dan mobile attendance Hadirr. Keduanya merupakan aplikasi cloud yang telah membantu ratusan perusahaan mengelola administrasi SDM mereka secara efisien (hemat waktu, tenaga, dan biaya).

Sasaran: Peserta memahami keunggulan Gadjian & Hadirr, serta mampu memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengelola administrasi karyawan.

Nah, itu tadi ringkasan topik-topik menarik di CPO Bootcamp batch 1. Sebagai tambahan, pelatihan HRD ini merupakan program training berbayar dengan biaya terjangkau.

pelatihan hrd
Pelatihan HRD di Gadjian Academy | Gadjian

Selain pelatihan berbayar, Gadjian Academy juga mengadakan training gratis HRD secara berkala dengan menghadirkan konsultan berpengalaman. Namun, pelatihan gratis ini tersedia khusus bagi pengguna aplikasi Gadjian atau Hadirr.

Baca Juga: Absensi Cloud: Teknologi Terkini Andalan HRD

Gadjian adalah aplikasi penggajian dengan fitur kelola cuti karyawan, struktur dan skala upah, jadwal kerja shift, rekrutmen, dan inventaris kantor.

Coba Gadjian Sekarang

Sementara Hadirr merupakan aplikasi e-absensi untuk memantau kehadiran karyawan di banyak titik dengan teknologi anti-fake GPS dan face-recognition, menghitung jam lembur, mencatat jadwal karyawan, dan mengajukan reimbursement.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Selain aplikasi Gadjian dan Hadirr, Fatiha Sakti juga menyediakan Payuung, yakni platform benefit karyawan untuk mendukung work-life balance. Temukan beragam benefit karyawan di sini, seperti asuransi, pinjaman karyawan, hingga voucher hadiah untuk memotivasi karyawan kamu.

daftar persentasi payuung

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *