Pengertian Payroll dan Proses Apa Saja yang Dibutuhkan

Berapa lama perusahaan Anda menghitung payroll? Jawaban akan bervariasi antara 3 jam sampai 2 minggu dalam sebulan. Bayangkan jika perusahaan Anda menghabiskan waktu 80 jam kerja hanya untuk menghitung payroll karyawan karena tidak menggunakan payroll system. Pengertian payroll adalah proses bisnis dalam penggajian karyawan. Proses dimulai dari perhitungan komponen terkait gaji sampai pembayaran gaji. Apa saja proses dalam payroll?

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Software Payroll yang Sesuai untuk UKM

Rekap Data Absensi

Apabila ada komponen gaji yang dibayar berdasarkan kehadiran, maka harus diperiksa jumlah kehadiran, sakit, izin, dan cuti karyawan. Perhitungan secara manual dan double entry akan menyita waktu dalam payroll. Belum lagi jika dibutuhkan koordinasi dengan divisi lain karena belum menggunakan sistem HR yang terpusat.

Perhitungan Lembur, Insentif dan Bonus

Ketiga hal tersebut secara tidak langsung dinanti oleh karyawan dalam bentuk remunerasi karena dapat menambah take home pay yang diterima. Payroll software yang terintegrasi dengan attendance system memudahkan divisi finance perusahaan Anda untuk menghitung upah lembur karyawan tiap bulannya.

Perhitungan Gaji, PPh 21 dan BPJS

Setelah semua data terkait remunerasi atau gaji sudah lengkap, proses hitung gaji dapat dimulai. Jika perusahaan Anda menggunakan Microsoft Excel, perhitungan harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati untuk meminimalisasi risiko human error. Software HR berbasis cloud dapat menghitung gaji karyawan sekaligus PPh 21 dan BPJS. Output berupa slip gaji, laporan pajak dan BPJS karyawan secara otomatis dihasilkan oleh sistem.

Pembayaran Gaji

Tanggal pembayaran gaji adalah tanggal yang paling krusial bagi seluruh karyawan. Timing dan aplikasi yang digunakan esensial untuk membantu proses payroll lebih cepat dan pembayaran gaji tepat waktu. Perusahaan Anda dapat menggunakan aplikasi HR yang terintegrasi dengan payroll bank untuk “one click payment”.

Baca Juga: Apa Software Payroll Terbaik di Indonesia? 

Payroll system Gadjian dibuat untuk membantu perusahaan Anda mengatasi tantangan dalam setiap proses payroll. Termasuk aplikasi buatan anak bangsa, Gadjian secara otomatis menghitung gaji karyawan, PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan, dan BPJS Kesehatan, serta sudah dirancang update dengan peraturan terbaru di Indonesia. Alokasi waktu perusahaan Anda lebih efisien karena Gadjian terintegrasi dengan attendance system Hadirr, Mandiri Cash Management dan Flip.id untuk pembayaran gaji. Bijak dalam investasi sistem dan efisiensi waktu dengan Gadjian!

Coba Gadjian Sekarang

Writer: Haunina K. Sari

Share