Software Gratis untuk Bekerja dari Rumah (Work From Home atau WFH)

Sejumlah wilayah di Indonesia mulai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran wabah COVID-19. DKI Jakarta merupakan provinsi pertama yang menerapkan aturan ini sejak 10 April 2020 setelah mendapat izin dari Kementerian Kesehatan. Provinsi lain yang juga menerapkan PSBB adalah Jawa Barat (Kota Depok, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi), Banten (Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang), Riau (Pekanbaru), dan Sulawesi Selatan (Makassar).

Ada enam jenis aturan pembatasan interaksi antar-manusia secara langsung, salah satunya adalah di lingkungan kerja, di mana pemerintah mewajibkan kantor-kantor pemerintahan serta pemilik/pemimpin perusahaan meliburkan pegawai/karyawan dan menggantinya dengan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Aturan tersebut disertai pemberian sanksi bagi perusahaan yang melanggar.

Di Jakarta misalnya, Gubernur Anies Baswedan mengancam akan mengambil tindakan tegas terhadap perusahaan yang enggan mematuhi PSBB, salah satunya mengevaluasi izin usaha. Nah, jika perusahaan Anda beroperasi di wilayah yang menerapkan PSBB, maka sebaiknya mematuhi instruksi pemerintah daerah dengan menerapkan WFH. Meski terdengar merepotkan dibanding kerja di kantor, kenyataannya tidak selalu demikian.

Bekerja dari rumah bisa lebih produktif jika dilakukan secara tepat, sebab karyawan tak perlu menghabiskan waktu di kemacetan jalan dan tak perlu pusing dengan aturan kantor yang sifatnya formal. Karyawan dapat bekerja sesuai gaya mereka sendiri, misalnya memilih pakaian dan suasana yang paling nyaman di rumah.

Meski demikian, WFH membutuhkan infrastruktur teknologi digital untuk menjangkau seluruh karyawan yang bekerja di lokasi terpisah. Selain perangkat dan koneksi internet, perusahaan juga membutuhkan software untuk membuat semua karyawan tetap terhubung.

Saat ini cukup banyak software WFH yang dapat digunakan tanpa berbayar. Ada yang tersedia cuma-cuma dengan fitur terbatas dan ada layanan coba gratis untuk beberapa minggu atau bulan selama pandemi coronavirus. Berikut beberapa di antaranya:

Software Gratis untuk Komunikasi Kantor
  1. Zoom: Aplikasi video conference gratis dengan versi basic untuk rapat online perusahaan.
  2. RingCentral: Akses gratis video conference untuk para pendidik (guru), penyedia layanan kesehatan, dan organisasi non-profit.
  3. Google Hangouts: Video conference versi premium gratis hingga Juli 2020.
  4. Slack: Tersedia versi gratis dan berbayar untuk mendukung kerja kolaborasi secara remote.
  5. LogMeIn: Menyediakan lisensi gratis video conference GoToMeeting untuk layanan kesehatan, pendidikan, dan organisasi non-profit.
  6. Intermedia: Video conference gratis selama 2020.
  7. Vidyard: Video message gratis untuk komunikasi bisnis internal.
  8. Panopto: Akses video sharing gratis tiga bulan untuk bisnis, universitas, dan sekolah.
  9. Lifesize: Akses gratis platform video kolaborasi berbasis cloud selama enam bulan.
  10. Ribbon Communications: Lisensi gratis Work@Home hingga 30 Juni 2020.
  11. Jamm: Tool komunikasi audio-visual untuk pekerja remote selama 3 bulan.
  12. Whispli: Platform komunikasi gratis untuk pekerja remote
  13. BirdEye: Akses gratis dua bulan untuk tool komunikasi perusahaan dengan pelanggan via pesan teks, web chat, dan pesan e-mail.
  14. Freshworks: Gratis customer engagement tool, Freshchat dan Freshcaller, untuk bisnis kecil dengan karyawan kurang dari 50 orang.
Software Gratis untuk Kolaborasi & Produktivitas
  1. Microsoft: Gratis Office 365 E1 Trial, termasuk Microsoft Team, selama enam bulan.
  2. Atlassian: Akes gratis ke software cloud Jira, Confluence, dan Trello.
  3. Zoho: Gratis aplikasi Remotely hingga 1 Juli, termasuk aplikasi untuk rapat online, sesi pelatihan, manajemen proyek, dan pekerjaan harian.
  4. Box: Gratis platform kolaborasi dan file sharing yang aman selama tiga bulan.
  5. Wrike: Gratis lisensi platform manajemen kolaborasi untuk pengguna baru selama enam bulan.
  6. Lucidchart: Gratis akses satu akun pengguna ke platform online yang memungkinkan tim berbagi, berkolaborasi, dan menyimpan pekerjaan secara real-time.
  7. Evernote: Gratis akses Evernote Basic untuk membuat catatan, menyimpan jurnal, dan berbagi informasi secara cepat dan aman.
  8. Nimbus Note: Gratis versi bisnis aplikasi untuk membuat dokumen dan berbagi dengan tim kerja.
  9. Threads: Akses gratis tool kolaborasi hingga 1 Juli 2020.
  10. RedmineUP: Gratis aplikasi project management berbasis cloud hingga akhir tahun untuk bisnis kecil dengan 10 pengguna.
  11. Igloo Software: Akses gratis digital workspace untuk pelanggan baru hingga 6 Juli 2020.
  12. Wundamail: Gratis software manajemen tim kerja remote selama tiga bulan.
Software Gratis untuk Marketing
  1. Hootsuite: Akses gratis untuk bisnis kecil hingga 1 Juli 2020 untuk membantu mengelola sosial media dan tetap terhubung dengan pelanggan.
  2. SurveyMonkey: Gratis template yang disusun oleh ahli riset/survei untuk mengumpulkan data dari pekerja dan pelanggan.
  3. Ubersuggest: Gratis akses Ubersuggest untuk membantu mencari keyword dalam strategi content marketing.
  4. Benchmark: Gratis coba solusi e-mail marketing sederhana untuk kampanye produk.
  5. Hatchbuck: Gratis coba platform all-in-one sales and marketing, yang meliputi e-mail marketing, customer relationship management (CRM) dan otomatisasi marketing.
  6. Chamaileon.io: Gratis tool untuk mendesain email yang dapat digunakan untuk remote working.
Software Gratis untuk Mengelola HR dan Keuangan
  1. Bill.com: Gratis berlangganan 90 hari bagi pengguna baru. Layanan cloud ini membantu perusahaan kecil dan menengah mengelola tagihan, invoice, pembayaran, dan cash flow secara otomatis.
  2. Wave: Gratis software finansial (akuntansi, pembukuan, invoice) untuk perusahaan kecil.
  3. Outmatch: Gratis akses platform video interview selama 60 hari untuk rekrutmen kandidat karyawan secara virtual.
  4. Gadjian: Ini merupakan provider Indonesia yang menyediakan software payroll dan HRIS cloud. Gadjian memberikan layanan coba gratis Gadjian selama 14 hari, sementara aplikasi absensi Hadirr yang terintegrasi dengan Gadjian memberikan layanan coba gratis selama 7 hari. Karena memberikan layanan premium SaaS, seperti keamanan data, sistem penyimpanan cloud, dan update otomatis, maka untuk selanjutnya akses kedua aplikasi ini bisa diperoleh dengan berlangganan. Gadjian dan Hadirr merupakan software online ekonomis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan jumlah karyawan.

Gadjian adalah payroll & HR system terbaik di Indonesia yang menggabungkan fungsi penggajian dan manajemen SDM. Aplikasi ini dilengkapi beragam fitur dari mulai hitung gaji karyawan, kelola PPh 21 dan PPh 26, kelola BPJS, kelola cuti dan izin/sakit, kelola data karyawan, pola kerja, struktur dan skala upah, hingga analisis data. 

Aplikasi berbasis web Gadjian mendukung WFH, di mana HR bisa mengerjakan seluruh tugas administratif rutin dari rumah secara efektif selama masa berlakunya PSBB. Selain fleksibilitas, Gadjian juga sangat efisien dan menghemat pengeluaran perusahaan untuk biaya manajemen karyawan jutaan rupiah per bulan.

Sedangkan Hadirr adalah mobile attendance yang terintegrasi dengan Gadjian. Aplikasi pemantau absensi online ini didesain untuk memudahkan sistem kerja remote, di mana pelaporan kehadiran dapat dilakukan di banyak lokasi terpisah dengan aplikasi di smartphone berbasis Android atau iOS, cukup dengan foto selfie. Selain absensi, Hadirr juga punya fitur pemantau jadwal kerja karyawan, pencatat jam lembur, dan reimbursement.

Tertarik coba gratis kedua aplikasi ini? Kunjungi website Gadjian dan Hadirr, dan daftarkan perusahaan Anda.

Coba Gadjian Sekarang

Coba Hadirr Sekarang | Software Aplikasi Absensi Karyawan di Android Dan iOS Hanya Dengan Selfie

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *