Depan » Tips HRD » 7 Rekomendasi Aplikasi HRD Terbaik

7 Rekomendasi Aplikasi HRD Terbaik

Menemukan aplikasi HRD terbaik bisa jadi proses yang sedikit rumit. Kamu perlu memilih aplikasi secara cermat dengan mempertimbangkan fitur yang ditawarkan. Tujuannya, tentu saja agar pekerjaanmu lebih mudah dan hemat waktu. 

Fitur-fitur dalam Software HR yang Paling Dibutuhkan

Aplikasi atau software dengan fitur yang serba ada tentu lebih disukai perusahaan. Contohnya, aplikasi yang memungkinkan finance menghitung gaji karyawan sekaligus pajak PPh 21 dan tunjangannya akan lebih praktis dibanding harus meng-install beberapa software yang berbeda.

Nah, fitur-fitur apa saja yang harus ada dalam software HR? Berikut ulasannya.

1. Fitur struktur dan skala upah

Menyusun pedoman pengupahan berupa struktur dan skala upah wajib dilakukan oleh setiap perusahaan. Adapun informasi yang harus dimuat adalah kisaran upah untuk jabatan terendah hingga tertinggi. Tugas ini bisa saja dikerjakan dengan Excel menggunakan beberapa metode. Namun, akan lebih praktis jika aplikasi yang kamu install mampu membuatnya secara otomatis. 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Software HRIS Terbaik dan Berkualitas

2. Fitur hitung gaji otomatis

Penghitungan gaji haruslah akurat. Oleh karena itu, adanya fitur hitung gaji otomatis akan membantumu menekan kesalahan hitung akibat human error. Fitur ini akan menghitung segala bentuk kompensasi yang diterima karyawan. Misalnya, gaji, bonus, THR, komisi, upah lembur, dan tunjangan lainnya. 

3. Fitur hitung PPh 21 otomatis

Aplikasi HRD Terbaik

Salah satu kewajiban HR adalah memahami peraturan pajak penghasilan dan cara menghitung wajib pajak orang pribadi. Itulah mengapa fitur PPh 21 otomatis harus ada dalam aplikasi HRD online

Fitur tersebut memungkinkan kamu menghitung PPh 21 semua jenis karyawan dengan metode gross, gross up, dan nett sesuai peraturan perpajakan terbaru. 

4. Fitur kelola dan penjadwalan shift kerja

Fitur penjadwalan dan distribusi shift kerja sangat dibutuhkan perusahaan yang menerapkan sistem kerja bergiliran. Contohnya, bisnis dengan jenis usaha yang beroperasi 24 jam. Tugas ini tentu akan lebih mudah apabila bisa dilakukan secara otomatis dengan fitur kelola shift kerja. Jadi, kamu tak perlu lagi membuat jadwal kerja shift mingguan atau bulanan secara manual di Excel. 

5. Fitur cuti online

Proses cuti seringkali membutuhkan waktu lama. Namun, dengan fitur cuti online proses tersebut jadi lebih cepat dan praktis. Karyawan tak perlu mengajukan cuti melalui form kertas, dan HR tak perlu menguras waktu untuk menyetujuinya jika ada fitur ini di aplikasi. Dengan fitur cuti online, pencatatan data cuti juga terekam otomatis secara real-time. Jika cuti disetujui, fitur akan langsung memotong hak cuti tahunan karyawan sesuai peraturan Depnaker

6. Fitur BPJS online

Fitur yang tak kalah penting ada di aplikasi adalah fitur hitung BPJS Online. Sebab, perusahaan harus menyetor iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan setiap bulan sesuai ketentuan pemerintah.

Kalkulator BPJS pada fitur BPJS online membantu perhitungan premi Jaminan Kesehatan, Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian. Nominal premi yang ditanggung perusahaan dan karyawan akan otomatis tertulis di slip gaji.

Rekomendasi Aplikasi HRD Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui kriteria fitur yang dibutuhkan HRD, ketahui apa saja aplikasi HRD online terpopuler di Indonesia berikut ini.

1. Aplikasi SaaS Gadjian

aplikasi hris gadjian

Jika mencari satu aplikasi yang menyediakan fitur lengkap, Gadjian adalah solusi tepat. Gadjian merupakan software HR yang memiliki beragam fitur untuk menyelesaikan segala jenis tugas administrasi karyawan. Mulai dari fitur hitung gaji otomatis, kelola shift kerja, hingga fitur struktur dan skala upah. 

Fitur unggulan lainnya yang akan kamu dapatkan saat menggunakan Gadjian, yaitu:

Aplikasi HRD terbaik dari Fast-8 Group ini juga terintegrasi dengan aplikasi absensi online Hadirr, yang semakin memudahkan kamu mengelola absensi karyawan. Kamu bisa mencoba Gadjian dengan biaya berlangganan yang fleksibel sesuai jumlah karyawan di perusahaanmu. 

2. gtHR

Aplikasi gtHR dirancang untuk menjadi HRIS yang membantu manajemen sumber daya manusia lebih simpel. Secara ringkas, gtHR memproses rekrutmen karyawan secara online, mengelola data karyawan, payroll, sampai dengan pencatatan proses mutasi. Software HR ini memiliki beberapa fitur utama, antara lain:

  • Door Access Attendance System
  • Dashboard untuk memantau laju produktivitas karyawan dalam bentuk tabel dan grafik
  • Data kepegawaian
  • CMS (Content Management System) untuk menambahkan konten
  • Payroll
  • Laporan informasi jumlah kehadiran hingga lembur karyawan

Baca Juga: 5 Keunggulan Teknologi SaaS bagi Perusahaan dan Contohnya

3. Zoho Recruit

Diklaim sebagai software HR all-in-one, Zoho Recruit menangani proses rekrutmen, mulai dari daftar permintaan pekerjaan, menjadwalkan interview, hingga menemukan kandidat. 

Selain menjadi aplikasi HRD berbasis web gratis, Zoho Recruit memiliki sistem pelacakan pelamar (ATS) dan CRM perekrutan. Adapun fitur yang tersedia terbagi berdasarkan kebutuhan perusahaan, yaitu:

  • Agensi Kepegawaian untuk proses perekrutan karyawan
  • SDM Perusahaan, yang memungkinkan halaman karier custom dan referensi karyawan.
  • Tenaga Kerja Sementara, yang memungkinkan karyawan temporer menerima/menolak pekerjaan baru.

4. BambooHR

BambooHR merupakan salah satu software rekrutmen dan manajemen kinerja terpopuler. Software ini berfokus membantu bisnis skala kecil hingga menengah untuk menyelesaikan proses rekrutmen. 

Tak hanya itu, BambooHR juga menyediakan template offering letter pada sistem pelacakan pelamar. Surat ini nantinya bisa disesuaikan, tapi juga tersedia sistem surat otomatis dan dilengkapi fitur pre-boarding dan onboarding.

BambooHR juga memiliki beberapa fitur andalan, seperti: 

  • Database karyawan terpusat
  • Sistem tracking proses rekrutmen
  • Performance management

5. Manatal

Manatal adalah aplikasi HRD online berbasis cloud untuk HR dan agen perekrutan. Platformnya memadukan alat inti Applicant Tracking System (ATS) dan dukungan artificial intelligence (AI). 

Manatal bahkan menyediakan beberapa fitur unik yang untuk mendapatkan kandidat yang tepat, seperti tracking profil kandidat di LinkedIn serta media sosial lain, rekomendasi kandidat, dan penilaian (scoring).

6. JazzHR

Aplikasi HRD online selanjutnya adalah JazzHR, sistem pelacakan pelamar yang sekaligus menjadi software pendukung proses rekrutmen. JazzHR juga membuat proses mengelola daftar kandidat jadi lebih praktis.

Fitur-fitur lain yang ada di JazzHR, antara lain:

  • Pelacakan kandidat
  • Menjadwalkan interview
  • Permintaan pekerjaan
  • Penyaringan background pelamar
  • Penguraian resume
  • Pelacakan interaksi 

7. Lever

Software Lever mengombinasikan sistem ATS yang kuat dan fungsi CRM (Candidate Relationship Management) untuk menemukan dan merekrut karyawan baru secara lebih efisien.

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan

Lever memberikan solusi melalui dua versi paket berlangganan, yaitu LeverTRM (Talent Relationship Management) dan LeverTRM for Enterprise. Selain itu, ditawarkan  juga beberapa fitur tambahan (add-on), seperti Advanced Automation, Advanced HR, Advanced Nurture, dan Advanced Analytics.

Gadjian, Aplikasi Terbaik untuk Karyawan dan HRD 

Selain menyediakan solusi untuk HRD, Gadjian juga memiliki aplikasi GadjianKu untuk karyawan. Aplikasi ini merupakan layanan employee self-service (ESS) yang ada untuk melengkapi aplikasi HR dan penggajian Gadjian.

Nantinya jika kamu sudah berlangganan Gadjian, karyawan di perusahaanmu cukup mengunduh GadjianKu untuk melakukan beragam keperluan administratif.

Coba Gadjian Sekarang
Novrisa Wahyu W.
Content Writer at Gadjian

Share

No Thoughts on 7 Rekomendasi Aplikasi HRD Terbaik

Leave A Comment