Aplikasi HRIS Ini Bantu UMKM Tingkatkan Profit

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diakui sangat berperan besar dalam menopang perekonomian Indonesia. Perkembangan pesat jumlah UMKM di Indonesia yang berbanding lurus dengan perkembangan teknologi, membuat para pelaku UMKM terpacu untuk tingkatkan profit bisnisnya dengan memaksimalkan peluang teknologi yang dihadirkan di era digitalisasi ini.

Pemanfaatan sistem berbasis digital sebagai penunjang bisnis UMKM yang tepat sasaran dirasa dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan UMKM dalam mengembangkan sayapnya. Peningkatan pemasaran bisnis UMKM untuk mendapatkan profit bukanlah satu-satunya hal yang harus diutamakan. Hal fundamental lainnya yang harus diperhatikan UMKM adalah sistem pengelolaan Sumber Daya Manausia (SDM) untuk mengatur operasional organisasi agar berjalan dengan baik. 

Baca Juga: UMKM Tahun 2021: Saatnya Beralih ke Aplikasi HRIS

Keterbatasan waktu dan informasi dalam manajemen SDM dalam sebuah UMKM seringkali menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pengusaha dalam menjalankan usahanya.

Ketika pelaku UMKM tidak berhasil dalam mengelola karyawan, produktivitas usahanya pun menjadi terganggu. Jika tidak disiasati, hal tersebut dapat berpengaruh besar pada kelangsungan sebuah bisnis secara keseluruhan. 

Pemanfaatan teknologi Human Resource Information System (HRIS) berbasis internet menjadi solusi UMKM yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini. Sistem ini diciptakan untuk membantu dan memudahkan para UMKM dalam mengelola karyawan.

HRIS adalah sebuah aplikasi online atau software yang digunakan perusahaan untuk melakukan data entry, melacak data dan sumber informasi untuk departemen SDM, payroll, pihak manajemen dan akuntansi. 

Lalu apa saja kelebihan dari HRIS dibandingkan dengan sistem pengelolaan SDM manual yang harus diketahui oleh para pelaku UMKM? 

  1. Sistem ini bekerja lebih cepat dalam penghitungan gaji karyawan
  2. Manajemen administrasi dan data karyawan menjadi lebih efisien
  3. Mengakses informasi karyawan menjadi lebih mudah
  4. Efisiensi waktu dalam mengurus operasional perusahaan
  5. Proses pengambilan keputusan menjadi lebih mudah

Gadjian sebagai salah satu penyedia aplikasi HRIS software Indonesia berbasis cloud memiliki berbagai fitur utama yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis untuk mengelola data karyawan secara online. HR cloud services ini digunakan sebagai basis sistem payroll untuk mengelola berbagai pekerjaan personalia demi menjamin kemudahan dan keamanan data para pengguna. 

Oleh sebab itu, UMKM tidak perlu khawatir lagi akan keamanan data karyawannya, karena semua data karyawan akan tersimpan aman di server yang dikelola oleh provider cloud yang memiliki kantor pusat di Amerika Serikat, Amazon Web Service.

Melalui sistem pengelolaan karyawan yang disediakan oleh Gadjian, pelaku UMKM dapat mengelola berbagai hal terkait pengelolaan manajemen SDM secara online. Selain itu sistem ini juga terintegrasi dengan aplikasi absensi berbasis online bernama Hadirr

Sebagai salah satu penyedia sistem HRIS Indonesia, Gadjian menawarkan beberapa fitur menarik yang dapat memudahkan UMKM dalam mengelola SDM seperti fitur hitung gaji online, fitur pembuat shift kerja hingga fitur analisis kinerja karyawan. Sementara aplikasi Hadirr sendiri berfokus pada pengelolaan data absensi online.

Baca Juga: Penggunaan Teknologi HRIS untuk Strategi Peningkatan UKM

Dengan keunggulan dan fungsi yang ditawarkan, Hadirr dapat menjadi solusi yang paling tepat untuk digunakan para pelaku bisnis waralaba untuk meningkatkan usahanya. Beberapa UMKM seperti Herbilogy, Mouza Indonesia, serta bisnis minuman Xi Bo Ba, Kopi Janji Jiwa, dan Meenum yang telah memiliki ribuan karyawan hingga meraup keuntungan miliaran rupiah pun telah mempercayakan teknologi HRIS dari Gadjian dan/atau Hadirr untuk pengelolaan karyawannya.

Coba Gadjian Sekarang

Ketika segala urusan terkait manajemen tenaga kerja sudah dikelola dengan baik menggunakan teknologi terbaik, seluruh karyawan kini dapat berfokus untuk tingkatkan profit bisnis UMKM dan produktivitas demi kelangsungan bisnis. Sudah siap mendapat profit lebih untuk usaha UMKM mu? 

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Writer: Angky Ridayana

Share