Depan »» Tips HRD »» Konsultasi HRD »» Daftar Lengkap Call Center BPJS Terbaru 2022

Daftar Lengkap Call Center BPJS Terbaru 2022

by
0 comment 5 minutes read
Call Center BPJS

Daftar Lengkap Call Center BPJS Terbaru 2022 – Call center merupakan layanan panggilan terpusat yang disediakan perusahaan untuk menerima pertanyaan dan permintaan informasi sekaligus pengaduan dari pelanggan/konsumen terkait produk dan layanan/jasa.

Selain di perusahaan swasta, call center juga digunakan oleh instansi atau lembaga publik yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat umum, tak terkecuali BPJS, yakni badan negara yang mengelola sistem jaminan sosial di Indonesia. BPJS Kesehatan punya Care Center 165 sedangkan BPJS Ketenagakerjaan menyediakan Call Center 175. 

Call center BPJS melayani pertanyaan dan pengaduan dari peserta jaminan sosial dan juga perusahaan swasta yang mendaftarkan karyawan mereka sebagai peserta penerima upah (PPU). Perusahaan/pemberi kerja merupakan salah satu stake-holder karena mereka yang menghitung dan membayarkan iuran BPJS karyawan.

Call center BPJS Kesehatan

Sebelumnya, BPJS Kesehatan menggunakan dua nomor telepon secara paralel sebagai pusat panggilan, yaitu 1500-400 dan 165. Namun, nomor call center BPJS Kesehatan 1500-400 hanya bisa diakses sampai dengan Desember 2021. 

Sejak itu, BPJS Kesehatan hanya menggunakan nomor call center tiga digit, yakni 165. Dengan alasan agar nomor Care Center 165 lebih mudah diingat. Meski demikian, layanan call center tetap sama.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online

Kamu tetap bisa mengakses call center BPJS Kesehatan 24 jam dan 7 hari seminggu. Misalnya, kamu ingin bertanya cara mengubah status kepesertaan karyawan baru dari BPJS mandiri ke PPU, tekan nomor 165 kapan saja.

Apakah telepon call center BPJS gratis?

Perlu diketahui bahwa panggilan ke call center BPJS Kesehatan di nomor lama 1500-400 maupun nomor baru 165 tidaklah gratis. Kamu akan dikenai tarif lokal jika menggunakan telepon kantor/rumah atau tarif operator jika menggunakan telepon seluler.

call center bpjs
Daftar Lengkap Call Center BPJS 2022 | Gadjian

1. Layanan Care Center 165

Sistem call center telah terhubung dengan kantor cabang BPJS Kesehatan di seluruh Tanah Air. Dengan begitu, apabila ada pengaduan terkait kantor cabang, maka akan ditanggapi lebih cepat sesuai Standard Level Agreement (SLA) waktu penyelesaian pengaduan.

Jenis layanan Care Center meliputi:

  1. VIKA (Voice Interactive JKN), yaitu mesin penjawab interaktif dalam bentuk rekaman suara, yang dapat digunakan untuk pengecekan status kepesertaan maupun tagihan iuran.
  2. Perubahan data kepesertaan, termasuk perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), alamat domisili, email, dan kelas perawatan.
  3. Layanan konsultasi dokter, berupa konsultasi kesehatan dengan dokter umum tanpa dibatasi waktu. Ini tersedia tiap hari pukul 7.00 sampai 20.00.
  4. Layanan pemberian informasi atau penyampaian aduan dan saran yang berhubungan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
  5. dan Layanan badan usaha, yaitu penyediaan informasi bagi badan usaha (BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta) terkait cara pendaftaran badan usaha dan panduan penggunaan aplikasi Elektronik Badan Usaha (e-Dabu). 

Selain nomor di atas, BPJS Kesehatan juga menggunakan layanan multi-kanal berbasis digital. Sehingga peserta JKN punya banyak pilihan untuk menghubungi BPJS Kesehatan.

2. CHIKA (Chat Assistant JKN)

Kamu juga dapat mengakses informasi melalui aplikasi chat dan pesan singkat WhatsApp, Telegram, dan Messenger. Semua pertanyaan dan pengaduan akan ditanggapi oleh CHIKA, asisten virtual berbasis Artificial Intelligence (AI).

CHIKA dapat membantu peserta BPJS dengan menyediakan beragam informasi, seperti status kepesertaan, tagihan iuran, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor cabang, manfaat jaminan kesehatan, prosedur pendaftaran, dan perubahan data peserta.

Kamu dapat berinteraksi dengan CHIKA di aplikasi berikut ini:

a. WhatsApp: 08118750400

b. Telegram: @Chika_BPJSKesehatan_bot

c. Messenger: @BPJSKesehatanRI

3. PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp)

Apabila ingin langsung terhubung dengan kantor cabang BPJS Kesehatan di daerah, kamu bisa menggunakan layanan ini. Nomor WhatsApp kantor cabang dapat diperoleh dengan menghubungi Care Center 165 atau CHIKA.

Layanan PANDAWA  bisa diakses pada hari kerja pukul 8.00 sampai 15.00. Apabila kamu mengirimkan pesan di luar jam tersebut, maka pesanmu akan dibalas pada jam kerja berikutnya.

Jenis pelayanan administrasi PANDAWA antara lain terkait pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga seperti bayi baru lahir, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data, perubahan FKTP, serta pengaktifan dan penonaktifan peserta.

4. Media sosial

Kamu juga dapat menyampaikan pertanyaan maupun pengaduan melalui akun resmi media sosial BPJS Kesehatan. Silakan menulis di kolom komentar atau meninggalkan pesan (direct message) dan admin media sosial BPJS Kesehatan akan segera menanggapi pertanyaan kamu.

Berikut ini akun resmi media sosial BPJS Kesehatan:

a. Instagram: @bpjskesehatan_ri

b. Twitter: @BPJSKesehatanRI

c. Facebook: @BPJSKesehatanRI

Baca Juga: 5 Fitur SIPP BPJS Ketenagakerjaan untuk Pelaporan Data Online

Call center BPJS Ketenagakerjaan

Call center BPJS Ketenagakerjaan tiga digit diberi nama TanyaBPJAMSOSTEK 175. Nomor call center ini merupakan penggantian atas nomor sebelumnya 1500-910.

Layanan masyarakat ini dapat diakses dari pukul 6.00 sampai 22.00. Panggilan ke nomor call center BPJS Ketenagakerjaan 175 tidak gratis, tetapi berlaku tarif lokal untuk telepon kantor/rumah atau tarif operator untuk telepon seluler.

BPJS Ketenagakerjaan menjamin semua panggilan ke 175 akan ditanggapi. Kamu dapat menanyakan semua hal terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan, dari mulai cara pendaftaran, pembayaran iuran, sampai dengan cara klaim manfaat. Selain itu, call center juga menerima pengaduan dari peserta Jamsostek.

1. WhatsApp

Selain call center 175, BP Jamsostek juga menyediakan saluran lain di aplikasi WhatsApp dengan nomor +62-8119115910. Namun call center ini hanya diperuntukkan bagi pekerja migran atau tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang sulit melakukan panggilan ke call center 175.

2. Media sosial

Pertanyaan, keluhan, dan pengaduan ke BP Jamsostek mengenai program jaminan sosial ketenagakerjaan juga dapat disampaikan melalui kolom komentar dan pesan di akun resmi media sosial BPJS Ketenagakerjaan di bawah ini. 

a. Instagram: @bpjs.ketenagakerjaan

b. Twitter: @BPJSTKinfo

c. Facebook: @BPJSTKinfo

Nah, jika kamu punya pertanyaan seputar Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP), kamu bisa kontak call center 175 di atas atau tanya di media sosial.

Untuk perhitungan BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan, kamu bisa menggunakan Gadjian, software payroll terbaik di Indonesia. Gadjian punya kalkulator BPJS yang dapat menghitung otomatis premi JKK, JKM, JHT, JP, dan JKN.

Fitur hitung BPJS Online Gadjian akan menghitung premi Jamsostek sesuai ketentuan pemerintah, yakni:

a. JKK 0,24% – 1,74% gaji (tunjangan perusahaan)

b. JKM 0,3% gaji (tunjangan perusahaan)

c. JHT 5,7% gaji (3,7% tunjangan perusahaan, 2% iuran karyawan)

d. JP 3% gaji (2% tunjangan perusahaan, 1% iuran karyawan)

e. JKN 5% gaji (4% tunjangan perusahaan, 1% iuran karyawan)

Dalam slip gaji online, sistem Gadjian otomatis memisahkan tunjangan BPJS yang dibayarkan perusahaan di kolom pendapatan dan iuran BPJS yang dipotong dari gaji karyawan di kolom potongan. Perhitungan BPJS ini sudah termasuk potongan pajak PPh 21.

Baca Juga: Tutorial Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan dan Cara Menggunakannya

Contohnya seperti di bawah ini:

Slip Gaji PKWT

Selain hitung premi, pelaporan SIPP BPJS Ketenagakerjaan karyawan juga lebih mudah menggunakan aplikasi HRIS Gadjian. Aplikasi ini menyediakan file sesuai format SIPP, sehingga kamu hanya tinggal mengunggah ke SIPP BPJS, tidak perlu repot mengunduh template dan mengisinya secara manual.

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya

No Thoughts on Daftar Lengkap Call Center BPJS Terbaru 2022

Leave A Comment

Smitten Kitchen!

Sign up for delicious receips.
SIGN UP
Close
Ingin dapat
Tips Bisnis & Pengelolaan HRD?
Daftar Newsletter
GABUNG
close-link