Cara Pakai Kalkulator Pajak PPh 21 di Aplikasi Gadjian

Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh 21) karyawan merupakan bagian paling rumit di antara pekerjaan administrasi HR/Finance perusahaan. Kamu perlu memahami peraturan perpajakan mengenai aspek perhitungan pajak PPh 21, dari mulai Undang-Undang, Peraturan Menteri Keuangan, hingga Peraturan Dirjen Pajak. 

Baca Juga: Potongan Slip Gaji Karyawan Bagian 4: Pajak Penghasilan (PPh 21)

Bukan sekadar tahu PTKP dan tarif pajak, kamu juga harus menguasai hal-hal detail teknis, misalnya ke mana memasukkan tunjangan jabatan dan biaya jabatan dalam perhitungan PPh 21, iuran BPJS apa saja yang mengurangi penghasilan bruto, atau bagaimana cara menghitung PPh 21 karyawan tetap dan karyawan lepas harian. 

Itu sebabnya, banyak yang menggunakan software pajak on-premise untuk hitung pajak. Tetapi, cara ini punya kelemahan, di mana kamu harus melakukan update perangkat lunak apabila pemerintah mengubah atau memperbarui peraturan pajak penghasilan. Selain itu, software ini memiliki keterbatasan akses alias tidak fleksibel.

Cara lainnya, kamu bisa menggunakan jasa konsultan pajak dan tahu beres dengan perhitungan pajak karyawan. Namun, risiko mendapatkan konsultan yang kurang cakap sangat mungkin terjadi. Belum lagi, biaya jasa konsultan pajak tidaklah murah.

Solusi paling efisien dan praktis dalam hitung PPh 21 adalah menggunakan Gadjian. Aplikasi HRIS Indonesia ini merupakan software berbasis cloud yang fleksibel karena dapat diakses di mana saja dengan berbagai perangkat, cukup dengan cara login menggunakan username dan password

Gadjian merupakan aplikasi hitung gaji online yang memiliki kalkulator pajak PPh 21 untuk menghitung pajak karyawan secara otomatis dan paperless. Proses ini lebih minim error dibanding sistem hitung manual dengan Excel. Fitur PPh Online Gadjian akan memudahkan pekerjaan kamu setiap tanggal penggajian.

Cara menggunakan kalkulator PPh 21 sangat mudah. Apabila kamu mulai menggunakan Gadjian tidak dari awal tahun atau setelah bulan Januari (misalnya Februari, Maret, dan seterusnya) kamu hanya perlu mengisi PPh 21/26 Awal di aplikasi agar perhitungan pajak karyawan di akhir tahun tidak keliru. 

Baca Juga: Pedoman Lengkap Perhitungan PPh 21 Tenaga Ahli

Kamu bisa mengisi PPh 21/26 Awal dengan cara berikut ini:

1. Masuk ke menu Kelola PPh 21/26 dan pilih PPh 21/26 Awal.

2. Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk memasukkan data PPh 21 Awal:
a) Dengan input data pajak karyawan satu per satu, atau 
b) Mengunggah template yang telah disediakan.

3. Jika memilih input data karyawan satu per satu, klik kolom Aksi untuk menampilkan form Edit PPh 21 dan lengkapi data di kolom berikut:
Dari bulan: diisi 1 (Januari) atau bulan saat karyawan bersangkutan mulai bekerja di perusahaan. Misalnya, karyawan tersebut mulai bergabung bulan Maret tahun ini, maka isikan angka 3.
Ke bulan: diisi bulan terakhir sebelum menggunakan Gadjian. Misalnya, perusahaan kamu menggunakan Gadjian mulai bulan Juli, isi kolom tersebut dengan angka 6 (Juni).
Gaji/pensiun atau THT/JHT: diisi dengan nominal gaji pokok karyawan yang dibayarkan setiap bulan.
Tunjangan PPh 21: diisi hanya jika kamu menerapkan metode perhitungan gross-up, berupa tunjangan PPh 21 karyawan setiap bulan.
Tunjangan lainnya, uang lembur, dan sebagainya: diisi jumlah semua tunjangan yang dibayarkan perusahaan, meliputi tipe pendapatan tetap, tergantung kehadiran/output, dan manual, yang sifatnya reguler, termasuk upah lembur. Jumlah tunjangan BPJS Ketenagakerjaan (Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian) dan BPJS Kesehatan yang dibayarkan perusahaan juga dimasukkan di kolom ini.
Honorarium dan imbalan lain sejenisnya: diisi jika karyawan menerima honorarium dari perusahaan, biasanya untuk pekerja tidak tetap.
Premi asuransi yang dibayar pemberi kerja: diisi jika perusahaan membayarkan premi asuransi komersial untuk karyawan di luar BPJS.
Penerimaan dalam bentuk natura dan kenikmatan lainnya yang dikenakan pemotongan PPh Pasal 21: diisi jika karyawan menerima pembayaran lain dari perusahaan tidak dalam bentuk uang, misalnya fasilitas atau barang yang dikenakan pajak.
Tantiem, bonus, gratifikasi, jasa produksi, dan THR: diisi jika karyawan menerima pendapatan tidak teratur seperti bonus, komisi, dan tunjangan hari raya (THR) keagamaan.
Iuran pensiun atau JHT: diisi iuran Jaminan Hari Tua (JHT) 2% upah dan Jaminan Pensiun (JP) 1% upah yang ditanggung oleh karyawan setiap bulan.
PPh 21 terbayar: diisi PPh 21 yang telah dibayarkan dari bulan ke bulan.

Setelah data di setiap kolom terisi lengkap, klik Simpan.

Baca Juga: Terbaru, Cara Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan

4. Jika memilih unggah data, kamu bisa klik tombol Upload PPh 21 Awal, lalu klik Download Template untuk mengunduh file yang telah disediakan. Kemudian isi kolom-kolom di form tersebut. Di template ini, kamu hanya mengisi jumlah, misalnya jumlah gaji pokok, jumlah tunjangan, jumlah iuran pensiun/JHT, dan seterusnya dalam rentang bulan bersangkutan. Setelah selesai, kembali klik Upload PPh 21 Awal, klik Select File dan klik Upload.

Setelah itu, kalkulator pajak Gadjian akan menghitung otomatis PPh 21 dan akan langsung memotong pendapatan di slip gaji online karyawan setiap penggajian. Kalkulator PPh 21 ini dapat menghitung pajak dengan tiga metode, yaitu:

a) Gross: PPh 21 ditanggung karyawan sendiri, di mana perusahaan membayar gaji kotor dan memotong pajak karyawan.

b) Gross-up: perusahaan memberikan tunjangan pajak sebesar PPh 21 yang akan dipotong.

c) Nett: perusahaan menanggung PPh 21 karyawan dengan memberi subsidi pajak, sehingga karyawan menerima gaji bersih tanpa dipotong pajak.

Keuntungan lain menggunakan Gadjian adalah kamu tak perlu pusing memikirkan soal update software, karena aplikasi HRIS ini akan memperbarui sistem hitung jika pemerintah mengubah peraturan pajak, misalnya perubahan PTKP. Jadi, kamu tetap mendapatkan perhitungan pajak yang valid sesuai ketentuan terbaru.

Baca Juga: 10 Manfaat Aplikasi HRIS Berbasis Cloud

Gadjian merupakan payroll terbaik untuk membantu kamu agar lebih efisien dalam penggajian karyawan. Aplikasi ini memungkinkan kamu menghemat biaya kelola administrasi karyawan hingga puluhan juta rupiah setahun.

Dengan biaya terjangkau, kamu bisa menggunakan aplikasi kalkulator pajak ini dengan akses fleksibel, penyimpanan data cloud yang sangat besar, dan perlindungan data terenkripsi. Kamu bisa coba gratis 14 hari atau langsung klik Daftar di website Gadjian untuk berlangganan aplikasi ini.

Coba Gadjian Sekarang

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *