Cara Merekrut Karyawan yang Tepat untuk Usaha Kecil

Image by pressfoto on Freepik - Cara Merekrut Karyawan

Cara merekrut karyawan yang tepat dan berkualitas sangat penting untuk diketahui oleh HRD, ini karena akan bersangkutan dengan kesuksesan sebuah perusahaan. Tak terkecuali bagi pemilik usaha kecil seperti UMKM, sangat penting menemukan kandidat terbaik untuk kesuksesan bisnis.

Namun bagi bisnis kecil, proses perekrutan bisa menjadi sebuah tantangan karena terbatasnya biaya dan sumber daya. Nah, agar proses rekrutmen yang efektif tercipta Anda bisa mengikuti beberapa strategi serta mengetahui tantangan yang seringkali dialami oleh pelaku usaha kecil dalam perekrutan karyawan. Simak ulasannya!

6 Tantangan Usaha Kecil dalam Perekrutan Karyawan

Image by Freepik - Tantangan Usaha Kecil

Definisi rekrutmen sendiri yakni sebuah proses penarikan sekelompok kandidat dalam mengisi posisi lowong atau kosong. Perekrutan yang efektif dan lancar akan membawa peluang pekerjaan bagi orang-orang yang berkemampuan memenuhi spesifikasi pekerjaan tersebut.

Dalam hal ini, sebelum mengetahui bagaimana cara rekrutmen karyawan yang tepat, tentunya ada beberapa tantangan yang sering dialami khususnya bagi pelaku usaha kecil. Beberapa tantangan tersebut diantaranya:

Baca Juga: Keunggulan Sistem ATS Rekrutmen HRD

1. Sumber daya dan anggaran yang terbatas

Seringkali usaha kecil memiliki sumber daya dan anggaran terbatas, hingga mempersulit persaingan dengan perusahaan besar dalam hal menawarkan paket gaji dan tunjangan yang kompetitif. 

Hal itu bisa mempersulit untuk menarik talenta terbaik, yang mungkin tertarik ke perusahaan besar dengan lebih banyak sumber daya.

2. Keterbatasan eksposur dan visibilitas

Kemungkinan perusahaan kecil tidak memiliki tingkat eksposur dan visibilitas yang sama dengan perusahaan besar. Hal ini tentunya bisa mempersulit mereka untuk menarik kandidat terbaik, apalagi jika usaha kecil tersebut tidak terkenal ataupun berada di wilayah terpencil.

3. Kesulitan menonjol dari persaingan tenaga kerja

Dengan banyaknya perusahaan yang bersaing dalam mendapatkan talenta terbaik, mungkin sulit bagi usaha kecil untuk menonjol di pasar tenaga kerja dan menarik kandidat terbaik. 

Usaha kecil perlu kreatif dan menemukan cara yang unik untuk membedakan diri serta menunjukkan beberapa jenis benefit karyawan lebih agar calon karyawan berminat bekerja di perusahaan mereka.

4. Kemampuan terbatas dalam menawarkan peluang pertumbuhan karier

Dalam mempromosikan peluang pertumbuhan dan pengembangan karier seperti di perusahaan besar, perusahaan kecil mungkin tidak memiliki kemampuan yang sama. Hal ini bisa menjadi faktor utama bagi banyak pencari kerja serta mempersulit bisnis kecil untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik.

5. Kesulitan untuk menarik serta mempertahankan kandidat

Perusahaan kecil biasanya menghadapi tantangan untuk menarik dan mempertahankan kandidat karena kurangnya sumber daya dan jejaring. 

6. Kurangnya kemampuan dalam melatih karyawan

Pemilik usaha kecil seringkali menghadapi kendala dalam melatih karyawan karena kekurangan uang serta waktu. Hal ini seringkali menjadi tantangan tersendiri untuk melakukan proses rekrutmen dan seleksi karyawan.

Itulah beberapa tantangan yang seringkali dihadapi perusahaan, utamanya pelaku usaha kecil dalam merekrut karyawan berkualitas. Meski begitu tak perlu khawatir, masih banyak cara efektif dan mudah yang bisa dilakukan dalam memaksimalkan perekrutan ini.

Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas

Image by Freepik - Merekrut Karyawan

Pada dasarnya setiap perusahaan ingin memiliki karyawan yang berkompeten untuk menunjang kesuksesan dan kemajuan perusahaannya. Seperti kandidat yang berpengalaman selama bertahun-tahun, maupun kandidat tanpa pengalaman yang memiliki tekad untuk terus belajar dan berkembang.

Nah, jika Anda sedang mencari kandidat yang berkompeten tersebut, proses perekrutan karyawan berikut ini bisa dicoba.

a. Identifikasi kebutuhan posisi di perusahaan

Langkah pertama yang bisa dilakukan yakni tentukan dengan jelas peran dan tanggung jawab posisi yang dibutuhkan. Hal ini bisa membantu menarik kandidat yang tepat dan memastikan bahwa mereka memahami apa yang diharapkan dari perusahaan Anda.

Selain itu, tentukan juga kriteria yang Anda perlukan untuk posisi pekerjaan tersebut. Baik dari segi pengalaman, keahlian, dan hal terkait lainnya.

b. Manfaatkan agen perekrutan

Pertimbangkan juga untuk menggunakan agen perekrutan atau headhunter dalam membantu menemukan talenta terbaik, khususnya level manager ke atas. Biasanya para agen profesional itu memiliki keahlian dan koneksi untuk membantu mengidentifikasi dan menarik kandidat terbaik untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Contoh Evaluasi Kinerja Karyawan dan Manfaatnya

c. Buka lowongan kerja di acara job fair

Anda juga bisa mempromosikan perekrutan dengan mengikuti berbagai job fair. Ini karena banyak orang yang cukup tertarik dan ingin mencoba peruntungan untuk mendapatkan pekerjaan dalam acara seperti ini.

d. Promosikan melalui media sosial dan platform online

Manfaatkan media sosial dan platform online lainnya untuk mempromosikan lowongan pekerjaan Anda dan menjangkau kandidat potensial yang lebih luas. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menyebarkan jejaring yang lebih luas dan menemukan orang yang tepat untuk pekerjaan yang dibutuhkan.

e. Tawarkan paket gaji yang kompetitif

Pertimbangkan untuk menawarkan paket gaji dan tunjangan yang kompetitif untuk menarik talenta terbaik. 

Meski mungkin Anda ingin menghemat biaya dengan menawarkan gaji yang lebih rendah, hal ini sering kali bisa menjadi bumerang karena Anda cenderung menarik kandidat berkualitas rendah atau menyebabkan kandidat teratas memilih tempat kerja lain. Sebisa mungkin hindari hal tersebut ya.

f. Rencanakan proses perekrutan dengan baik

Salah satu cara rekrutmen yang efektif dan efisien yakni menggunakan proses wawancara yang menyeluruh dan komprehensif untuk mengevaluasi kandidat serta memastikan bahwa Anda mempekerjakan orang terbaik untuk pekerjaan terkait. 

Hal itu termasuk dengan melakukan beberapa wawancara, mengajukan pertanyaan yang relevan dan menantang, serta memeriksa referensi. Terpenting, Anda juga perlu mempersiapkan sop rekrutmen karyawan dengan baik. 

Semoga beberapa tips cara merekrut karyawan diatas bisa membantu Anda menemukan karyawan yang berkualitas dan efektif untuk perusahaan. Selain menerapkan beberapa cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan pihak ketiga dalam mendapatkan kandidat yang potensial dengan mudah, seperti halnya modul rekrutmen gratis dari Gadjian. 

Baca Juga: Rumus Hitung Turnover Karyawan Bulanan dan Tahunan

Aplikasi Rekrutmen Karyawan Gratis, Gadjian Pilihannya!

Aplikasi rekrutmen karyawan

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses perekrutan karyawan, ada alternatif terbaik yang bisa diterapkan. Ya apalagi kalau bukan dengan aplikasi Gadjian, ini merupakan aplikasi rekrutmen karyawan yang sangat cocok digunakan bagi semua bisnis termasuk usaha kecil.

Gadjian bisa membantu Anda mencari kandidat terbaik melalui page karir perusahaan yang lengkap serta informatif. Dengan kehadiran fitur GATS serta berbasis cloud, proses rekrutmen karyawan pun semakin singkat, efektif, dan efisien. 

Jadi, dalam memonitor prosesnya akan semakin praktis karena dikelola dan terdigitalisasi secara online.Terpenting aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis selama dengan berbagai keunggulan yang bisa didapatkan. 

Tunggu apalagi, dapatkan karyawan yang tepat dan berkualitas untuk perusahaan Anda bersama Gadjian sekarang juga!

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya