Komponen UMR pada Sistem Penggajian

Komponen UMR

Komponen UMR pada Sistem Penggajian – Pada 17 November, pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023, yang akan menjadi pedoman kenaikan upah minimum yang baru.

Aturan UMP 2023 ini memuat perhitungan upah minimum yang berbeda dari aturan tahun sebelumnya yang berpedoman pada PP Pengupahan No 36 Tahun 2021.

Alasan utama pemerintah mengubah perhitungan upah minimum adalah kondisi inflasi tahun ini yang menggerus daya beli masyarakat. Sementara, formula kenaikan upah minimum di PP Pengupahan yang baru satu tahun diterapkan tidak dapat mengakomodasi laju inflasi.

Di Permenaker yang baru, pemerintah juga mengundur batas akhir penetapan upah minimum regional (UMR), yaitu upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten/kota (UMK), selama 7 hari.

UMP yang seharusnya diumumkan oleh gubernur paling lambat pada 21 November diperpanjang hingga 28 November, dan UMK yang seharusnya ditetapkan 30 November ditunda sampai 7 Desember.

Ketentuan ini ditetapkan dalam Pasal 13 ayat 2 Permenaker:

Upah minimum provinsi tahun 2023 ditetapkan dan diumumkan paling lambat pada tanggal 28 November 2022

Gubernur yang telah menetapkan UMP untuk daerahnya berdasarkan PP Pengupahan diminta untuk merevisi perhitungannya menurut ketentuan baru dalam Permenaker.

Rumus upah minimum terbaru

Cara menghitung UMR 2023 adalah menggunakan formula yang diatur dalam Permenaker No 18/2022, seperti dijelaskan di bawah ini. 

1. Formula UMP

Rumus baru penghitungan UMP adalah:

komponen umr

Baca Juga: Ketentuan Formula Kenaikan Upah Minimum

Inflasi 

Inflasi provinsi yang dihitung dari periode September tahun sebelumnya sampai dengan periode September tahun berjalan (dalam persen). 

PE 

Pertumbuhan ekonomi yang dihitung sebagai berikut: 

  1. bagi provinsi, dihitung dari perubahan pertumbuhan ekonomi provinsi kuartal I, kuartal II, kuartal III tahun berjalan, dan kuartal IV pada tahun sebelumnya terhadap pertumbuhan ekonomi provinsi kuartal I, kuartal II, kuartal III tahun sebelumnya, dan kuartal IV pada 2 tahun sebelumnya; 
  2. bagi kabupaten/kota, pertumbuhan ekonomi yang dihitung dari perubahan pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota kuartal I, kuartal II, kuartal III, dan kuartal IV pada tahun sebelumnya terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota kuartal I, kuartal II, kuartal III, dan kuartal IV pada 2 tahun sebelumnya.

α 

Wujud indeks tertentu yang menggambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,10 sampai dengan 0,30. Penentuan nilai α harus mempertimbangkan produktivitas dan perluasan kesempatan kerja.

Baca Juga: Komponen UMR dalam Penggajian Karyawan

2. Formula UMK

Rumus baru penghitungan UMK adalah:

rumus menghitung umk
komponen ump
cara menghitung umr
komponen umr

Semua data yang dipakai dalam penetapan UMP dan UMK bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Kenaikan upah minimum 2023

Berdasarkan Permenaker, penyesuaian nilai UMR 2023 tidak boleh melebihi 10%. Apabila hasil perhitungan kenaikan upah minimum melebihi 10%, gubernur menetapkan upah minimum dengan penyesuaian paling tinggi 10%.

Untuk daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi bernilai negatif, maka penyesuaian upah minimum hanya mempertimbangkan variable inflasi.

Bagi kabupaten/kota yang belum memiliki upah minimum, maka penetapan UMK harus memenuhi syarat tertentu, yaitu:

  • rata-rata pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota selama 3  tahun terakhir lebih tinggi dari rata-rata pertumbuhan ekonomi provinsi; atau 
  • nilai pertumbuhan ekonomi dikurangi inflasi kabupaten/kota selama 3 tahun terakhir selalu positif, dan lebih tinggi dari nilai provinsi. 

Jika syarat tidak terpenuhi, gubernur tidak dapat menetapkan UMK, sehingga kabupaten/kota yang bersangkutan menggunakan UMP sebagai UMR mereka.

Baca Juga: Aturan Sistem Upah Menurut Depnaker

Komponen UMR

Komponen upah minimum diatur dalam Pasal 3 Permenaker No 18/2022. Berikut kutipannya:

Upah minimum sebagaimana dimaksud Pasal 2 terdiri atas:

a. Upah tanpa tunjangan; atau

b. Upah pokok dan tunjangan tetap

Apabila komponen UMR dihubungkan dengan sistem penggajian karyawan, maka ada 4 kemungkinan yang berlaku di perusahaan, yaitu:

1. Jika perusahaan hanya membayarkan upah tanpa tunjangan, maka:

UMR ≤ Upah tanpa tunjangan

Misalnya nilai UM Rp4.600.000, maka upah terendah di perusahaan paling sedikit Rp4.600.000.

2. Jika perusahaan membayarkan upah pokok dan tunjangan tetap, maka:

UMR ≤ Upah pokok + tunjangan tetap

Misalnya nilai UM Rp4.600.000, maka upah pokok minimal Rp3.450.000 dan tunjangan tetap minimal dari Rp1.150.000. Sebab, komponen upah pokok tidak boleh kurang dari 75% dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap.

3. Jika perusahaan membayarkan upah pokok dan tunjangan tidak tetap, maka:

UMR ≤ Upah pokok

Misalnya nilai UM Rp4.600.000, maka upah pokok terendah tidak boleh kurang dari Rp4.600.000.

4. Jika perusahaan membayarkan upah pokok, tunjangan tetap, dan tunjangan tidak tetap, maka:

UMR ≤ Upah pokok + tunjangan tetap

Upah minimum berlaku untuk karyawan dengan masa kerja kurang dari 1 tahun pada perusahaan yang bersangkutan. 

Namun, untuk karyawan dengan masa kerja kurang dari 1 tahun yang memiliki kualifikasi tertentu dapat diberikan upah lebih besar dari upah minimum. Kualifikasi yang dimaksud adalah pendidikan, kompetensi, atau pengalaman kerja yang menjadi syarat untuk melaksanakan pekerjaan atau jabatan.

Sedangkan upah untuk karyawan dengan masa kerja 1 tahun atau lebih berpedoman pada struktur dan skala upah yang menjadi dasar penetapan gaji pokok perusahaan.

Baca Juga: Cara Menghitung Gaji per Bulan Karyawan

Aplikasi penghitung gaji karyawan secara akurat

Software penggajian berbasis web

Penghasilan karyawan dapat mencakup komponen lain di luar gaji pokok dan tunjangan tetap, misalnya lembur, uang makan, uang hadir, bonus, dan lainnya. Untuk perhitungan penghasilan ini, kamu bisa menggunakan aplikasi gaji karyawan Gadjian yang super efisien.

Payroll online berbasis web ini membantu HR mengalkulasi slip gaji karyawan secara otomatis setiap bulan, di mana perhitungannya meliputi semua komponen, baik  pendapatan maupun potongan. 

Perhitungan komponen UMR yang rumit, seperti lembur, BPJS, dan pajak PPh 21 juga berjalan otomatis. Di samping prosesnya cepat, hasilnya juga akurat, karena kalkulator online Gadjian telah disesuaikan dengan aturan terbaru pemerintah.

Kamu tidak perlu repot membuat slip gaji Excel dengan rumus hitung. Hasil perhitungan gaji di aplikasi Gadjian langsung tersusun menjadi slip gaji online yang dapat diakses karyawan pada tanggal pembayaran gaji.

Perhitungan gaji dengan aplikasi payroll Gadjian dapat menghemat waktu kerja hingga 95%. Selain itu, penggunaan software as a service (SaaS) ini akan menghemat biaya karena tidak membutuhkan kertas, printer, jaringan komputer, serta storage untuk database.

Gadjian juga dapat membantu kamu menyusun struktur dan skala upah perusahaan dengan metode trend dan progressive. Kamu dapat membuat kisaran gaji pokok karyawan dari yang terkecil hingga terbesar untuk setiap golongan jabatan di setiap departemen, dari level terendah hingga level tertinggi.

Fitur ini dapat membuat skala gaji untuk semua grup jabatan, dari mulai staff, manajer, direktur, hingga komisaris. Kamu tinggal menerapkan struktur dan skala upah untuk perusahaan, tanpa perlu menyusun dan menghitungnya manual.

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya