UMKM Tahun 2021: Saatnya Beralih ke Aplikasi HRIS

Dampak COVID-19 telah menghantam hebat semua industri di Indonesia. Tidak terkecuali Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang mengalami penurunan pendapatan yang signifikan di tahun 2020. Sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia, UMKM di tahun 2021 menjadi harapan pemerintah untuk berperan penting dalam pemulihan ekonomi nasional.

Dalam mendukung terwujudnya perbaikan ekonomi Indonesia pada tahun mendatang melalui UMKM, pemerintah berkomitmen untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) “go digital” pada tahun 2021 dengan memberi stimulus sebesar Rp7,6 triliun sebagai bagian dari program pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga: Penggunaan Teknologi HRIS untuk Strategi Peningkatan UKM

Perubahan sistem bisnis menjadi online diakui dapat meningkatkan kualitas dan efektivitas UMKM dalam membangun bisnisnya. Bukan hanya dalam hal pemasaran produk dan jasa, namun penerapan sistem online juga dirasa dapat membantu para pelaku bisnis dalam mengurus kepentingan operasional. Salah satunya dalam hal manajemen karyawan.

Perubahan pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) secara online dipercaya menjadi salah satu hal fundamental yang harus diperhitungkan oleh para pelaku usaha untuk memajukan bisnisnya. Dengan sistem online, proses pengelolaan karyawan di dalam bisnis UMKM terbukti dapat lebih efektif dan efisien. Ketika urusan SDM berjalan dengan lancar, maka pelaku bisnis dapat berfokus pada peningkatan profit.

Di era digitalisasi ini para pelaku UMKM harus memahami pentingnya pemanfaatan aplikasi HRIS (Human Resource Information System) untuk mengelola data dan kegiatan operasional karyawannya. Aplikasi ini adalah sebuah sistem pengelolaan SDM yang memiliki berbagai macam fitur seperti data entry, melacak data dan sumber informasi untuk departemen SDM, payroll, pihak manajemen dan departemen akuntansi.  

Aplikasi yang berbasis cloud ini diharapkan dapat menggantikan sistem pengelolaan karyawan secara manual yang dianggap ribet dan memakan waktu yang lama. Dengan memanfaatkan software HRIS yang berbasis online dalam menyimpan data, para pelaku usaha tidak perlu lagi repot untuk mencari data karyawan di tumpukan berkas yang menggunung. Selain hemat tenaga dan waktu, penggunaan sistem HRIS online juga dinilai dapat mengurangi tingkat stres para pekerja.

Selain kecepatan, keamanan dan keefisienan sistem HRIS online yang jauh lebih unggul dari sistem manual. Berikut 4 alasan mengapa UMKM membutuhkan HRIS dalam mengembangkan usaha. 

1. Sistem penggajian manajemen HR menjadi otomatis

Payroll system dari aplikasi HRIS memiliki keunggulan dalam hal perhitungan kewajiban perusahaan dalam memberi kompensasi kepada setiap karyawan sesuai dengan kontribusi yang mereka berikan. Perhitungan dan pembayaran gaji, lembur, dan THR dilakukan sistem secara otomatis. 

2. Minim human error

Pada sistem manual, human error sering terjadi dalam proses penyimpanan data karyawan hingga perhitungan gaji. Sistem manual biasanya membutuhkan waktu dan energi yang lebih banyak dalam memproses kedua hal tersebut. Kelelahan pun tidak dapat dihindari, lalu berdampak pada kehilangan fokus sehingga terjadi banyak kesalahan.

Risiko terjadinya human error dapat diminimalisir dengan penggunaan aplikasi HRIS. Karena selain memberikan sistem online dalam pengelolaan karyawan yang mudah digunakan, sistem ini juga bekerja dengan cepat sehingga dapat menghindari kesalahan yang sering terjadi dalam perhitungan gaji, pajak ataupun risiko kehilangan data.

3. Kelola data karyawan menjadi lebih mudah

Urusan administrasi karyawan selalu menjadi hal rumit yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Data-data yang harus disimpan sangat beragam dari mulai data karyawan, keluarga, benefit yang diterima, hingga riwayat karir. Dengan sistem HRIS berbasis cloud yang mengintegrasikan keseluruhan data karyawan memudahkan pelaku UMKM dalam melakukan update yang otomatis tercatat dalam sistem yang dapat dilacak oleh semua orang yang memiliki otoritas akses. 

4. Penyimpanan data karyawan yang lebih aman

Data karyawan adalah investasi UMKM dalam menjalankan usahanya yang seringkali bersifat confidential. Dengan memanfaatkan sistem HRIS online, data karyawan akan aman tersimpan di server yang dikelola oleh provider cloud, seperti Gadjian yang memiliki provider pusat di Amerika Serikat. 

Lalu ketika UMKM sudah mengerti betul tentang manfaat penggunaan software HRIS dan tingkat kepentingan atau urgensi penggantian sistem dari manual ke online yang tinggi. Pertanyaan selanjutnya adalah aplikasi HRIS apa yang memiliki fitur yang lengkap agar pelaku UMKM dapat merasakan semua kemudahan pengelolaan SDM untuk peningkatan efisiensi usahanya?

Baca Juga: Pelatihan SDM untuk Startup dan UMKM dengan Biaya Terjangkau

Aplikasi Gadjian sebagai payroll software terbaik di Indonesia menawarkan berbagai fitur menarik untuk memudahkan para pengusaha untuk mengelola karyawan. Fitur yang ditawarkan memiliki berbagai manfaat untuk para pelaku UMKM yang sudah disebutkan sebelumnya.

Fitur-fitur tersebut termasuk fitur hitung gaji online, fitur pembuat shift kerja dan fitur analisis kinerja karyawan. Bukan hanya itu saja, sistem Gadjian juga terintegrasi dengan aplikasi Hadirr yang melengkapi manfaat aplikasi Gadjian dalam data absensi berbasis online

Coba Gadjian Sekarang

Demi meningkatkan kualitas bisnis agar lebih efektif dan efisien secara operasional serta mendukung upaya pemerintah dalam mendorong UMKM tahun 2021 go digital. Sudah saatnya UMKM go online dan berbondong-bondong beralih ke aplikasi HRIS Gadjian dan aplikasi absensi online Hadirr sebagai basis pengelolaan karyawan.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Writer: Angky Ridayana

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *