Rumus Perhitungan PPh 21 Karyawan Pindah Kerja dan Pindah Tugas

PPh 21 Karyawan Pindah Kerja

Rumus Perhitungan PPh 21 Karyawan Pindah Kerja dan Pindah Tugas – Bagi perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang, mutasi pegawai merupakan hal biasa. Pemindahan karyawan dari satu kota ke kota lain dapat dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan bisnis.

Dalam organisasi yang besar ini, administrasi penggajian karyawan sering dikelola terpisah antara pusat dan cabang, termasuk perhitungan pajak penghasilannya. Meski demikian, pemotong pajaknya tetap perusahaan yang sama.

Mengingat tahun pajak dimulai Januari dan berakhir Desember, perhitungan pajak PPh 21 karyawan agak sedikit rumit bila pindah tugas terjadi di tengah tahun berjalan.

Nah, yang dibutuhkan dalam hal ini adalah bukti pemotongan dari tempat kerja sebelumnya. Bukti potong juga berguna bagi karyawan untuk lapor SPT pindah kerja.

Baca Juga: Rumus Perhitungan PPh 21 Upah Mingguan

Rumus perhitungan 

Dalam perhitungan pajak pindah kerja, pajak yang harus dipotong di tempat kerja baru adalah pajak terutang setahun dikurangi pajak yang telah dipotong di tempat kerja yang lama. 

Misalnya, karyawan yang bekerja di kantor Jakarta dipindahkan ke Bandung per 1 Agustus, maka potongan pajak yang harus dipotong di Bandung adalah pajak terutang setahun dikurangi pajak yang telah dipotong selama 7 bulan (Januari sampai dengan Juli) di Jakarta.

PPh 21 pindah kerja = PPh 21 terutang setahun – PPh 21 dipotong di kantor lama

Contoh perhitungannya dapat dilihat di bawah ini.

PPh 21 karyawan pindah tugas ke kantor cabang

Julia bekerja sebagai staf HRD dengan gaji Rp8.000.000 di Jakarta. Per 1 September, ia dipindahkan ke cabang di Surabaya dengan gaji sama. Status Julia tidak kawin tanpa tanggungan, dan setiap bulan membayar iuran dana pensiun Rp100.000.

Bagaimana perhitungan PPh 21-nya?

1. Perhitungan PPh 21 di Jakarta (Januari – Agustus)

PPh 21 karyawan pindah tugas
PPh 21 karyawan pindah tugas ke kantor cabang | Gadjian

Pada bulan Januari sampai dengan Agustus, gaji Julia dipotong PPh 21 setiap bulan sebesar Rp150.000.

Sedangkan untuk pengisian bukti potong Form 1721 A1 di Jakarta seperti berikut:

Contoh perhitungan PPh 21
Contoh perhitungan PPh 21 pindah tugas | Gadjian

2. Perhitungan PPh 21 di Surabaya (September – Desember)

perhitungan pajak pindah kerja
Perhitungan pajak pindah kerja karyawan | Gadjian

Karena gaji Julia tidak mengalami perubahan di kantor cabang Surabaya, maka potongan PPh 21 setiap bulan tetap sama, yakni sebesar Rp150.000.

Untuk pengisian bukti potong Form 1721 A1 di Surabaya pada bulan Desember seperti berikut:

cara hitung pajak penghasilan
Cara hitung pajak penghasilan pindah kerja | Gadjian

Baca Juga: Contoh Perhitungan PPh 21 WNA atau Pekerja Asing

PPh 21 karyawan pindah perusahaan

Aplikasi Payroll - Hitung Gaji, Hitung BPJS, Hitung PPh 21, Hitung Lembur, Payroll Software Terbaik | Gadjian

Dalam kasus perhitungan pajak karyawan yang pindah kerja ke perusahaan lain, pemotong pajaknya berbeda, sehingga tiap perusahaan menghitung penghasilan karyawan sesuai bulan bekerja di tempat mereka masing-masing.

Berikut ini contohnya:

Bella bekerja di perusahaan A dengan gaji Rp10.000.000. Ia kemudian karyawan resign per 1 Juli dan langsung pindah ke perusahaan B yang memberikan tawaran gaji lebih tinggi, yakni Rp11.000.000. Status Bella adalah tidak kawin tanpa tanggungan.

Bagaimana perhitungan PPh 21-nya?

1. PPh 21 di perusahaan A

PPh 21 karyawan pindah
PPh 21 karyawan pindah perusahaan | Gadjian

2. Pajak Penghasilan PPh 21 di perusahaan B

PPh 21 pindah perusahaan
PPh 21 pindah perusahaan | Gadjian

Dengan perhitungan ini, maka laporan SPT Tahunan karyawan akan kurang bayar, sebab penghasilan neto setahun dihitung atas jumlah penghasilan dari perusahaan lama dan perusahaan baru. Status kurang bayar harus dilunasi sendiri oleh karyawan sebagai wajib pajak.

Berikut ini perhitungannya:

pajak pindah kerja
Perhitungan pajak pindah kerja perusahaan | Gadjian

Baca Juga: Menghitung Tarif Pajak PPh 21 Orang Pribadi dan Keluarga

Cara mudah hitung pajak karyawan pindah tugas dan pindah kerja

Cara hitung pajak penghasilan manual seperti contoh di atas membutuhkan ketelitian dan menghabiskan waktu. Selain harus menguasai rumus hitung Excel, input data juga tidak boleh keliru.

Nah, ada cara praktis hitung PPh 21 yang sangat minim error, yakni dengan menggunakan aplikasi hitung pajak online Gadjian. Software penggajian ini menghitung PPh 21 karyawan secara otomatis dengan kalkulator PPh 21 yang cepat, akurat, dan up to date sesuai aturan pajak terbaru.

Menghitung PPh 21 karyawan pindah tugas dan pindah kerja tidak lagi repot. Kamu hanya perlu memasukkan data gaji karyawan, dan kalkulator pajak akan menghitung potongan PPh 21 setiap bulan. Hasilnya langsung muncul di slip gaji.

Aplikasi payroll Gadjian menyediakan tiga cara hitung PPh 21 yang bisa diatur, yakni metode gross untuk perhitungan pajak ditanggung karyawan, gross up untuk perusahaan yang memberikan tunjangan pajak, dan nett untuk perusahaan yang menanggung pajak karyawan.

Gadjian dapat menghitung PPh 21 semua jenis karyawan, baik karyawan tetap, karyawan tidak tetap, karyawan asing, dan tenaga ahli. Semua jenis penghasilan juga bisa dihitung, dari gaji dan lembur, THR, tunjangan, bonus, gratifikasi, dan bentuk penghasilan lainnya.

Baca Juga: Ketentuan Pajak Natura dalam UU HPP

Aplikasi ini menyediakan bukti potong 1721 A1 untuk karyawan tetap yang dapat diunduh untuk pengisian SPT Tahunan. Sedangkan untuk pelaporan pajak masa, Gadjian juga menyediakan file CSV yang bisa langsung kamu unggah di e-SPT, tidak perlu membuat file sendiri secara manual.

Yuk, daftar berlangganan Gadjian untuk menikmati fitur kelola penggajian otomatis dan hitung pajak dalam satu aplikasi cloud.

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya