Depan » Cara Menghitung Gaji Karyawan » Perhitungan Lembur (Overtime) » Cara dan Rumus Perhitungan Lembur Excel

Cara dan Rumus Perhitungan Lembur Excel

Cara dan Rumus Perhitungan Lembur di Excel – Perhitungan uang lembur karyawan dengan Excel sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya saja butuh waktu dan ketelitian agar hasilnya akurat. Ada dua proses penting yang tidak boleh keliru dalam menghitung data lembur dengan software Excel.

Pertama, proses menyalin data jam lembur dari form lembur atau surat perintah lembur (SPL) ke buku lembur Excel harus tepat. Pastikan jumlah jam kerja lembur sudah benar sesuai kehadiran karyawan. 

SPL tidak selalu sesuai dengan kehadiran karyawan. Contohnya, di SPL tertulis perintah lembur 3 jam, namun praktiknya karyawan hanya bekerja lembur 2 jam saja karena pekerjaan sudah berhasil diselesaikan. 

Nah, kasus semacam ini perlu diverifikasi lebih dulu dengan data kehadiran karyawan. Jika perlu, gunakan aplikasi absensi online Hadirr untuk mencatat jam lembur beserta kehadiran lembur secara akurat.

Kedua, menghitung pengali jam lembur juga harus benar. Bagian yang perlu diperhatikan adalah hari lembur karyawan, apakah hari kerja atau hari libur/istirahat mingguan. Masing-masing punya pengali berbeda, yang berdampak pada perbedaan besaran upah lembur per jam.

Ketentuan jam lembur pemerintah

Rumus Perhitungan Lembur Excel

Sebelum membahas rumus perhitungan lembur Excel, perlu diketahui dulu ketentuan jam kerja lembur dan upah kerja lembur yang diatur pemerintah di PP No 35 Tahun 2021. Upah lembur dihitung menggunakan upah sejam, yaitu 1/173 upah sebulan.

Besaran uang lemburan per jam berbeda-beda. Pada hari kerja, lembur maksimal adalah 4 jam sehari dengan upah 7,5 kali upah sejam, sedangkan gaji lembur di hari libur bisa mencapai maksimal 31 kali upah sejam untuk 12 jam.

Baca Juga: Cara Menghitung Upah Lembur Karyawan Tetap dan Karyawan Harian

Untuk lebih jelasnya, silakan simak ketentuan berikut:

1. Upah lembur di hari kerja

a. 1 jam pertama dibayar 1,5 kali upah sejam
b. tiap jam berikutnya dibayar 2 kali upah sejam.

2. Upah lembur di hari libur/istirahat mingguan untuk 6 hari kerja

a. 7 jam pertama, tiap jam dibayar 2 kali upah sejam; 
b. jam ke-8 dibayar 3 kali upah sejam; 
c. jam ke-9, 10, 11, tiap jam dibayar 4 kali upah sejam.

Apabila hari libur jatuh pada hari kerja terpendek, maka:

a. 5 jam pertama, tiap jam dibayar 2 kali upah sejam;
b. jam ke-6 dibayar 3 kali upah sejam; 
c. jam ke-7, 8, 9, tiap jam dibayar 4 kali upah sejam.

3. Upah lembur di hari libur/istirahat mingguan untuk 5 hari kerja

a. 8 jam pertama, tiap jam dibayar 2 kali upah sejam;
b. jam ke-9 dibayar 3 kali upah sejam; 
c. jam ke-10, 11, 12, tiap jam dibayar 4 kali upah sejam.

Jika diringkas secara akumulatif, maka hasilnya seperti dalam tabel berikut:

rumus perhitungan lembur excel

Perhitungan lembur Excel

Gunakan tabel di atas untuk mengonversi jam lembur karyawan di form SPL menjadi unit lembur di kolom Excel. Contoh, Jika di SPL jam lembur tertulis 10 jam pada hari Sabtu (istirahat mingguan, 5 hari kerja), maka kamu perlu konversi menjadi 23 unit, atau jika lembur 7 jam maka 14 unit, begitu seterusnya.

Perhatikan rekap lembur mingguan Excel berikut ini yang diinput dari SPL:

perhitungan lembur di excel

Form Excel di atas merupakan perhitungan uang lembur karyawan dalam seminggu, dari tanggal 1 sampai 7 Agustus 2022. Pada kolom E-K diisi data unit lembur, yaitu konversi dari jam lembur harian menurut pengali di tabel rumus lembur.

Misalnya, Rowena kerja lembur pada Senin (1 Agustus) selama 3 jam, pada sel E4 dimasukkan angka 5,5. (Lihat tabel: lembur 3 jam hari kerja = 5,5 kali upah sejam).

Albus lembur pada Sabtu (6 Agustus) 8 jam, pada sel J7 dimasukkan angka 16. (Lihat tabel: lembur 8 jam hari libur/istirahat mingguan = 16 kali upah sejam).

Baca Juga: Begini Contoh Form Lembur Karyawan dan Perhitungannya

Setelah data unit lembur harian diinput, jumlahkan semuanya dengan rumus penjumlahan umum. Pada sel L3, masukkan rumus =SUM(E3:K3), kemudian copy ke bawah sampai sel L7, maka akan diperoleh total unit lembur setiap karyawan.

Untuk hitung upah lembur, kita menggunakan rumus berikut:

Upah lembur = Unit x Upah sejam

atau

Upah lembur = Unit x 1/173 x Gaji

Untuk menghitungnya, lakukan perkalian berikut ini:

Sel upah lembur =  sel total unit lembur x 1/173 x sel gaji 

Pada sel M3 masukkan rumus =1/173*D3*L3, lalu salin ke bawah sampai M7, dan akan muncul upah lembur setiap karyawan selama 1 minggu.

Misalnya, Godric dengan gaji Rp5.000.000, total unit lembur mingguan 24, maka upah lemburnya adalah Rp693.642.

Hitung lembur dengan aplikasi

Perhitungan lembur di atas lebih cocok untuk usaha kecil, di mana admin HR dapat menjalankan sendiri proses manual dari pencatatan jam lembur, konversi jam lembur, input data ke Excel, sampai memasukkan rumus hitung.

Nah, jika perusahaan kamu kerap mempekerjakan karyawan lembur dalam jumlah banyak, atau punya karyawan lembur remote, maka kamu membutuhkan sistem pencatatan dan perhitungan otomatis yang cepat dan akurat.

Hadirr dan Gadjian bisa kamu andalkan untuk perhitungan jam lembur dan upah lembur karyawan. Hadirr adalah aplikasi monitoring kehadiran karyawan berteknologi face recognition dan anti-fake GPS yang memiliki fitur pencatat jam lembur dan kehadiran lembur.

Tidak hanya lembur di kantor, Hadirr juga dapat mencatat kerja lembur karyawan di luar kantor. Karena itu, aplikasi ini bisa digunakan untuk memantau karyawan work from home atau pekerja lapangan.

Sedangkan aplikasi payroll Gadjian memiliki fitur hitung lembur online. Data lembur di aplikasi Hadirr bisa langsung diimpor ke Gadjian, kemudian dihitung upahnya secara otomatis pada saat penggajian.

Baca Juga: Contoh Kalkulator Perhitungan Lembur Karyawan

Gadjian juga dapat digunakan untuk membuat SPL serta mengecek apakah kehadiran karyawan sesuai dengan SPL. Setelah data kehadiran diimpor dari aplikasi Hadirr, maka kamu bisa mencocokkan data SPL dengan data kehadiran.

Karyawan yang bekerja lembur akan memiliki data jam kehadiran seperti di bawah ini:

aplikasi perhitungan lembur

Dengan Gadjian, uang lembur karyawan akan terhitung otomatis berdasarkan data yang diimpor, dan muncul sebagai komponen pendapatan di slip gaji online karyawan. Kamu tidak perlu repot menghitung menggunakan rumus dan tabel lembur.

Coba Gadjian Sekarang

Hadirr dan Gadjian merupakan produk dari Fast-8 yang dirancang untuk membantu HR/Finance mengelola absensi dan penggajian secara efisien. Ingin tahu lebih banyak fitur di aplikasi ini? Daftar sekarang atau coba gratis dulu.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia
Content Writer at Gadjian

Jurnalis dan penulis konten/content writer.

Share

No Thoughts on Cara dan Rumus Perhitungan Lembur Excel

Leave A Comment