Kilas Balik Training HRD Online Gadjian Academy 2022

training hrd online

Salah satu contoh program HRD yang berkaitan dengan usaha mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) perusahaan adalah program pelatihan dan pengembangan karyawan secara berkala.

Gadjian Academy turut serta memberikan kontribusi melalui sejumlah training HRD online yang menghadirkan pembicara berkualitas dari kalangan profesional dan topik yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Sepanjang tahun 2022 lalu, sederet training HRD Gadjian Academy telah digelar. Materi pelatihan HRD ini berfokus pada bagaimana manajemen dan divisi HR mengatasi permasalahan yang kerap ditemui saat mengelola karyawan.

Berikut kaleidoskop pelatihan dan seminar HRD Gadjian Academy Tahun 2022 : 

Seminar HR Semester Pertama 2022

1. Merencanakan Anggaran dan Manpower Planning di 2022

Pada bulan Januari, Gadjian Academy mengadakan seminar online menghadirkan Henry Wijaya (HR Director & Founding Team Lumin) dan Edhy Surbakty (Managing Director Bahasabisnis.id & EduVenture) untuk memberikan tips perencanaan tenaga kerja dan pengelolaan anggarannya, khususnya di masa pandemi yang bergejolak. 

Baca Juga: Kaleidoskop Seminar HR Gadjian Academy Tahun 2021

2. Chartered People Officer (CPO) Bootcamp

training hrd online

Program CPO merupakan kolaborasi antara Gadjian Academy dengan konsultan bisnis dan HR ternama, Pungki Purnadi. Bootcamp ini membantu meningkatkan kompetensi business owner, HR pemula, hingga HR generalist melalui 12 sesi sertifikasi paket komplit seputar business acumen dan pengelolaan karyawan.

3. CPO – Setting HR Policy

Memasuki bulan Februari, Gadjian Academy berkolaborasi dengan Pungki Purnadi Academy (PPA) membuka kelas satuan program CPO tentang penyusunan perjanjian kerja sama bersama dan kontrak kerja. Narasumber yang dihadirkan langsung dari Pungki Purnadi sendiri. Tujuan seminar HR ini adalah membantu HR menyelaraskan kebijakan dan proses administrasi dengan kebijakan pemerintah.

4. CPO – Designing Organization

Kelas CPO sesi 2 dilanjutkan dengan topik pentingnya struktur organisasi. Pada sesi ini, training HRD online Gadjian Academy membantu perusahaan untuk memahami struktur organisasi yang memperjelas alur pekerjaan, alur komunikasi serta mengenal batasan-batasan antar jabatan agar tidak terjadi overlapping position.

5. Merencanakan Cash Flow & THR dengan Invoice Financing

Kondisi perekonomian belum bisa bernapas lega usai melewati pandemi COVID-19. Webinar Gadjian Academy x Payuung ini membagikan ilmu terkait merencanakan cashflow dan THR dengan invoice financing sehingga bisnis bisa berjalan lancar dan perusahaan siap secara cashflow untuk membayar THR karyawan. Narasumber webinar ini adalah Danang Kusuma, VP Strategic Partnerships dari Investree.

6. CPO – Recruitment Planning & Process

Training HRD online

Gadjian Academy x PPA membuka kelas satuan program CPO sesi kelima dengan bahasan seputar bagaimana merencanakan rekrutmen dan proses yang harus ada dalam merekrut karyawan. Kelas ini membantu organisasi mencapai target-target yang telah ditentukan untuk mencari kandidat yang tepat dengan narasumber dari konsultan HR dan bisnis ternama, Pungki Purnadi.

7. CPO – Hybrid and Remote Working

Training HRD online ini menghadirkan narasumber dari Co-Founder & CEO Gadjian, Hadirr dan Payuung, Afia Fitriati, untuk berbagi ilmu bagaimana strategi yang tepat mengelola SDM dengan metode kerja jarak jauh maupun jarak dekat-jauh secara bergantian agar produktivitas karyawan maksimal dan target-target organisasi dapat tercapai.

8. CPO – Digitalization in HR Administration

Bersama Afia Fitriati (Co-Founder & CEO Gadjian, Hadirr dan Payuung), Gadjian Academy dan PPA kembali membuka kelas satuan tentang digitalisasi dalam mengelola administrasi SDM di organisasi agar praktisi HR bekerja lebih produktif dan efisien. Kelas ini diadakan pada akhir Februari.

9. CPO – Performance Management (OKR)

pelatihan hr

Mengawali Maret, Gadjian Academy x PPA mengadakan kelas online seputar penyusunan OKR untuk karyawan. Kelas ini menghadirkan Afia Fitriati, Co-Founder & CEO Gadjian, Hadirr dan Payuung, untuk mengajarkan bagaimana mengukur kinerja karyawan berdasarkan pencapaian target OKR yang telah disusun.

Baca Juga: Cara Menyusun OKR Seperti Google

10. CPO – Structuring Salary Policies

Sesi program CPO kolaborasi Gadjian Academy x PPA ini mengundang Else Fernanda, Co-Founder & Director Gadjian, Hadirr dan Payuung, untuk memperkenalkan konsep dasar dan prinsip-prinsip penyusunan struktur dan skala upah yang efektif dan efisien sesuai Permenaker No.1/2017 & PP No.35/2021.

11. CPO – Basic of Employee Benefit

Mempertahankan karyawan perusahaan dan mendukung produktivitas mereka merupakan hal yang ingin organisasi dan divisi HR capai. Bersama dengan Else Fernanda (Co-Founder & Director Gadjian, Hadirr dan Payuung). Gadjian Academy x PPA berbagi ilmu seputar konsep Total Rewards dan strategi penyusunan benefit karyawan.

12. CPO – Basic of Coaching

Sesi kelas bersama Pungki Purnadi (Konsultan HR dan Bisnis) ini memberikan teknik coaching dan bekal dasar yang tepat bagi praktisi HR. Tujuannya melakukan pembinaan kepada karyawan yang bermasalah dan mendorong kinerja karyawan. 

13. Dukungan Finansial untuk Karyawan & Perusahaan

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan dan lebaran, Gadjian Academy bekerja sama dengan Payuung mengadakan event online seputar pengelolaan kas yang sehat dan tepat agar perusahaan siap untuk melakukan pengelolaan THR. Webinar ini mengundang Muhammad Chaidir (Account Officer Payuung) dan Edhy Surbakty (Founder bahasbisnis.id & Pesona Desa Nusantara) sebagai narasumber.

Seminar HR Semester Kedua 2022

1. Chartered People Officer Bootcamp (Batch 2)

training hrd online

Gadjian Academy bersama Pungki Purnadi Academy kembali menyelenggarakan CPO Bootcamp Batch 2 untuk membantu rekan-rekan praktisi bisnis dan HR dalam meningkatkan kompetensi mereka. Pada batch 2 ini, Gadjian juga membuka kesempatan bagi rekan-rekan penyandang difabel. Selain itu, juga ditujukan untuk UMKM daerah terpencil untuk mengikuti program CPO tanpa biaya (kuota terbatas). 

2. Recruiting & Retaining Millennials & Gen-Z in Recession Times

Sehubungan dengan ancaman resesi, Payuung bersama Gadjian Academy mengadakan webinar membahas bagaimana strategi terbaik dalam merekrut dan mempertahankan talenta terbaik. Khususnya untuk Milenial & Gen Z yang akan menjadi angkatan kerja aktif ke depannya. Webinar ini menghadirkan Eduard Soplanit (Sr. Manager PT Marsh Indonesia) dan Yonando Saputra (Product Development at tanamduit).

3. How to Design Employee Benefit for Gen X, Millennials & Gen Z

Sesi workshop dari Payuung Clinic ini difasilitatori oleh Afia Fitriati selaku Co-Founder dan CEO Payuung untuk membahas bagaimana merancang employee benefit karyawan dari multi generasi sebagai usaha menarik dan mempertahankan talenta – talenta terbaik perusahaan.

4. Cerdas Kelola Cash Flow di Masa Resesi

Ancaman dampak resesi bagi pelaku usaha yaitu terhambatnya cash flow yang menyebabkan bisnis tidak berkembang, bahkan gulung tikar. Gadjian Academy x Payuung mengundang Else Fernanda (Direktur & Co-Founder Gadjian, Hadirr & Payuung) dan Ferina Rosiana (Financial Partnership Executive Payuung) untuk berbagi ilmu cara mengelola cash flow perusahaan yang efektif di masa resesi.

Baca Juga: 9 Langkah Memperbaiki Cash Flow Perusahaan di Masa Resesi

5. Payuung Clinic powered by Gadjian Academy (Praktek September)

Pada bulan September, Payuung Clinic menyelenggarakan dua sesi bagi para pemilik serta HR perusahaan untuk berkonsultasi masalah HR dan bisnis dengan para ahli di bidangnya . Terdapat dua tema, yaitu Cara Menyusun Employee Retention melalui Dukungan Finansial dan Langkah-Langkah Memperbaiki Cash Flow Perusahaan.

6. Sukses Mendesain KPI & Reward

training hrd gadjian academy

Pada bulan Oktober, Gadjian Academy x Payuung menyelenggarakan sesi workshop offline di Hotel Neo Semarang. Topik yang diangkat yaitu cara mendesain KPI HRD dan reward yang efektif untuk mendorong produktivitas kerja karyawan. Pembicaranya adalah Direktur & Co-Founder Gadjian, Hadirr, dan Payuung Else Fernanda dan Kepala Bagian HR & GA PT Nusantara Building Industri Nur Hidayah.

7. Payuung Clinic powered by Gadjian Academy (Praktek Oktober)

Payuung Clinic kembali membuka jadwal praktek pada bulan Oktober. Terdapat empat tema, di antaranya cara merancang insentif & reward agar karyawan produktif, cara menyusun strategi employee retention melalui dukungan finansial, memilih & merancang employee benefits untuk retensi karyawan, serta langkah-langkah memperbaiki cash flow perusahaan.

8. MASTERCLASS : Kupas Tuntas PPh 21 Tahun 2022

Gadjian Academy Masterclass mengundang Indra Wandi, Head of Customer Success Fast8 Group untuk membahas terkait PPh 21 seperti cara hitung dan informasi terkait aturan PPh 21 yang berlaku di tahun 2022 mengacu pada UU HPP (UU No.7 Tahun 2021).

9. Gen Z Naik Haji: Cara Merencanakan Anggaran Haji Bagi Calon Haji Muda

Gadjian Academy senantiasa menghadirkan webinar dengan tema yang fresh. Bekerja sama dengan Payuung dan Al Ijarah Finance Indonesia, Else Fernanda (Direktur & Co-Founder Gadjian, Hadirr & Payuung) dan Yoelhaindry Bardha (Network & Marketing Division Head PT. Al Ijarah Indonesia Finance) mengupas tuntas bagaimana merencanakan anggaran haji bagi calon haji muda.

10. Payuung Clinic powered by Gadjian Academy (Praktek November)

Payuung Clinic dan lima konsultan di bidang HR dan bisnis milik Gadjian, Hadirr dan Payuung membuka dua tema praktek pada bulan November untuk menerima konsultasi terkait cara membuat program benefit ramah anggaran dan dasar – dasar financial planning untuk karyawan.

11. Meningkatkan Disiplin Tim Sales (Sales Discipline)

seminar sales

Dalam rangka meningkatkan disiplin tim sales, Gadjian Academy berbagi informasi seputar bagaimana membangun disiplin dan memantau kinerja tim sales melalui manajemen pipeline. Webinar gratis ini menghadirkan narasumber terbaik di bidangnya, yaitu Konsultan dan Praktisi HR & Bisnis Profesional Linda S Wirawan dan Asst Business Development Manager of FAST-8 Group Risa Ineke Ayudia.

Baca Juga: Pentingkah Sales Forecasting untuk Prediksi Penjualan?

12. Travel Hacks: Liburan Maksimal dengan Budget Minimal

Menjelang penghujung tahun dimana menjadi waktu yang dinantikan masyarakat yang ingin berlibur, Gadjian Academy bersama Payuung bekerja sama dengan Main Outdoor untuk berbagi ilmu bagaimana merencanakan liburan maksimal dengan budget minimal. Webinar ini difasilitatori oleh Founder Main Outdoor Nur Wahyu Widayatno dan Experienced Traveler Rangga Zainal.

13. Resolusi 2023: Mempersiapkan Anggaran Haji

Webinar Gadjian Academy x Payuung ini membantu pesertanya dalam merencanakan anggaran di 2023 agar ibadah haji dapat segera terpenuhi. Event ini kembali menggandeng Al Ijarah Finance Indonesia dengan menghadirkan Ferina Rosiana (Certified Financial Planner) dan Yoelhaindry Bardha (Network & Marketing Division Head PT. Al Ijarah Indonesia Finance).

14. Economic & Business Outlook 2023: Gelap atau Terang bagi Pelaku Bisnis UKM?

Gadjian Academy bersama Akhmad Bayhaqi, PhD. (Former Consultant (Economist) of The World Bank & Senior Analyst of APEC Secretariat), Permata Wulandari, PhD. (Ekonom dan Dosen Universitas Indonesia), dan Jowan Kosasih (CEO & Co-Founder of SimpliDOTS) mengupas tuntas penyebab dan dampak isu resesi global terhadap Indonesia dan persiapan apa yang mesti dilakukan para pelaku bisnis.

Ikuti Training HRD Online Gadjian Academy Secara Gratis

Berbagai pelatihan SDM dan training HRD online yang diadakan Gadjian Academy cocok sekali untuk meningkatkan performa HR dalam mengelola karyawan. Apabila Anda merupakan pengguna aplikasi Gadjian, Hadirr, dan Payuung, Anda berkesempatan untuk mengikuti training online seputar HR dan finance Gadjian Academy secara gratis.

Gadjian merupakan aplikasi penggajian yang menawarkan fitur-fitur yang mampu menghitung dan mendistribusikan gaji secara online, menghitung komponen penunjang gaji, menghitung PPh 21 dan 26 karyawan, hingga mengelola rekrutmen karyawan.

Coba Gadjian Sekarang

Hadirr berfokus pada pengelolaan kehadiran dan produktivitas karyawan. Fitur Hadirr membantu pencatatan kehadiran digital, pembuatan timesheet online, mengatur jadwal shift kerja dan mengelola reimbursement online.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Sementara itu, Payuung adalah platform benefit karyawan untuk mengoptimalkan desain kompensasi bagi karyawan.

Ketiga aplikasi HRIS ini membantu HR perusahaan mewujudkan pengelolaan karyawan yang lebih mudah, praktis dan otomatis.

daftar persentasi payuung

Baca Juga Artikel Lainnya