Terbaik! Ini Software Perhitungan PPh 21 Karyawan Perusahaan

Digitalisasi membuat segalanya menjadi jauh lebih mudah, lebih cepat, dan lebih efisien. Big data, internet of things (IoT), artificial intelligence (AI), hingga cloud telah banyak digunakan untuk mendukung operasi bisnis perusahaan. 

Baca Juga: Pedoman HR: Cara Menghitung PPh 21 Karyawan Menurut PTKP Terbaru

Kini, menghitung PPh 21 karyawan yang rumit pun bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik dengan software berbasis cloud. Padahal, jika dilakukan secara manual, perhitungan PPh 21 bisa memakan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari jika jumlah karyawan perusahaan cukup banyak.

Sebelumnya, software perhitungan pph 21 yang banyak digunakan perusahaan adalah perangkat lunak on-premise atau on-site yang tidak fleksibel, mahal, kurang ramah pengguna, dan membutuhkan update berkala. Kemudian, di era internet, muncul software cloud yang jauh lebih praktis, fleksibel, murah, dan tidak membutuhkan update yang merepotkan.

Dari sekian banyak software perhitungan PPh 21 berbasis cloud yang beredar di pasaran, Gadjian bisa disebut yang terbaik. Aplikasi payroll ini memiliki fitur PPh 21 Online yang menjadi andalan para HR dan Finance perusahaan. 

Apa yang membuat aplikasi ini layak disebut kalkulator pajak terbaik?

Otomatisasi sistem hitung PPh 21

Gadjian sebagai software perhitungan pph 21 menawarkan sistem hitung PPh 21 online dan otomatis, di mana Anda tidak perlu banyak terlibat. Ini bukan saja meminimalkan tingkat risiko salah hitung (human error), tetapi juga menghemat waktu kerja dibanding menggunakan cara hitung manual. Anda punya waktu lebih banyak untuk fokus pada pekerjaan lain.

Aplikasi penggajian ini bisa digunakan oleh siapa saja, karena praktis dan user-friendly. Bahkan, Anda yang tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang perpajakan sekalipun tetap dapat menghitung pajak penghasilan karyawan menggunakan Gadjian

Menyederhanakan pekerjaan HR

Pekerjaan menghitung PPh 21 karyawan tidak lagi rumit jika menggunakan Gadjian. Anda tidak perlu pusing dengan masalah teknis perhitungan pajak, seperti jenis-jenis penghasilan teratur dan tidak teratur, penghasilan bruto dan neto, penghasilan tidak kena pajak (PTKP), dan penerapan lapisan tarif pajak.

Tugas Anda hanyalah melakukan input data pajak karyawan saat pertama kali menggunakan aplikasi ini, dengan mengisi kolom yang tersedia. Ini tidaklah sulit. Anda bisa melihat video tutorial, atau jika masih kebingungan, tim Gadjian siap membantu Anda.

Selebihnya, kalkulator pajak Gadjian akan menghitung otomatis PPh 21 karyawan setiap bulan dan muncul di slip gaji online sebagai pemotong penghasilan. Sebagai perbandingan, berikut ini contoh perhitungan PPh 21 versi Gadjian dan manual.

Versi Gadjian, PPh 21 langsung terhitung secara otomatis Rp 58.917 dan muncul sebagai pemotong di slip gaji online pada kolom Deduction seperti gambar di bawah.

Software Perhitungan PPh 21

Sementara, jika PPh 21 dihitung manual maka kurang lebih seperti di bawah ini:

Gaji pokok (4.416.186)

52.994.232

Tunjangan BPJS Kesehatan (4%)

2.119.769

Tunjangan JKK (0,24%)

127.186

Tunjangan JKM (0,30%)

158.983

Tunjangan makan (750.000)

9.000.000

Tunjangan transportasi (750.000)

9.000.000

Penghasilan bruto setahun

73.400.170

Biaya jabatan (5%)

-3.670.008

Iuran JP (1%)

-529.942

Iuran JHT (2%)

-1.059.885

Penghasilan neto setahun 

68.140.335

PTKP TK/0

-54.000.000

Penghasilan Kena Pajak

14.140.335

PPh 21 setahun (5%)

707.017

PPh 21 terutang bulan ini

58.917

Mengakomodasi tiga metode hitung pajak

Kelebihan Gadjian lainnya adalah mengakomodasi tiga metode perhitungan pajak yang diperbolehkan Direktorat Jenderal Pajak RI, yaitu gross, gross up, dan nett. 

  1. Metode gross digunakan perusahaan yang membayar karyawan dengan gaji kotor yang belum dipotong pajak. Karyawan menanggung sendiri pajak penghasilannya melalui potong gaji.
  2. Metode gross up digunakan perusahaan yang membayar karyawan dengan gaji kotor sebelum pajak, namun perusahaan memberikan tunjangan PPh 21 sebesar pajak yang akan dipotong dari gaji karyawan.
  3. Metode nett digunakan perusahaan yang membayar karyawan dengan gaji bersih tanpa dipotong pajak penghasilan. Perusahaan menanggung PPh 21 karyawan melalui subsidi pajak.

Mengakomodasi perhitungan pajak pekerja asing

Bagi ekspatriat yang tidak memiliki NPWP dan menerima penghasilan di Indonesia tidak lebih dari 183 hari dikenai pajak penghasilan PPh Pasal 26. Tarif pajak PPh 26 pekerja asing berdasarkan UU No 36 Tahun 2008 adalah 20% atas penghasilan bruto maupun perkiraan penghasilan neto. 

Baca Juga: Contoh Perhitungan PPh 26 Warga Negara Asing (Ekspatriat)

Namun, pada praktiknya, terdapat pengecualian untuk negara-negara tertentu yang menandatangani pakta pajak (tax treaty) dengan Indonesia yang disebut Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda (P3B). Bagi WNA dari negara-negara P3B ini dikenai tarif pajak penghasilan lebih rendah.

Aplikasi Gadjian memiliki database tarif P3B, sehingga sistem akan menghitung pajak karyawan ekspatriat berdasarkan asal negara mereka secara otomatis. Sedangkan karyawan WNA yang memiliki NPWP akan dikenai PPh 21.

Memudahkan pelaporan pajak 

Salah satu cara pelaporan pajak penghasilan adalah melalui e-SPT. Namun cara ini membutuhkan usaha, sebab wajib pajak harus mengunduh dan memasang aplikasi e-SPT yang bisa diperoleh di DJP Online. Kemudian wajib pajak membuat file dengan format CSV dan mengunggah file tersebut ke DJP Online.

Dengan Gadjian, proses pelaporan jauh lebih singkat. Wajib pajak tidak perlu repot membuat sendiri file CSV dengan aplikasi DJP Online, tetapi cukup dengan mengunduh file CSV yang sudah disediakan Gadjian, dan tinggal mengunggah file itu ke e-SPT PPh 21 melalui menu e-Filing.

Sistem perhitungan PPh 21 yang up-to-date

Sebagai aplikasi penghitung gaji, Gadjian memiliki sistem hitung yang up-to-date. Misalnya, terkait perubahan aturan perundang-undangan mengenai jam maksimal lembur menurut Omnibus Law, software ini akan memperbarui sistem hitung sehingga Anda mendapatkan perhitungan yang valid sesuai dengan aturan pemerintah terbaru. Begitu juga apabila peraturan perpajakan direvisi, Gadjian dapat melakukan pembetulan pajak dan pembaruan sistem hitung.

Baca Juga: Perbedaan Perhitungan Pajak Nett, Gross, dan Gross Up

Itu artinya software pintar ini tidak membutuhkan update manual oleh pengguna yang merepotkan dan memakan biaya. Anda tinggal berlangganan dan menggunakan layanan software as a service (SaaS)  Gadjian tanpa perlu pusing dengan masalah update dan lain-lain yang menjadi tanggung jawab penyedia perangkat lunak online ini. Cukup dengan username dan password, Anda bisa menggunakan Gadjian untuk menghitung gaji, PPh 21 dan PPh 26 karyawan di mana saja selama terhubung internet.

Coba Gadjian Sekarang

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *