Sering Salah Hitung Tunjangan Makan Karyawan? Saatnya Kamu Beralih ke Absensi Online

Tunjangan makan termasuk ke dalam tunjangan tidak tetap, karena besaran yang dibayarkan tidak teratur, yakni bergantung pada jumlah kehadiran karyawan dalam sebulan. Karena itu, tunjangan makan setiap karyawan untuk level golongan yang sama bisa tak sama jumlahnya.

HR di perusahaan menghitung kehadiran karyawan dari data absensi. Bagi yang menggunakan pencatatan lewat mesin fingerprint, pengunduhan data dapat dilakukan secara manual maupun auto-download. Data ini disalin dan diinput ke perhitungan uang makan yang umumnya bersamaan dengan perhitungan gaji menggunakan Excel.

Aplikasi Absensi, Timesheet, dan Reimbursement | Hadirr

Pernahkah kamu melakukan kesalahan hitung tunjangan makan karyawan, misalnya pembayarannya tidak sesuai dengan jumlah kehadiran? Umumnya kekeliruan kalkulasi disebabkan oleh kesalahan menyalin dan memasukkan data absensi karyawan. Faktornya bisa beragam, misalnya data kehadiran tertukar antara karyawan satu dengan yang lain terutama jika jumlah karyawan cukup banyak, atau salah ketik jika kamu memasukkannya secara manual.

Misalnya, perusahaan kamu memberikan tunjangan makan Rp 15.000 per hari. Karyawan A masuk 25 hari, karyawan B masuk 24 hari. Perhitungannya, karyawan A mendapat Rp 375.000 dan karyawan B mendapat Rp 360.000. Jika kamu memasukkan data kehadirannya terbalik, maka hasil perhitungannya juga terbalik.

Jika salah hitung semacam ini kerap kamu lakukan, maka saatnya kamu beralih ke sistem absensi online. Mengapa demikian?

Aplikasi absensi online bekerja dengan menghitung dan mencatat kehadiran karyawan dan menyimpannya di database. Kamu tak perlu repot mencatat, mengunduh, atau menyalinnya sebagai dasar perhitungan, tetapi cukup mengimpor data digital tersebut untuk perhitungan online. Dengan cara ini, risiko kesalahan semakin kecil karena perhitungan tunjangan makan dilakukan secara otomatis.

Baca Juga: 4 Kelebihan Aplikasi Absensi Online bagi Perusahaan

Misalnya, kamu menggunakan absensi online Hadirr, maka semua data kehadiran karyawan terekam dan tersimpan di database server cloud. Melalui penyimpanan awan ini, data absensi real-time akan digunakan sebagai dasar perhitungan tunjangan makan dan gaji di aplikasi payroll Gadjian.

Keuntungannya, Hadirr dan Gadjian saling terintegrasi, sehingga hanya perlu data tunggal untuk kedua HRIS software online ini. Kalkulator Gadjian akan melakukan hitung gaji online secara otomatis, dengan memasukkan tunjangan makan sebagai salah satu komponen.

Otomatisasi sistem perhitungan ini tidak hanya meminimalkan kekeliruan, tetapi juga membuat pekerjaan kamu dalam hitung-menghitung penggajian karyawan menjadi jauh lebih efisien. Jadi, menyerahkan pekerjaan rutin semacam ini ke software online merupakan pilihan tepat jika kamu ingin memiliki lebih banyak waktu untuk pengembangan SDM perusahaan.

Selain uang makan, tunjangan transportasi juga sering dihitung berdasarkan kehadiran, meski ada juga perusahaan yang memberikannya dalam jumlah tetap setiap bulan. Jika perusahaanmu memberikan keduanya sebagai tunjangan tidak tetap, maka aplikasi absensi online menjadi semakin penting bagi kamu.

Bukan hanya tunjangan, Hadirr juga memiliki fitur catat dan hitung jam lembur. Ini akan meringankan pekerjaan kamu dalam menghitung lembur karyawan yang menggunakan rumus upah per jam yang cukup rumit. HR software Gadjian juga akan menghitung upah lemburnya untukmu.

Apakah data di aplikasi online bisa error? Sekalipun database tidak ada di tangan kamu, bukan berarti data absensi rawan hilang, terhapus, atau dimanipulasi.

Baca Juga: Kini Saatnya HR Beralih dari Excel ke Aplikasi HRIS Berbasis Cloud

Menyimpan data absensi di cloud sama seperti menyimpang uang di bank. Kamu akan merasa lebih aman ketimbang menimbun uang di rumah. Di bank, uang kamu tidak mengalami manipulasi jumlah saldo oleh pihak ketiga, termasuk bank. Hanya kamu sendiri yang punya akses ke akunmu.

Begitu juga dengan aplikasi HRIS berbasis cloud Gadjian dan Hadirr. Selain keamanannya yang tangguh dengan menerapkan protokol enkripsi dengan akses privat ke pengguna untuk menjamin keutuhan dan kerahasiaan data, penyimpanan data klien selalu dicadangkan ke beberapa server di data center terpisah. Jadi kapan pun kamu membutuhkan akses ke database, kamu dapat melakukannya dengan aman.

Mau tahu fitur-fitur keren aplikasi absensi Hadirr? Kamu bisa coba secara gratis dengan mengklik tombol dibawah ini.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Bagikan artikel ini:

Share