Contoh Slip Gaji THR Online vs Manual

Contoh Slip Gaji THR Online vs Manual – Banyak perusahaan yang membayar tunjangan hari raya (THR) bersamaan dengan pembayaran gaji karyawan, terutama apabila hari raya keagamaan jatuh berdekatan dengan tanggal penggajian.

Ini berarti bukti pembayaran gaji dan pembayaran THR dapat disusun ke dalam satu slip gaji THR, tidak perlu dibuat terpisah. Dalam hal ini, THR dimasukkan sebagai komponen penambah penghasilan bruto karyawan.

Kita akan membahas contoh slip gaji THR manual dan online. Keduanya sama dalam hal format dan isi, namun berbeda dalam proses penyusunan.

Slip gaji manual dibuat menggunakan rumus hitung Excel dan input data manual oleh admin penggajian, sedangkan slip gaji online menerapkan proses hitung otomatis di aplikasi payroll dan menggunakan informasi di database. 

Baca Juga: Contoh dan Cara Membuat Slip Gaji di Aplikasi Gadjian

Cara Menghitung THR karyawan

Ketentuan THR karyawan swasta terdapat dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Cara menghitungnya seperti di bawah ini:

  1. Upah sebagai dasar perhitungan THR adalah upah tanpa tunjangan atau upah pokok termasuk tunjangan tetap.
  2. Karyawan yang memiliki masa kerja 12 bulan terus menerus atau lebih, diberikan THR sebesar 1 bulan upah.
  3. Karyawan yang memiliki masa kerja 1 bulan terus menerus atau lebih namun kurang dari 12 bulan, diberikan THR secara proporsional dengan perhitungan: masa kerja/12 x 1 bulan upah.

Contohnya, perhitungan THR masa kerja 1 bulan adalah 1/12 x 1 bulan upah. Jika masa kerja karyawan 6 bulan, besaran THR adalah 6/12 x 1 bulan upah, atau bisa disederhanakan menjadi 1/2 upah.

Misalnya, karyawan baru dengan gaji Rp10.000.000 yang telah bekerja 6 bulan di perusahaan bersangkutan, sesuai dengan rumus menghitung THR di atas akan menerima THR sebesar:

1/2 x Rp10.000.000 = Rp5.000.000

Pajak PPh 21 THR

Karena merupakan penghasilan yang diterima karyawan, THR dikenai potongan pajak penghasilan PPh 21. Cara menghitung pajaknya menurut Peraturan Dirjen Pajak No 16 Tahun 2016 adalah seperti berikut:

Pajak THR = Pajak setahun gaji dan THR – Pajak setahun gaji

Prosesnya dengan menghitung lebih dulu PPh 21 penghasilan setahun termasuk THR, kemudian menghitung PPh 21 gaji setahun sebagai pengurang. Dalam hitung manual, pekerjaan ini harus diselesaikan secara terpisah, dan kemudian hasilnya dimasukkan ke form slip gaji Excel.

Contoh perhitungan pajak THR manual:

contoh slip gaji thr
Contoh slip gaji THR manual dan online | Gadjian

Baca Juga: Perhitungan Pajak THR Karyawan Swasta

Komponen Slip Gaji

Slip gaji terdiri dari 2 komponen utama yaitu pendapatan dan potongan. Komponen pendapatan mencakup gaji pokok, tunjangan, lembur, tunjangan BPJS, bonus, THR, dan penghasilan lain. Sedangkan komponen potongan meliputi iuran BPJS, pajak penghasilan PPh 21, dan pinjaman kantor.

Setelah komponen pendapatan dikurangi komponen potongan, hasilnya merupakan penghasilan bersih yang diterima karyawan (take home pay). Berikut ini contoh form slip gaji THR manual yang dibuat dengan Excel:

slip gaji thr
Contoh Slip Gaji THR Manual dan Online | Gadjian

Slip Gaji Online

Dalam slip gaji Excel, setiap komponen dihitung manual, kemudian disusun ke dalam form slip gaji karyawan. Proses ini menggunakan rumus dan menuntut ketelitian admin dalam input data. Karenanya, penyusunan slip gaji manual memakan waktu.

Sebaliknya, dalam slip gaji online, perhitungan dan penyusunan slip gaji berjalan otomatis. Dengan menggunakan aplikasi payroll, semua komponen terhitung oleh kalkulator online yang diprogram untuk menyelesaikan perhitungan matematis berdasarkan data karyawan.

Bahkan, untuk perhitungan pajak penghasilan yang rumit, aplikasi payroll dapat menghitungnya otomatis dan hasilnya langsung muncul di slip gaji online. Proses ini jauh lebih cepat dan lebih akurat dibanding hitung manual.

Sebagai gambaran, jika slip gaji manual pada contoh di atas dibuat dalam bentuk slip gaji online dengan software penggajian, maka kurang lebih hasilnya seperti di bawah ini:

slip gaji online
Contoh slip gaji online karyawan di aplikasi Gadjian | Gadjian

Aplikasi Slip Gaji THR Terbaik

Hitung THR Karyawan dan PPh 21 atas THR Secara Otomatis | Gadjian

Ingin membuat slip gaji online karyawan dengan mudah? Anda dapat menggunakan Gadjian. Aplikasi slip gaji dan THR terbaik ini dapat diandalkan untuk menyelesaikan perhitungan gaji dan THR dengan efisien.

Kalkulator THR online di Gadjian memudahkan perhitungan THR keagamaan beserta pajaknya, sehingga Anda tidak butuh lagi rumus Excel. Sedangkan fitur hitung gaji online membantu Anda menyusun komponen penghasilan dan mengalkulasi secara otomatis, dari mulai gaji pokok, tunjangan tetap, tunjangan kehadiran, lembur, bonus, insentif, dan penghasilan lainnya.

Cukup dengan sekali pengaturan di awal, sistem perhitungan gaji karyawan akan berjalan otomatis setiap bulan. Sehingga, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berhari-hari untuk menghitung gaji karyawan.

Sistem payroll cloud ini menghasilkan slip gaji online yang langsung terdistribusi ke setiap karyawan. Bukan hanya lebih cepat dan lebih aman, slip gaji online juga hemat biaya karena tidak membutuhkan kertas dan tinta cetak. 

Baca Juga: Begini Perhitungan THR Proporsional yang Tepat

Pada tanggal pembayaran gaji, setiap karyawan bisa cek slip gaji mereka masing-masing melalui aplikasi mobile GadjianKu. Jika membutuhkannya, mereka tinggal mengunduh slip gaji dari aplikasi tersebut.

Selain penggajian dan THR, HRIS online ini punya banyak fitur untuk mengelola administrasi karyawan, seperti kelola data karyawan, cuti/izin/sakit secara online, catatan absensi karyawan, pola kerja dan shift, struktur dan skala upah, benefit karyawan, inventaris kantor, hingga rekrutmen.

Ingin tahu bagaimana Gadjian membuat pekerjaan lebih efisien? Anda bisa mencoba gratis 14 hari atau langsung mendaftar berlangganan.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: AS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *