4 Hal yang (Tidak) Kamu Ketahui tentang Aplikasi Berbasis Cloud

4 Hal yang Tidak Kamu Ketahui tentang Sistem Berbasis Cloud | Gadjian

Sejak tahun 2015, di Indonesia mulai marak istilah cloud atau komputasi awan. Peningkatan jumlah pengusaha yang memanfaatkan sistem cloud untuk mendukung bisnisnya terbilang cukup pesat. Hal tersebut terlihat pada kemunculan banyak startup yang mengadopsi cloud sebagai media penyimpanan data perusahaan.

Sistem cloud sendiri adalah sebuah sistem penyampaian Teknologi Informasi (TI) dari sumber daya komputasi yang diambil melalui internet. Keberadaan sistem cloud sangat sesuai dengan era teknologi yang berkembang saat ini. Sistem cloud juga mudah untuk digunakan dan mampu menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dalam bidang apapun.

Jika kamu seorang pengusaha, ada empat hal yang wajib diketahui tentang keuntungan menggunakan sistem berbasis cloud.

1. Keamanan Sistem Cloud Lebih Tinggi

Keamanan merupakan hal yang paling penting bagi perusahaan. Terlebih jika berbicara tentang data, tentu data-data confidential perusahaan haruslah menjadi prioritas utama. Karena jika kehilangan data penting seperti data gaji karyawan, laporan keuangan perusahaan, dan data konsumen perusahaan, tentunya bukan saja merugikan perusahaan dari sisi finansial, namun juga dapat kehilangan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan yang telah dibangun bertahun-tahun silam.

Sistem HR berbasis cloud menjamin keamanan data-data tersebut karena server yang digunakan oleh sistem berbasis cloud memilki keamanan yang paling tinggi dikelasnya. Salah satunya adalah server Amazon Web Services (AWS) yang digunakan oleh Gadjian –aplikasi payroll dan keuangan perusahaan masa kini- dan dikeluarkan oleh Amazon, perusahaan e-commerce dan cloud computing terpercaya di Amerika.

Jika kamu menggunakan sistem penyimpanan data tradisional dengan menanamkan server dan menyimpannya didalam sebuah ruangan khusus dengan suhu tinggi, kamu membutuhkan staf IT untuk mengelolanya serta keamanan tingkat tinggi untuk ruangan penyimpanan sangatlah diperlukan.

Salah contoh butuhnya perlakuan ekstra untuk sistem penyimpanan tradisional adalah perusahaan XYZ berlokasi di Jakarta pernah mengalami kehilangan data pada server yang diakibatkan oleh mati listrik, sehingga server menjadi down dan data klien pun hilang.

“Selalu pilih aplikasi dengan sistem keamanan tinggi”

2. Tidak Perlu Biaya Server dan Maintenance

Pembayaran sistem berbasis cloud tidak mengenal biaya server diawal ataupun biaya maintenance. Jika kamu telah berlangganan dengan sistem yang menggunakan cloud untuk media penyimpanan data, kamu tidak akan dikenakan kedua biaya tersebut (biaya server diawal dan biaya maintenance). Dengan berlangganan, kedua biaya itu sudah ditanggung oleh penyedia aplikasi. Sehingga, perubahan apapun seperti pembaruan fitur yang kamu dapatkan dari penyedia aplikasi tidak akan meminta kamu untuk mengeluarkan biaya maintenance.

Baca Juga: Kini Saatnya HR Beralih dari Excel ke HRIS Berbasis Cloud

3. Lebih Update

Kalau kamu menginstal Microsoft Word tahun 2003, mungkin saat ini kamu sudah ketinggalan berbagai perubahan yang tersedia pada Microsoft Word tahun 2016. Untuk menikmati perubahan tersebut, kamu harus terlebih dahulu menginstal software Microsoft Word 2016. Kamu harus terus-menerus menginstal Microsoft Word seri terbaru untuk dapat menggunakan berbagai perubahan baru dari Microsoft. Tapi jika kamu berlangganan sistem berbasis cloud, kamu cukup berlangganan dan kamu akan mendapatkan aplikasi paling ter-update.

4. Kamu Sudah Pakai Sistem Cloud

Secara tidak kamu sadari, kamu sebenarnya sudah pakai sistem berbasis cloud. Untuk pengguna Apple, pastinya kamu sudah sangat familiar dengan iCloud yang mengadopsi sistem berbasis cloud untuk media penyimpanan data. Dan jika kamu memiliki Gmail, selamat kamu juga sudah pakai sistem berbasis cloud. Karena fasilitas penyimpanan email pada Gmail dan fasilitas google drive yang kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari telah menerapkan sistem berbasis cloud.

Itulah empat hal yang tidak kamu ketahui tentang sistem berbasis cloud. Kamu tentunya tidak ingin ketinggalan seperti pengusaha lain yang sudah menggunakan sistem ini bukan? Pilihlah aplikasi yang mengadopsi sistem berbasis cloud, karena sistem cloud adalah teknologi masa depan bagi perusahaan.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Bagikan artikel ini:

Share