Inilah Alasan Mengapa Learning Management System Penting untuk Perusahaan!

Di era digital seperti ini, perusahaan dapat menciptakan dan mengelola modul pembelajaran daring atau e-learning dengan lebih mudah. Terlepas dari jenis industri yang dijalankan, sistem e-learning sangat dibutuhkan. Sederhananya, manfaat learning management system dapat dilihat dari peningkatan produktivitas karyawan serta efektivitas dan efisiensi perusahaan. 

Baca Juga: Apa Kata Para HR Professional tentang Pelatihan SDM Gadjian

Dengan adanya sistem pembelajaran berbasis daring, seluruh karyawan maupun petinggi di perusahaan akan memperoleh kesempatan untuk mendapat pelatihan dan pengetahuan baru. Sistem manajemen e-learning ini nantinya juga akan mencantumkan progress yang telah dicapai para karyawan perusahaan.

Apakah Anda masih ragu menggunakan learning management system untuk perusahaan? Beberapa manfaat berikut layak dijadikan alasan seberapa pentingnya learning management system untuk perusahaan. 

Pembelajaran fleksibel

Learning management system berbasis cloud dapat memungkinkan peserta pelatihan mengakses materi pembelajaran tanpa batas. Entah melalui PC, laptop, tablet, atau bahkan handphone. Selama perangkat tersebut terhubung dengan internet, maka seluruh peserta bisa mengakses materi kapanpun dimanapun.

Dengan begitu, proses belajar pun lebih efektif tanpa harus mengesampingkan tanggung jawab pekerjaan masing-masing.

Mudah mengembangkan materi pelatihan

Biasanya, materi pelatihan perlu mendapatkan perubahan. Karena berbasis digital, penyelenggara pelatihan dapat menghemat waktu dan tenaga. Mereka dapat menyusun, mengedit, dan mendistribusikan materi e-learning dengan cepat dan mudah. Pengembangan materi pun juga dapat dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta.

Biaya pelatihan yang efisien

Jika perusahaan harus menyediakan budget besar untuk sekali pelatihan, sekarang tidak perlu lagi. Pelatihan dapat dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka secara langsung. Ini berarti, Anda tidak perlu menyewa tempat, menyediakan konsumsi, dan transportasi untuk karyawan maupun manajer yang akan mengikuti pelatihan. Manfaat LMS yang satu ini jelas berpengaruh pada kondisi keuangan perusahaan yang lebih baik.

Baca Juga: Aplikasi HRIS Ini Bantu UMKM Tingkatkan Profit

Memudahkan monitoring skill karyawan

Kemajuan belajar karyawan dapat lebih mudah dipantau dengan learning management system. Pengelola kelas online yang telah ditunjuk dapat dengan mudah memantau seberapa sering peserta hadir di kelas yang tersedia. Pengelola juga bisa mengetahui seberapa lama frekuensi dan durasi belajar dari masing-masing peserta. Bahkan, progress belajar juga bisa diketahui karena pengelola LMS dapat melihat skor tes yang didapat oleh peserta pelatihan. 

Menciptakan interaksi sosial antar peserta

Meski setiap peserta pelatihan bisa memilih waktu belajarnya sendiri, mereka tetap memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan peserta lain. Dengan begitu, LMS ini mampu mendukung adanya interaksi sosial antar peserta. 

Dengan informasi yang tersedia, seluruh peserta dapat berdiskusi untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Hal ini baik untuk menciptakan suasana kerja yang lebih dinamis di dalam perusahaan Anda. 

Distribusi materi yang lebih efisien

Manfaat yang satu ini dapat dirasakan, yaitu proses distribusi materi pembelajaran yang lebih mudah. Melalui platform e-learning, Anda bisa mendistribusikan materi, video tutorial, latihan soal, e-book, hingga menyelenggarakan kuis dan ujian secara online

Berbicara mengenai platform e-learning, ada salah satu Learning Management System yang dibuat khusus sebagai sistem manajemen pembelajaran daring, yaitu Moodle. Moodle ini membuat pembelajaran e-learning Anda lebih efektif. 

Baca Juga: Inilah Cara Mengukur Produktivitas Kerja Karyawan

Untuk perusahaan Anda, tidak ada salahnya memakai hosting berbayar untuk kepentingan yang lebih profesional dan performa Moodle yang lebih sempurna. Anda bisa mulai berlangganan di Jagoan Hosting! Kabar baiknya, Jagoan Hosting juga menyediakan server yang otomatis terinstal Moodle. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan instalasi. 

Selain itu, server VPS dari Jagoan Hosting sudah dioptimalkan untuk Moodle. Anda hanya perlu memilih server yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, langganan sekarang juga!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *