Potensi Bisnis Kursus Online, Ini yang Paling Diminati!

bisnis kursus online

Potensi Bisnis Kursus Online, Ini yang Paling Diminati! – Pandemi COVID-19 memang melemahkan perekonomian negara-negara dunia, namun tidak pada semangat juang pelaku bisnis untuk tetap bertahan. Justru di kala pandemi seperti ini banyak usaha lahir. 

Baca Juga: 7 Ide dan Peluang Usaha Pasca Pandemi COVID-19

Selama #DiRumahAja, ada baiknya jika memanfaatkan waktu dengan mengikuti berbagai kegiatan yang bermanfaat, seperti kursus online. Terlepas dari posisi pekerjaan Anda dalam karir saat ini atau Anda berminat untuk memulai bisnis online, ada baiknya mengambil keterampilan baru atau mengasah keterampilan yang dimiliki saat ini. Ada banyak kursus di LinkedIn yang bisa Anda ikuti dan bisa diakses dalam tujuh bahasa. 

Kursus tersebut termasuk tips dan keterampilan untuk para pencari kerja, profesional yang menghadapi tatanan normal baru, dan para pemilik bisnis skala kecil dan menengah.

Manfaat Kursus Online

Pelatihan daring kini digandrungi banyak pihak, baik personal maupun perusahaan. Tujuannya untuk menambah produktivitas sumber daya manusia di kala pandemi seperti ini. Lalu, apa saja sih keuntungan mengikuti pelatihan kursus online? Berikut diantaranya.

Menumbuhkan kesadaran dan motivasi diri

Saat ini banyak pelatihan yang mengangkat tema terkini, yang bermaksud agar menyadarkan kita bahwa semua orang membutuhkan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi. Sehingga dapat memacu motivasi diri untuk mampu keluar menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan.

Menghemat biaya transport

Dengan mengikuti pelatihan daring, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi sehingga bisa menghemat jutaan rupiah dalam sekali pelatihan. 

Contohnya, ketika rumah Anda di Bali dan akan mengikuti pelatihan di Jakarta, Anda tidak perlu datang ke tempat pelatihan tersebut. 

Bisa di mana saja

Seperti yang sudah dikatakan di atas, Anda bisa mengikuti pelatihan daring di mana saja. Anda hanya memerlukan kuota internet saja. Simple, bukan?

Baca Juga: Aplikasi HRIS Ini Bantu UMKM Tingkatkan Profit

Contoh kursus online

Di masa pandemi seperti ini, banyak orang memutar otak untuk menciptakan inovasi dan peluang bisnis baru. Mulai dari teknologi informasi hingga wirausaha, inilah 7 kursus online yang banyak dilirik :

Food and beverage

Jenis pelatihan ini terkait dengan produksi makanan dan minuman. Seperti memasak, bisnis kue rumahan, kursus barista, dan membuat minuman sari buah dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada. 

Penjualan dan pemasaran online

Pekerjaan yang tidak memerlukan tatap muka juga banyak diminati di masa pandemi. Pelatihan itu misal seperti content creator dan admin, yang juga dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk memasarkan produknya secara online.

Bahasa asing

Pelatihan bahasa asing cukup diminati, terutama Bahasa Inggris. 

Teknologi informasi

Meski pelatihan ini membutuhkan effort untuk mempelajarinya, bahkan ada yang memerlukan waktu hingga 1 bulan untuk satu pelatihan, namun pelatihan ini cukup diminati. Seperti contohnya grafik desain, coding, dan lain-lain.

Wirausaha

Pelatihan terkait wirausaha memang paling banyak diminati. Pelatihan membuat masker dan menjahit dapat menjadi peluang bisnis di tengah pandemi Covid-19 saat ini untuk menghasilkan cuan yang cukup menjanjikan.

Gaya hidup

Pelatihan ini seperti pelatihan tata rias, fotografi dan sebagainya. 

Pengembangan diri dan karir

Beberapa pelatihan di bidang ini banyak dipilih antara lain, teknik wawancara, membuat resume, teknik melamar pekerjaan, dan lain-lain.

Nah, jika Anda adalah salah satu pemilik kursus dan ingin kursus Anda go online, bisa banget loh membuat bisnis pelatihan daring! Dengan begitu masyarakat luas dapat mengikuti kursus Anda dengan mudah. 

Baca Juga: 4 Hal yang (Tidak) Kamu Ketahui tentang Aplikasi Berbasis Cloud

Anda bisa memanfaatkan platform Moodle untuk membuat kursus online. Serta kabar baiknya, Jagoan Hosting menawarkan instalasi server Moodle gratis! Jadi, Anda tidak perlu repot-repot melakukan instalasi dan Moodle sudah terinstall otomatis di server. Tak hanya itu, produk server VPS dari Jagoan Hosting sudah dioptimalkan untuk Moodle, sehingga Anda tinggal memilih server dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Bukankah bisnis kursus online diatas mempermudah untuk memberikan pelatihan mengenai peluang usaha? Bagaimana menurut Anda?

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya