Contoh Rekap Gaji Karyawan di Excel

Contoh Rekap Gaji Karyawan di Excel – Rekap gaji karyawan adalah ringkasan informasi rincian slip gaji karyawan yang telah dibayarkan oleh perusahaan berdasarkan periode penggajian. Karena umumnya penggajian dilakukan dalam periode bulanan, rekap gaji karyawan juga dibuat per bulan.

Rekap ini berisi data gaji dari semua karyawan di seluruh divisi, lengkap dengan berbagai jenis komponennya, seperti gaji pokok, tunjangan, lembur, termasuk potongan pajaknya. Rekap gaji bisa dibuat dengan Microsoft Excel.

Fungsi rekap gaji bagi perusahaan

Sebelum membuat contoh rekap gaji karyawan bulanan, kita ulas sedikit tentang fungsinya bagi perusahaan.

Dalam akuntansi, gaji karyawan adalah beban yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan atas jasa dalam melakukan pekerjaan. Untuk kepentingan pembukuan, beban gaji ini harus dihitung secara cermat.

Rekap gaji memberikan informasi yang utuh mengenai beban gaji perusahaan setiap periode pembayaran. Dari rekap itulah dapat diketahui realisasi pengeluaran perusahaan untuk biaya gaji.

Baca Juga: Cara Membuat Payroll Gaji di Excel

Di samping itu, rekapan gaji karyawan juga dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat perkiraan beban gaji tahun berikutnya. Tentu saja, proyeksi anggaran biaya gaji juga harus memperhatikan peninjauan upah berkala berdasarkan upah minimum dan inflasi.

Singkatnya, rekap gaji merupakan komponen penting dalam menghitung realisasi biaya, sekaligus merencanakan anggaran biaya perusahaan.

Cara membuat rekap gaji Excel

Cara membuat rekap gaji secara manual dengan Excel sebenarnya tidak sulit, hanya memindahkan data dari slip gaji ke kolom Excel. Meski demikian, proses ini menuntut ketelitian dan kehati-hatian agar tidak terjadi salah input atau salah hitung.

Siapkan slip gaji karyawan, dan masukkan data satu per satu. Karena manual, prosesnya akan memakan waktu.

1. Buka Excel dan buat tabel dengan kolom nama karyawan, NIK, dan departemen atau jabatan.

2. Tambahkan kolom-kolom sesuai dengan komponen dalam slip gaji, seperti gaji, tunjangan, lembur, tunjangan BPJS, bonus/THR, gaji kotor, iuran BPJS, pinjaman, potongan lain-lain, pajak PPh 21, dan gaji bersih. 

3. Kemudian, salin data gaji ke kolom gaji, data lembur ke kolom lembur, dan seterusnya.

Proses ini sebenarnya tidak melibatkan perhitungan rumit, sebab setiap komponen sudah terhitung di slip gaji. Karena ini merupakan rekapitulasi, yang perlu dilakukan hanya menjumlahkan saja, terutama jumlah gaji kotor (bruto).

Jumlah gaji kotor merupakan total beban gaji yang dibayarkan perusahaan dalam satu periode penggajian. Sedangkan gaji bersih merupakan jumlah gaji yang diterima karyawan. Selisihnya adalah potongan BPJS, pajak, pinjaman, denda, dan lain-lain.

Baca Juga: Format Slip Gaji Karyawan Swasta Terbaru

Contoh rekapan gaji karyawan 

Di sini, kita akan membuat rekap gaji karyawan berdasarkan 8 buah slip gaji karyawan swasta di sebuah startup. Kita ambil contoh gaji karyawan untuk staf dan manajer. Silakan perhatikan slip gaji di bawah ini.

slip gaji karyawan swasta
slip gaji word
contoh slip gaji sederhana
contoh slip gaji 2022
slip gaji indonesia
rekapan gaji karyawan
slip gaji karyawan excel download
contoh slip gaji excel

Data slip gaji kita salin ke dalam rekap gaji bulan Januari 2022 di Excel. Hasilnya seperti berikut:

contoh rekap gaji karyawan

Setiap kolom rekap dijumlahkan, sehingga kita memperoleh jumlah beban gaji yang dikeluarkan oleh perusahaan pada bulan Januari 2022 sebesar Rp113.305.190, dengan rincian:

a. Untuk bayar gaji karyawan Rp99.000.000

b. Untuk bayar upah lembur Rp5.098.266

c. Untuk bayar BPJS Ketenagakerjaan Rp5.646.924

d. Untuk bayar BPJS Kesehatan Rp3.560.000

Pada bulan yang sama, perusahaan juga memperoleh pembayaran pinjaman dari karyawan sebesar Rp3.000.000.

Baca Juga: Cara Menghitung Gaji per Bulan Karyawan

Aplikasi slip gaji dan rekap gaji otomatis

Cara paling praktis membuat slip gaji karyawan adalah menggunakan aplikasi payroll terbaik Gadjian. Software penggajian cloud ini punya kalkulator hitung gaji online, yang menghitung semua komponen gaji karyawan secara otomatis setiap bulan.

Proses hitung otomatis jauh lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan cara hitung manual menggunakan Excel. Selain bebas kesalahan, hitung slip gaji juga semakin hemat waktu. 

contoh slip gaji
Contoh slip gaji dengan potongan PPh 21 di aplikasi Gadjian | Gadjian

Kamu hanya perlu mengatur setting aplikasi pada saat pertama kali, seperti memasukkan jenis komponen gaji, jenis pendapatan yang dipotong pajak, serta jenis-jenis potongan slip gaji. Selanjutnya, kalkulator Gadjian akan menjalankan proses hitung payroll otomatis setiap bulan sesuai pengaturan.

Gadjian merupakan aplikasi digital yang menyediakan slip gaji online karyawan, tanpa menggunakan slip kertas, sehingga lebih aman. Hanya karyawan bersangkutan yang dapat mengakses dan mengunduh slip gaji.

Dengan Gadjian, kamu juga tidak perlu repot merekap gaji setiap bulan. Gadjian menyediakan fitur Pembukuan Gaji yang efisien. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat Jurnal Beban Gaji dan Jurnal Kasbon secara otomatis.

Keuntungan lain menggunakan software HRIS Gadjian adalah memudahkan pelacakan gaji karyawan. Karena semua data slip gaji didokumentasikan secara digital di aplikasi, kamu lebih mudah melihat riwayat gaji setiap karyawan dari bulan ke bulan tanpa perlu merekap.

Coba Gadjian Sekarang

Content Writer at Gadjian

Share

No Thoughts on Contoh Rekap Gaji Karyawan di Excel

Leave A Comment