Apa Saja Komponen Slip Gaji yang Utama?

Slip gaji merupakan tanda bukti pemberian imbalan atas hasil kerja karyawan dari pihak pemberi kerja seperti perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan perlu membuatnya dengan tepat. Pastikan formatnya tepat dan komponen slip gaji benar-benar lengkap.

Komponen Slip Gaji

Format slip gaji di setiap perusahaan bisa berbeda-beda. Namun, secara umum terdapat beberapa komponen slip gaji yang harus masuk ke dalamnya. Berikut ini perinciannya:

– Nama Perusahaan

Ini adalah identitas perusahaan yang memberikan imbalan bekerja. Keberadaannya harus ada sebagai bukti keabsahan slip gaji.

Anda harus mencantumkan nama perusahaan, alamat, serta informasi kontak yang dapat dihubungi. Secara garis besar, penulisannya mirip dengan kop surat pada surat resmi perusahaan.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung Gaji Bersih Karyawan

– Identitas Karyawan

Identitas karyawan yang mencakup nama dan posisi atau jabatan karyawan wajib dicantumkan sebagai bagian dari komponen slip gaji. Hal ini penting untuk memastikan identitas penerima. Supaya format slip gaji semakin baik, lebih baik melengkapinya dengan Nomor Induk Karyawan (NIK) dan Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP). 

– Pernyataan Kerahasiaan 

Gaji merupakan hal yang bersifat personal. Hanya penerima dan pemberi gaji yang berhak mengetahuinya. Oleh karena itu, kerahasiaannya harus dipastikan. 

Maka, pastikan terdapat pernyataan kerahasiaan dalam format slip gaji yang dibuat. Bentuknya bisa berupa pemuatan kalimat seperti Private and Confidential

– Periode Pembayaran

Dalam format slip gaji, baik slip gaji sederhana maupun lengkap, pastikan tertera periode pembayaran. Hal ini penting untuk memastikan bahwa gaji merupakan pembayaran dalam masa kerja tertentu.

Adapun penulisan periode pembayaran bisa dikembalikan ke setiap perusahaan. Bisa dicantumkan waktu kerja secara detail atau hanya penyebutan bulan atau minggunya saja.  

– Perincian Gaji

Rincian gaji termasuk komponen slip gaji yang wajib. Di dalamnya berisi detail penghasilan yang diperoleh di dalam periode pembayaran tersebut. Anda bisa mencantumkan gaji pokok, uang lembur, bonus, hingga tunjangan.

– Informasi Potongan

Anda harus memasukkan informasi mengenai potongan yang dikenakan di gaji karyawan. Cantumkan supaya karyawan tahu persis. Adapun aneka jenis potongan yang biasanya muncul adalah pajak, iuran BPJS, tabungan pensiun, ataupun pinjaman karyawan. 

– Total Penghasilan Bersih

Ini adalah informasi tentang gaji bersih yang diterima oleh karyawan setelah penghasilannya dipotong oleh berbagai hal. Nilainya menunjukkan jumlah uang yang diperoleh karyawan pada periode pembayaran gaji tersebut.

– Bukti Pengesahan

Komponen slip gaji lain yang pantang dilupakan ialah pengesahan dari pemberi gaji. Wujudnya berupa tanda tangan, cap, atau identitas dari pihak yang berwenang memberikan gaji. Pengesahan semacam ini penting untuk memastikan validitas slip gaji.

Baca Juga: Contoh-Contoh Slip Gaji di Perusahaan

Contoh Slip Gaji Perusahaan

Agar lebih mudah, Anda bisa melihat contoh slip gaji perusahaan berikut ini. Anda bisa memodifikasi slip gaji Excel sederhana ini sesuai dengan kebutuhan.

komponen slip gaji
Contoh komponen slip gaji Excel | Gadjian

Membuat Slip Gaji Online

Saat ini slip gaji sudah bisa dibuat secara online. Anda dapat menggunakan aplikasi Gadjian dalam membuat slip gaji. Caranya cukup mudah. Hanya dengan tiga langkah, semuanya akan selesai:

1. Tentukan Komponen Pendapatan dan Potongan

Pastikan dulu apa saja yang masuk sebagai komponen pendapatan. Biasanya adalah gaji pokok, aneka tunjangan, ataupun bonus. 

Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kondisi karyawan, Misalnya dipilih untuk jumlah penghasilan yang selalu tetap seperti tunjangan jabatan. Namun, bisa pula untuk penghasilan yang berubah-ubah seperti uang makan sesuai kehadiran atau bonus berdasarkan pencapaian. 

Selain itu, masukkan pula aneka potongan seperti pajak, BPJS, iuran, atau pinjaman. Sama seperti pendapatan, nilainya bisa diatur sesuai kondisi karyawan.

2. Buat Slip Gaji

Saatnya membuat slip gaji. Anda bisa mengatur format slip gaji sesuai dengan komponen dan data yang hendak dimasukkan. Setelah semuanya selesai, Anda dapat menerapkan perintah untuk membuat slip gaji.

3. Kirim ke Karyawan

Aplikasi Gadjian membuat slip gaji mudah diakses dan dikirim ke karyawan. Setelah slip gaji selesai dibuat, Anda tinggal masuk ke menu Personalia. Lalu pilih karyawan yang hendak dikirimi slip gaji. Tinggal tekan perintahnya, maka karyawan sudah bisa mengakses slip gaji tersebut.

Contoh Slip Gaji Karyawan Tetap atau Slip Gaji Karyawan PKWT | Gadjian
Contoh slip gaji karyawan | Gadjian

Pembuatan slip gaji sederhana memang terlihat mudah. Namun, upaya di baliknya cukup merepotkan. Anda harus melakukan perhitungan gaji terlebih dulu dengan mempertimbangkan aneka penghasilan dan potongan. 

Baca Juga: Contoh dan Cara Membuat Slip Gaji di Aplikasi Gadjian

Tentu hal tersebut akan merepotkan jika dikerjakan secara manual. Maka, lebih baik memakai aplikasi Gadjian. Dengan menggunakan aplikasi Gadjian, Anda bisa menghitung gaji dengan cepat dan akurat. Potongan seperti PPh 21, PPh 26, dan BPJS dapat dihitung dengan mudah.

Tidak akan ada lagi waktu yang terbuang hanya untuk menghitung gaji. Gadjian akan memudahkan Anda melakukannya. Oleh sebab itu, segera gunakan aplikasi Gadjian untuk memproses penggajian sekaligus memastikan komponen slip gaji yang akurat.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: ABP

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *