Tips Jaga Kekompakan Karyawan Selama Work From Home (WFH)

Pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa bulan ini memaksa tak hanya masyarakat Indonesia namun seluruh dunia untuk berdiam di rumah dan membatasi aktivitas sosial, hingga urusan pekerjaan. Dengan diberlakukannya work from home (WFH) tentu suasana kerja akan menjadi berbeda.

Situasi saat ini, pastinya membuat tim Anda tidak dapat bersosialisasi di ruangan yang sama secara bersama-sama. Tidak dapat dipungkiri, bahwa setiap tim membutuhkan interaksi yang dapat membantu memperkuat hubungan dan membangun kepercayaan antar karyawan. Anda pun pasti ingin semua karyawan Anda menjadi lebih dari sekedar rekan kerja serta saling mendukung secara positif.

Untuk itu Anda harus tetap menjaga kekompakan tim selama di situasi krisis saat ini. Hal ini bertujuan dalam menambah semangat rekan sesama tim atau para karyawan selama melaksanakan aktivitas WFH, salah satunya dengan cara virtual team building. Kegiatan virtual team building pun tidak harus dilakukan dengan cara sulit atau mahal. Beberapa tips di bawah ini dapat Anda lakukan dengan cara menyenangkan, antara lain:

Bermain permainan online team building

Virtual Team Building saat Work From Home (WFH) _ Bermain permainan online team building

Di saat situasi pandemi COVID-19online meeting pastinya menjadi rutinitas sehari-hari dan semakin lama akan menimbulkan kejenuhan bagi karyawan. Untuk itu Anda perlu menjadwalkan sharing session bersama karyawan melalui konferensi online.

Selain sharing session, dapat dilakukan juga sesi interaktif seperti permainan online antar karyawan dengan bantuan platform yang dapat digunakan seperti Quizizz dan Kahoot!. Permainan ini dapat dijadikan sebagai kegiatan virtual team building.

Workouts bersama tim

Virtual Team Building saat Work From Home (WFH) | Workout bersama tim

Salah satu tantangan WFH adalah kecenderungan karyawan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar laptop maupun komputer dan seringkali melupakan waktu kerja. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan otot leher menjadi tegang, sehingga berujung dengan produktivitas yang menurun.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjadwalkan waktu untuk melakukan home workouts bersama tim sebagai bagian dari kegiatan virtual team building. Anda dapat melakukannya dengan menunjuk salah satu karyawan untuk memperagakan gerakan workouts yang nantinya akan diikuti oleh karyawan lainnya.

Baca Juga: Kendala dalam Melaksanakan Work From Home (WFH)

Mengadakan kelas online

Virtual Team Building saat Work From Home (WFH) _ Mengadakan kelas online

Adanya WFH membuat interaksi antar karyawan menjadi kurang dan terbatas. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membuat kelas online yang membahas berbagai topik. Topik bahasan dapat diajukan oleh karyawan, sehingga tidak hanya menambah wawasan, namun  interaksi antar karyawan pun dapat terbangun secara efektif.

Baca Juga: Solusi Pembayaran THR Karyawan 2020 (Infografis)

Dengan adanya virtual team building, diharapkan hubungan dan komunikasi antar karyawan tetap terjaga. Selain itu, tidak hanya team building saja yang perlu dilakukan oleh perusahaan saat pandemi virus corona saat ini. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah bagaimana perusahaan dapat memantau kinerja karyawan selama WFH, salah satunya dengan menggunakan aplikasi absensi Hadirr.

Pencatatan kehadiran menjadi lebih mudah hanya dengan melakukan selfie pada smartphone. Validasi dilakukan dengan face recognition dan GPS akan mengenali wajah dan lokasi presensi. Karyawan pun mampu mengecek kehadiran saat WFH melalui smartphone. Work from home yang awalnya membosankan akan lebih menyenangkan dan lebih praktis dengan adanya aplikasi absensi Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Diyan Faranayli

Share