9 Manfaat Payroll Outsourcing Bagi Bisnis Anda

Dalam menjalankan bisnis, proses payroll tidak dapat dipisahkan karena gaji adalah hak karyawan setelah melakukan tugasnya. Namun, mengelola penggajian merupakan tugas yang rumit, memakan waktu, dan menguras pikiran. 

Sementara itu, dalam artikel yang rilis di Forbes mengatakan bahwa penggajian karyawan atau proses payroll dapat dilakukan melalui outsourcing agar perusahaan dapat berjalan lebih efektif. Artinya, proses payroll tersebut dilakukan oleh penyedia layanan payroll di luar tim internal perusahaan Anda. 

Layanan payroll outsourcing menawarkan beberapa manfaat dan dapat mengurangi kendala dalam pengelolaan penggajian secara internal. Lalu, apa saja manfaatnya?  

Manfaat Payroll Outsourcing Bagi Perusahaan

Baca juga: Ini Simulasi Perhitungan Gaji Outsourcing terbaru

1. Membuat perusahaan fokus pada bisnis utama

Anda ingin fokus pada aspek-aspek bisnis tanpa ada kendala penggajian karyawan? Menggunakan payroll outsourcing bisa menjadi jawaban.

Menggunakan jasa payroll outsourcing dapat membuat perusahaan tetap fokus pada bisnis utama. Nantinya, Anda tidak perlu lagi mengurusi segala hal tentang penggajian karyawan yang sangat mengurangi waktu dan biaya. 

Dengan begitu, waktu yang ada dapat dimanfaatkan untuk melakukan produktivitas bisnis, sementara manajemen penggajian dapat dikelola oleh pihak yang lebih ahli. 

2. Menutup kekurangan tim payroll internal 

Bagi perusahaan kecil dan memiliki SDM yang terbatas mengelola penggajian menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Layanan payroll atau penggajian outsourcing dapat menyediakan tenaga ahli yang dibutuhkan perusahaan.

Benefit payroll outsourcing pun membantu Anda untuk memastikan bahwa proses penggajian perusahaan dilakukan secara akurat dan efisien tanpa perlu menambah tim baru khusus mengelola payroll

3. Menekan kekhawatiran tentang akurasi penggajian

Tahukah Anda? Mengelola penggajian secara internal memiliki potensi kesalahan dan ketidakakuratan karena tidak menutup kemungkinan terjadi human error. Hal tersebut merupakan masalah terbesar dalam mengelola penggajian.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan jasa payroll dengan sistem yang akurat. Dengan begitu Anda dapat mencegah dan menemukan kesalahan terkait penggajian karyawan.

Software penggajian karyawan yang wajib Anda coba adalah Pegawe. Pegawe adalah layanan payroll outsourcing dan pengelolaan HR terkemuka di Indonesia yang disediakan oleh Gadjian. Melalui aplikasi dan jasa payroll yang akurat akan memastikan bahwa gaji karyawan dapat diproses dengan benar dan tepat waktu. 

4. Meningkatkan kepuasan karyawan

Manfaat payroll outsourcing, tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga dirasakan oleh karyawan itu sendiri. 

Karyawan yang sudah berbedikasi ke perusahaan juga menginginkan proses penggajian yang cepat dan akurat. Untuk itu, kepuasan karyawan terhadap penggajian tersebut pun sangat penting bagi mereka. 

Tentunya Anda pun ingin meningkat kepuasan karyawan juga, bukan? Hal itu disebabkan, jika karyawan puas terhadap benefit yang ia dapat, maka produktivitas pun akan meningkat. 

Maka, sistem payroll outsourcing dapat memastikan karyawan menerima gaji mereka tepat waktu. Lalu setiap pertanyaan atau kekhawatiran yang karyawan rasakan tentang penggajian akan ditangani dengan cepat dan juga efektif. 

5. Keamanan data penggajian

Selain gaji, karyawan juga menginginkan bahwa data mereka dapat aman dan dikelola dengan baik. Apalagi data penggajian yang sifatnya sensitif juga. 

Tapi, Anda tidak perlu khawatir. Aplikasi payroll outsourcing memiliki sistem keamanan yang kuat sehingga dapat melindungi informasi sensitif seperti data penggajian karyawan. Dengan  begitu akan mengurangi risiko penipuan penggajian dan pelanggaran data. 

6. Meminimalisir risiko kepatuhan (compliance) dan denda

Pelaksanaan penggajian karyawan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, perusahaan wajib mengikuti prosedur dan tata cara penggajian yang sudah diatur oleh hukum dan pemerintah. Jika terjadi ketidakpatuhan  terjadi, maka perusahaan diharuskan membayar denda dan mendapatkan sanksi hukum. 

Contohnya tentang pembayaran pajak karyawan, yang mana perusahan wajib melakukan pembayaran pajak PPh 21 jika gaji karyawan lebih dari Rp4.500.00,00. Selain itu ada juga kebijakan BPJS karyawan yang dapat dibayarkan oleh perusahaan.

Layanan payroll outsourcing seperti Pegawe by Gadjian menjadi solusi bagi Anda agar tetap patuh pada kebijakan pemerintah terkait penggajian karyawan. Aplikasi payroll terbaik itu pun menyediakan tenaga ahli dan sumber daya untuk memastikan perusahaan agar tidak terkena denda atau penalti.  

7. Menghemat waktu dan biaya

Bayangkan Anda mengelola penggajian secara internal, tentu saja hal itu akan memakan banyak waktu dan biaya. Padahal, seharusnya Anda sudah dapat fokus melakukan tugas lain. Untuk itu, layanan payroll outsourcing menjadi jalan keluar untuk permasalahan tersebut.

Dengan aplikasi payroll outsourcing, Anda dapat menghemat biaya karena penggunaannya tidak membutuhkan dana yang besar. Selain itu, waktu yang Anda punya bisa difokuskan untuk perluasan bisnis serta hal-hal yang lebih penting.

8. Menjamin kerahasiaan data

Informasi mengenai data karyawan diharapkan tidak bocor. Pasalnya, di Indonesia sendiri, gaji karyawan merupakan hal yang sensitif. Hal tersebut dikarenakan sering terjadi perselisihan jika sesama karyawan mengetahui gajinya masing-masing.

Maka dari itu, harus ada layanan untuk memastikan data gaji karyawan terlindungi dan terjaga kerahasiaannya.  Aplikasi payroll outsourcing seperti Pegawe by Gadjian dapat menjadi cara agar kerahasiaan data gaji karyawan tetap terjaga dengan ketat. 

9. Mencegah penipuan dan kecurangan (fraud)

Penggajian secara internal memiliki risiko penipuan lebih besar dibandingkan payroll outsourcing secara online yang terintegrasi. Dikhawatirkan terjadi kecurangan ketika melakukan penggajian karyawan. Misal yang harus diberikan karyawan sebesar Rp 5 juta, tetapi hanya diberikan kepada karyawan senilai Rp4 juta.

Makanya, penipuan data penggajian dapat mengakibatkan kerugian (fraud) finansial dan berdampak besar bagi perusahaan. Layanan payroll outsourcing dilengkapi dengan sistem dan proses untuk mencegah serta mendeteksi fraud sehingga membantu mengurangi risiko kerugian finansial bagi perusahaan.

Baca juga : Metode perhitunguan PPh 21 Gaji Mingguan

Software Payroll Outsourcing Terbaik di Indonesia

Semua manfaat payroll outsourcing di atas dapat Anda rasakan di Pegawe by Gadjian. Layanan payroll outsourcing ini merupakan software berbasis cloud terkemuka di Indonesia untuk mengelola penggajian dan proses administrasi SDM perusahaan dengan lebih akurat dan fleksibel.

Software berbasis cloud ini pun dapat digunakan tanpa batas ruang dan waktu. Misal, layanan payroll outsourcing Jakarta dapat melakukan perhitungan gaji karyawan klien yang berada di kota lain secara real time. Jadi, tak akan ada masalah jika perusahaan Anda di luar Kota Jakarta.

Anda tidak perlu repot lagi dengan proses pembayaran payroll kepada karyawan, mulai dari perhitungan pajak PPh 21, BPJS, bahkan sampai dengan administrasi kehadiran. Anda juga diberikan konsultasi pelayanan terkait SDM di perusahaan Anda, seperti misalnya kebijakan pesangon bagi karyawan jika terjadi pemutusan hubungan kerja. 

Dengan begitu Anda dapat fokus mengembangan bisnis perusahaan tanpa takut adanya kecurangan mengenai proses penggajian. Hal itu dikarenakan, biasanya proses penggajian secara internal dapat menambah risiko kecurangan dan keamanannya pun kurang terjaga.

Baca juga: 12 Strategi Rekrutment yang Efektif Dapatkan Karyawan Potensial

Pegawe adalah paket lengkap untuk mengelola proses payroll outsourcing menjadi mudah, akurat, dan anti repot. Sudah banyak perusahaan start up hingga brand ternama yang menggunakan Pegawe.

Coba Pegawe Payroll Outsourcing

Tunggu apa lagi? Gabung sekarang dan nikmati berbagai macam manfaat untuk kelancaran bisnis Anda dengan aplikasi payroll Gadjian.

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya