Pertanyaan Seputar Cara Pakai Aplikasi Absen Hadirr Saat WFH

Sejak pemerintah memberlakukan kebijakan PPKM darurat, banyak perusahaan yang harus beradaptasi lagi cara kerjanya agar roda operasional perusahaan dapat terus berputar. Kami telah menerima berbagai pertanyaan seputar penerapan aplikasi absen Hadirr untuk Work From Home (WFH) selama PPKM diberlakukan.

Baca Juga: 5 Jenis Aplikasi Penting untuk Work From Home (WFH)

Berikut ini kami merangkum beberapa pertanyaan dari rekan-rekan pelaku bisnis maupun praktisi HR :

Cara Mencatat Presensi Karyawan WFH

Saat masa PPKM darurat ini, saya ingin mengatur persentase karyawan yang WFH dan WFO. Untuk karyawan WFH, tetap saya minta melakukan presensi melalui aplikasi absen Hadirr. Bagaimana cara setting aplikasi agar bisa mendeteksi lokasi karyawan yang sedang #bekerjadirumah?

Aplikasi absensi Hadirr memungkinkan para HRD atau perusahaan mengatur attendance spot, yaitu lokasi-lokasi di mana karyawan diperbolehkan untuk mencatatkan presensinya. Bagi karyawan WFH, Anda dapat menambahkan attendance spot baru berupa alamat-alamat rumah karyawan dan memasangkan attendance spot tersebut ke smartphone karyawan WFH. Oleh sebab itu, karyawan dapat mencatatkan presensi kerjanya di lokasi yang telah ditentukan.

Sebelumnya perusahaan kami menggunakan fitur shareloc melalui WhatsApp. Kami ingin menambahkan lokasi yang telah dibagikan karyawan. Apakah saya bisa menambahkan lokasi presensi ini untuk karyawan WFH atau melakukan client visit?

Ya, bisa. Anda cukup membuka lokasi yang telah dikirim karyawan melalui WhatsApp di komputer untuk melihat koordinat lokasi. Titik koordinat inilah yang dapat Anda tambahkan ke attendance spot aplikasi Hadirr sebagai presensi karyawan di luar kantor (WFH/client visit).

Gambar 1: Copy titik koordinat di Google Maps

aplikasi absen hadirr

Gambar 2: Buka akun Hadirr, pilih menu Attendance Spots > Add Spot dan masukkan informasi Latitude dan Longitude dari Google Maps, lalu pilih simpan.

aplikasi absensi gps

Cara Memberi dan Memantau Tugas ke Karyawan Work From Home

Bagaimana cara mendelegasikan tugas ke karyawan WFH agar pekerjaan tetap termonitor?

Fitur Timesheet Hadirr menyediakan menu untuk membuat to-do-list karyawan serta memantau dan merekam berapa lama karyawan tersebut menyelesaikan satu tugas ke tugas yang lain. Admin pun juga dapat membuatkan to-do-list untuk karyawan dan meninjaunya dari dashboard admin.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi atasan karena mudah mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan, mengawasi terlaksananya pekerjaan, serta menjaga inisiatif karyawan agar selalu produktif selama WFH seperti sekarang. Misal :

  • Project Manager bisa memonitor kemajuan suatu proyek setiap hari agar proyek tersebut selesai tepat waktu.
  • Divisi Sales dapat menginputkan daftar hal-hal yang harus disampaikan ke klien pada saat kunjungan klien. Lebih ideal lagi jika fitur ini digunakan bersamaan dengan fitur Client Visit.

Cara penggunaannya, silakan klik menu Timesheet > Timesheet List > pilih tanggal yang diinginkan dan klik Add Timesheet, seperti ini:

fitur timesheet karyawan

Adanya PPKM darurat mengharuskan perusahaan menerapkan WFH. Tim marketing yang biasanya bertemu secara langsung dengan klien sekarang hanya bisa melalui telepon ataupun video call. Saya ingin bukti telepon ataupun video call tersebut di screenshot oleh karyawan dan dilampirkan di Hadirr supaya bisa dipantau aktivitasnya bersama customer kami. Apakah bisa?

Tentu bisa dilakukan, untuk fitur Visit In dan Visit Out karyawan bisa melampirkan gambar dari galeri secara manual, seperti yang tertera di bawah ini:

aplikasi memantau sales

Karyawan cukup memasukan hasil screenshot telepon ataupun video call dengan customer dengan klik Manual. Lalu ketik tanggal dan jam yang sesuai ketika karyawan melakukan telepon.

Deteksi fake GPS untuk memastikan karyawan benar-benar WFH

Apakah bisa aplikasi absen Hadirr mendeteksi fake GPS yang dipasang karyawan?

Betul sekali, Hadirr yang juga dikenal sebagai aplikasi work from home sangat bisa mendeteksi apabila ada karyawan yang mengaktifkan fake GPS. Sehingga karyawan yang bersangkutan tidak akan dapat melakukan pencatatan kehadiran sampai fake GPS dinonaktifkan.

aplikasi wfh

Baca Juga: Ini Aplikasi Absensi Selfie Terbaik untuk Karyawan WFH

Dalam menjaga kedisiplinan dan produktivitas kerja karyawan merupakan panduan utama dalam WFH. Work from Home di tengah pandemi yang awalnya hampir tidak mungkin, kini menjadi sangat mungkin dan lebih praktis serta efisien dengan adanya aplikasi absensi online Hadirr.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *