3 Contoh Template Slip Gaji Karyawan

Dokumen yang paling penting sebagai bukti pembayaran gaji karyawan dari perusahaan adalah slip gaji. Dengan memberikan slip gaji resmi, maka karyawan dapat melihat secara detail penghasilan mereka. Misalnya rincian potongan, tunjangan, pajak, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Aplikasi Slip Gaji Online Mudahkan Pekerjaan HRD

Setiap karyawan berhak mendapatkan slip gaji sebagai bentuk transparansi perusahaan. Format atau bentuk slip gaji berbeda di masing-masing perusahaan. Tergantung jenis dan seberapa besarnya perusahaan tersebut. Ada banyak contoh-contoh slip gaji karyawan yang bisa kamu temukan dari internet dan kami merangkumnya menjadi 3 bagian.

Contoh slip gaji karyawan kantoran dengan gaji bulanan (Misalnya untuk staf HRD)

contoh slip gaji bulanan
Gambar 1. Format slip gaji bulanan di Aplikasi Gadjian

Contoh slip gaji karyawan mingguan (Misalnya untuk SPG atau kurir)

contoh slip gaji mingguan
Gambar 2. Format slip gaji mingguan di Aplikasi Gadjian

Contoh slip gaji karyawan dengan tunjangan variabel (Misalnya tunjangan makan berdasarkan absensi kehadiran)

contoh slip gaji tunjangan variabel
Gambar 3. Format slip gaji dengan tunjangan variabel di Aplikasi Gadjian

Ketiga contoh template di atas dapat menjadi pedomanmu untuk membuat slip gaji karyawan. Umumnya, para HRD akan menggunakan spreadsheet seperti Excel dalam membuat format slip gaji tersebut. Setiap komponen gaji bisa kamu masukkan ke dalam form template slip gaji untuk setiap karyawan di perusahaanmu. 

Berdasarkan variabel tunjangan, penggajian karyawan memuat sejumlah komponen yang harus dihitung terlebih dahulu. Misalnya, tunjangan kehadiran yang dihitung berdasarkan rekapan absensi karyawan, jam lembur dan upah lembur menurut aturan pemerintah, serta pajak penghasilan PPh 21. Setelah semuanya selesai dihitung, baru dapat dipindahkan ke slip gaji.

Oleh sebab itu, penyusunan slip gaji karyawan harus dituntut teliti dan tentunya sangat menguras waktu dan tenaga. Kamu dan perusahaanmu membutuhkan solusi perhitungan cepat dan akurat, yaitu dengan menggunakan software payroll Gadjian.

Baca Juga: 3 Langkah Praktis Cara Menentukan Gaji Karyawan

Sistem penggajian berbasis cloud terbaik di Indonesia ini memudahkan kamu menyusun slip gaji secara otomatis, sehingga tidak perlu membuat formatnya di spreadsheet semacam Excel. Aplikasi payroll Gadjian akan membantumu menyusun slip gaji karyawan berdasarkan komponen gaji di perusahaan. Dengan sistem hitung gaji online, kamu dapat meminimalisir risiko salah hitung yang sangat mungkin terjadi akibat human error.

Coba Gadjian Sekarang

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *