3 Cara mudah menghitung PPh 21

Hitung THR Karyawan dan PPh 21 atas THR Secara Otomatis | Gadjian

Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh 21) adalah pajak yang dikenakan atas penghasilan yang diterima oleh wajib pajak orang pribadi sehubungan dengan pekerjaan jasa atau kegiatan yang ia lakukan. Dasar hukum pengenaan pajak penghasilan pasal 21 ini terdapat pada UU No. 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Metode Penghitungan PPh 21

Metode yang umum digunakan untuk menghitung PPh 21 ada beberapa jenis, yaitu Gross, Gross Up, dan Net. Penjelasan singkat dari ketiga metode ini adalah sebagai berikut:

  • Metode Gross adalah metode pemotongan pajak dimana karyawan menanggung sendiri jumlah pajak penghasilannya.
  • Metode Gross Up adalah metode pemotongan pajak di mana perusahaan memberikan tunjangan pajak yang sama besar dengan jumlah pajak yang dipotong dari karyawan.
  • Metode Net adalah metode pemotongan pajak di mana perusahaan menanggung pajak karyawannya.

Alternatif-Alternatif Solusi Cepat Penghitungan PPh 21

Urusan hitung-menghitung PPh 21 ini acap kali jadi hal yang memusingkan di perusahaan karena menghitung beban pajak karyawan – apalagi jika jumlahnya banyak — membutuhkan waktu dan ketelitian tinggi. Belum lagi apabila bagian keuangan di perusahaan tersebut kurang menguasai perhitungan PPh 21. Tak heran masalah penghitungan PPh 21 ini seringkali cukup menyita waktu dan emosi bagian HRD atau keuangan (finance) perusahaan. Oleh karena itu, sebagian perusahaan memilih salah satu alternatif berikut untuk menjadi solusi penghitungan PPh 21 mereka:

  1. Konsultan Pajak

Banyak perusahaan menggunakan jasa konsultan pajak untuk mengerjakan penghitungan pajak di perusahaan mereka, termasuk di antaranya untuk menghitung PPh 21. Keuntungan menggunakan jasa konsultan pajak adalah perusahaan tinggal ‘tahu beres’ mengenai kalkulasi pajak di perusahaan mereka.

Namun ada hal-hal yang harus diwaspadai sebelum merekrut konsultan pajak. Misalnya, kompetensi penghitungan pajak antara konsultan pajak satu dan yang lainnya berbeda-beda, dan penguasaan mereka atas penghitungan beraneka ragam jenis pajak juga berbeda. Hal ini dapat memengaruhi keakuratan kalkulasi pajak yang mereka laporkan. Hal yang kedua yang harus dipertimbangkan tentu saja adalah masalah biaya. Biasanya, konsultan pajak mematok harga yang cukup lumayan tinggii untuk paket penghitungan pajak perusahaan.

  1. Solfina

Solfina adalah aplikasi on-premise yang cukup membantu untuk menghitung penggajian (payroll) serta PPh 21 karyawan. Aplikasi Solfina sudah cukup lama ada di pasar Indonesia, sehingga perhitungan PPh 21-nya sudah terbukti akurat. Kekurangan software Solfina adalah ia harus diunduh terlebih dahulu sehingga aksesibilitasnya agak terbatas. Selain itu, tampilannya kurang menarik sehingga terkadang membingungkan pengguna.

  1. Gadjian

Sejak tahun 2016, banyak perusahaan mulai menggunakan Gadjian sebagai solusi penghitungan PPh 21 karyawan di perusahaan mereka. Gadjian adalah aplikasi HRD online yang bisa menjawab keluh kesah bagian HRD atau keuangan di banyak perusahaan Indonesia terkait administrasi HRD, termasuk penghitungan gaji (payroll) dan PPh 21. Sistem Gadjian sudah dirancang sedemikian rupa sehingga menghitung PPh 21 menjadi pekerjaan yang sederhana dan tak memakan waktu.

Karena berbasis cloud, Gadjian dapat diakses perusahaan yang berlokasi di mana pun, asalkan terkoneksi dengan internet. Cara setting-nya pun sangat mudah. Gadjian menyediakan juga file .csv yang dapat diunduh untuk diimpor ke e-SPT PPh 21 Dirjen Pajak berupa:

  • 1721 Ref Pegawai A1 untuk status pajak pegawai tetap
  • 1721 BP A1 untuk data pemungutan A1 setiap tahun
  • 1721 BP Tidak Final untuk data pemotongan PPh 21 setiap tahun untuk pegawai lepas
  • 1721 I Bulanan untuk data pemotongan PPh 21 setiap tahun untuk pegawai tetap

Dari ketiga solusi cepat perhitungan PPh 21 di atas, yang mana yang digunakan di perusahaanmu?

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share