Perhitungan dan Contoh Slip Gaji Karyawan Garmen

Gaji Karyawan Garmen

Perusahaan garmen adalah perusahaan manufaktur yang kegiatan usahanya memproduksi pakaian jadi. Karena itu, perhitungan gaji karyawan garmen tidak berbeda jauh dengan perhitungan gaji karyawan manufaktur secara umum.

Sebelum membahas contoh slip gaji karyawan garmen, perlu diketahui lebih dulu perbedaan pabrik garmen dengan pabrik tekstil dan pabrik konveksi.

Pabrik tekstil fokus pada pengolahan serat menjadi benang dan kemudian menjadi kain. Kegiatan usaha pabrik tekstil meliputi spinning, weaving, knitting, dying, dan printing. Kain inilah yang kemudian digunakan oleh pabrik garmen dan konveksi sebagai bahan untuk membuat pakaian. 

Jadi, pabrik tekstil memproduksi kain, sementara pabrik garmen dan konveksi mengubah kain menjadi pakaian yang siap digunakan. Namun, ada juga pabrik tekstil dan garmen yang berada dalam satu perusahaan, yang mengolah serat kapas sampai menjadi pakaian.

Ciri perusahaan garmen

Perusahaan Garmen

Lalu, apa perbedaan garmen dan konveksi yang sama-sama memproduksi pakaian? Secara singkat, perbedaannya terletak pada skala usahanya.

Garmen merupakan industri pakaian skala besar dan memiliki kapasitas produksi hingga jutaan potong setahun, dan sebagian berorientasi ekspor. Pabriknya luas dan dilengkapi dengan peralatan produksi dan mesin industri modern yang dirancang untuk mengerjakan produk massal secara cepat dan efisien.

Lini produksi CMT (cut, make, trim) dilakukan dengan pembagian kerja yang jelas, sehingga pekerjaan memotong, menjahit, dan merapikan serta mengontrol kualitas produk dilakukan oleh karyawan yang berbeda. Perusahaan garmen dikelola dengan administrasi dan manajemen tertata dan memiliki beberapa departemen.

Garmen termasuk industri padat karya karena dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Contoh perusahaan garmen di Indonesia yang memiliki karyawan hingga puluhan ribu orang adalah PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) yang terkenal dengan produk seragam militer untuk negara-negara Eropa dan PT Pan Brothers Tbk yang memproduksi sejumlah brand fashion internasional.

Sementara itu, konveksi merupakan industri pakaian skala rumahan, kecil, atau menengah, dengan kapasitas produksi hingga puluhan ribu potong setahun. Selain jumlah karyawannya terbatas, alat produksi pabrik konveksi juga lebih sederhana. Contoh konveksi adalah pabrik kaos distro, seragam, jaket, dan jersey olahraga.

BACA JUGA: Contoh dan Komponen Slip Gaji Perusahaan Manufaktur

Sistem gaji karyawan garmen

Penggajian Karyawan Garmen

Penggajian di perusahaan garmen dapat dibedakan berdasarkan pada jenis pekerjaan, yaitu golongan staf (white-collar) dan non-staf (blue-collar). Staf adalah karyawan yang mengelola administrasi perusahaan dari level direksi hingga staf paling bawah, sedangkan non-staf adalah buruh pabrik yang bekerja di bagian produksi dan gudang.

Staf perusahaan merupakan karyawan tetap (PKWTT) dan jumlahnya sedikit, sedangkan buruh pabrik umumnya adalah pekerja kontrak (PKWT) dan jumlahnya paling banyak. Karyawan staf bekerja dengan jam kerja harian teratur, sedangkan buruh pabrik bisa bekerja dengan jadwal shift

Masing-masing memiliki sistem penggajian berbeda, tergantung pada jenis kompensasi atau imbalan pekerjaan. 

Contohnya, staf dibayar dengan gaji bulanan teratur, dengan paket kompensasi dan benefit yang beragam, termasuk tunjangan jabatan, THR, bonus, uang kehadiran, natura, dan penggantian uang pengobatan, tunjangan BPJS penuh, dan tunjangan pajak PPh 21 atau subsidi pajak. Staf perusahaan juga punya akses pinjaman karyawan atau kredit kantor.

Sementara itu, buruh pabrik dapat dibayar secara mingguan atau bulanan, berdasarkan upah minimum. Besaran upah minimum karyawan garmen mengikuti upah minimum kabupaten/kota (UMK) atau upah minimum provinsi (UMP) setempat.

Selain upah, mereka juga mendapatkan uang lembur, THR, dan tunjangan BPJS sebagian sesuai dengan perjanjian kontrak. Buruh pabrik hanya memiliki akses pinjaman berupa pengambilan gaji di depan (kasbon).

Kompensasi dan benefitKaryawan staf / manajerial / direksiKaryawan non-staf / buruh pabrik
Gaji Struktur dan skala upahUpah minimum
Tunjangan tetapTunjangan jabatan
Uang kehadiranUang makan, uang transportUang makan
LemburUang lembur
THR1 kali setahun1 kali setahun
BonusBonus tahunan
BPJS KesehatanDitanggung penuh (5%)Ditanggung sebagian (4%)
Pinjaman karyawanKasbon, pinjaman lunak, pembiayaan kreditKasbon
NaturaFasilitas kendaraan, rumah, dan lainnya
Reimbursement Penggantian pengobatan

Komponen gaji karyawan garmen

Komponen Gaji Karyawan Garmen

Berdasarkan pembedaan jenis pekerjaan tersebut, maka komponen gaji di perusahaan garmen juga bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu slip gaji staf dan slip gaji non-staf.

Masing-masing terdiri atas komponen pendapatan (+) dan komponen potongan (-). Berikut ini contohnya:

Komponen gaji stafKomponen gaji non-staf
+ Gaji pokok + Tunjangan jabatan+ Tunjangan BPJS+ Tunjangan kehadiran+ Tunjangan PPh 21 atau subsidi pajak- Iuran BPJS- Cicilan pinjaman karyawan- Potongan PPh 21 (gross-up)+ Gaji+ Tunjangan BPJS+ Uang lembur+ Uang makan- Iuran BPJS- Kasbon- Potongan PPh 21 (gross

BACA JUGA: Komponen Upah dan Non Upah Serta Perbedaannya

Contoh slip gaji karyawan garmen

Slip Gaji Karyawan Garmen

Jika dibuat dalam slip gaji Excel karyawan garmen, maka perhitungannya seperti contoh berikut ini:

1. Slip gaji karyawan staf 

PT Panorama TextileSLIP GAJI
Nama: AlfianStatus Karyawan: Tetap
ID Karyawan: 4116Status PTKP: K/1
Bagian: FinanceTanggal Bergabung: 15 Mei 2017
Job Title: ManajerPeriode gaji: Mei 2023
IncomeAmountDeductionAmount
Gaji9.000.000Premi JKN (5%)500.000
Tunjangan jabatan1.000.000Premi JKK (0,24%)24.000
Tunjangan kehadiran (25 hr)500.000Premi JKM (0,30%)30.000
Tunjangan JKN (5% )500.000Premi JHT (5,7%)570.000
Tunjangan JKK (0,24%)24.000Premi JP (3%)286.788
Tunjangan JKM (0,30%)30.000Angsuran pinjaman1.000.000
Tunjangan JHT (3,7%)370.000
Tunjangan JP (2%)191.192
Total Income11.615.192Total deduction2.410.788
PPh 21 ditanggung perusahaan249.362Gaji diterima (THP)9.204.404

2. Slip gaji karyawan non-staf (pekerja pabrik)

PT Panorama TextileSLIP GAJI
Nama: Atikah Status Karyawan: PKWT
ID Karyawan: 2211Status PTKP: TK/0
Bagian: SewingTanggal Bergabung: 15 Juni 2022
Job Title: Operator mesin Periode gaji: Mei 2023
IncomeAmountDeductionAmount
Gaji2.700.000Premi JKN (5%)135.000
Lembur600.000Premi JKK (0,24%)6.480
Uang makan (25 hr)350.000Premi JKM (0,30%)8.100
Tunjangan JKN (4% )108.000Premi JHT (5,7%)153.900
Tunjangan JKK (0,24%)6.480Premi JP (3%)81.000
Tunjangan JKM (0,30%)8.100Kasbon300.000
Tunjangan JHT (3,7%)99.900PPh 210
Tunjangan JP (2%)54.000
Total Income3.926.480Total deduction684.480
Gaji diterima (THP)3.242.000

BACA JUGA: 5 Aplikasi Payroll Berbasis Web untuk Hitung Gaji Online

Mengelola penggajian pabrik garmen dengan aplikasi gadjian

Perhitungan Upah Lembur

Dengan jumlah karyawan pabrik yang cukup banyak, kamu tidak mungkin menghitung slip gaji karyawan dengan Excel seperti di atas. Selain rawan kesalahan hitung, proses manual juga akan menguras waktu kerja.

Cara paling efisien menyusun dan menghitung slip gaji karyawan garmen adalah menggunakan aplikasi administrasi pabrik Gadjian. Sistem payroll berbasis web ini menghitung setiap komponen slip gaji secara otomatis, dari mulai gaji pokok, tunjangan, uang makan, lembur, BPJS, THR, bonus, sampai dengan perhitungan pajak PPh 21 karyawan.

Kamu cukup melakukan pengaturan awal, dan selanjutnya aplikasi akan menghitung sendiri gaji karyawan setiap bulan, yang mencakup variabel tetap dan variabel tidak tetap. Keunggulan kalkulator gaji online Gadjian adalah dapat menyelesaikan perhitungan slip gaji lebih cepat dan lebih akurat, sehingga menghemat waktu dan biaya.

Selain itu, Gadjian juga memiliki fitur kalkulator PPh 21 yang dapat menghitung pajak penghasilan karyawan sekaligus, dan hasilnya akan muncul di slip gaji. Kamu tinggal memilih metode hitung PPh 21 di pengaturan awal, apakah gross, gross up, atau nett. Aplikasi ini memungkinkan perusahaan kamu menerapkan cara hitung PPh 21 yang berbeda untuk karyawan tertentu.

Dengan aplikasi HR cloud ini, semua perhitungan berjalan otomatis tanpa banyak campur tangan manusia. Kamu tidak perlu menghitung manual dengan memasukkan rumus-rumus kolom Excel yang memusingkan.

Berikut ini contoh perhitungan slip gaji online yang dibuat dengan software HRIS Gadjian:

Slip Gaji Otomatis Karyawan Gadjian

Slip gaji online lebih menguntungkan perusahaan dan karyawan. Selain lebih hemat biaya kertas dan cetak, kerahasiaan gaji juga lebih terlindungi. Hanya karyawan bersangkutan yang dapat mengakses dan mengunduh slip gaji mereka. Ini berbeda dengan slip kertas yang berisiko hilang, tercecer, atau jatuh ke tangan orang lain.

Mau bayar gaji karyawan pabrik sekaligus? Tak perlu repot transfer manual ke bank atau ATM. Tinggal buka Gadjian, pilih Flip atau Mandiri Cash Management, lalu transfer, semudah itu. Gaji karyawan akan langsung masuk ke rekening masing-masing.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Baca Juga Artikel Lainnya