3 Cara Hitung PPh 21 dengan Akurat

3 Cara Hitung PPh 21 dengan Akurat – Kamu mungkin tahu bahwa peraturan perpajakan di Indonesia cukup banyak dan rumit. Bahkan, beberapa di antaranya kerap direvisi dengan terbitnya peraturan baru menggantikan yang lama, yang kemudian berpengaruh pada perubahan cara menghitung pajak PPh 21. 

Persoalannya, masih banyak pengusaha dan HR yang awam terhadap peraturan perpajakan. Masalah ini mungkin dapat diatasi dengan mempekerjakan staf pajak di perusahaan untuk membantu mengelola PPh 21 karyawan dengan Excel. 

Tetapi, cara hitung PPh 21 menggunakan Excel itu sendiri malah menambah kerumitan. Penggunaan rumus manual bukan saja memakan waktu, tetapi hasil perhitungan pajaknya juga rawan kesalahan.

Cara Hitung PPh 21

Nah, jika kamu juga mengalami masalah yang sama, dan kerap pusing dalam menghitung PPh 21, ada beberapa solusi efektif yang bisa kamu pilih:

cara hitung pph 21
Cara hitung PPh 21 karyawan online | Gadjian

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Menghitung Payroll Karyawan

Menyewa konsultan pajak

Menggunakan jasa konsultan pajak bisa meminimalkan kesalahan perusahaan dalam memahami peraturan perpajakan yang kompleks, sekaligus memastikan penerapan aturan tersebut secara tepat dalam perhitungan pajak.  

Konsultan pajak profesional akan membantu perusahaan meningkatkan kepatuhan pajak, menghitung pajak PPh karyawan maupun PPh badan, dan memastikan penyetoran pajak telah sesuai. Biasanya jasa itu meliputi administration, compliance, consultation, audit, tax planning, dan lainnya. 

Jasa perhitungan pajak menjadi cara instan yang efektif dan menghemat waktu kerja. Semua proses administrasi pajak di perusahaan akan ditangani oleh konsultan, sehingga kamu bisa mengalihkan fokus untuk mengelola bisnis dan hal-hal yang lebih esensial dibandingkan sekadar urusan administrasi.

Meski demikian, ada hal penting yang perlu diperhatikan seandainya kamu ingin menggunakan jasa konsultan pajak. Selalu ada “harga” yang harus dibayar di balik setiap proses yang mudah dan cepat.

Pertama, menyewa jasa konsultan pajak sama dengan menyerahkan pekerjaan hitung PPh 21 kepada pihak ketiga. Ini berarti kamu perlu memastikan keamanan data perusahaan yang ada di tangan orang lain.

Jadi, sebaiknya kamu hanya menggunakan jasa konsultan pajak yang sangat tepercaya dan memberikan jaminan kerahasiaan data klien. Lakukan survei lebih dulu sebelum menetapkan pilihan. Tentu kamu tak ingin data sensitif perusahaan bocor, bukan?

Kedua, biaya jasa konsultan pajak tidaklah murah. Kamu mesti menyiapkan anggaran lebih besar untuk itu. Sebaiknya, sesuaikan dengan skala bisnis kamu dan pertimbangkan apakah biaya ini sepadan dengan layanan dan keuntungan yang kamu dapat.

Baca Juga: Ketentuan Pajak Natura dalam UU HPP

Menggunakan Pegawe


cara hitung pph 21
Cara hitung PPh 21 karyawan | Gadjian

Cara kedua, kamu dapat menggunakan Pegawe. Jasa payroll outsourcing ini bukan hanya mengerjakan perhitungan pajak PPh 21 karyawan, tetapi juga menghitung gaji (payroll) dan slip gaji karyawan, mengelola administrasi BPJS, mengelola data kehadiran karyawan, serta menyediakan layanan konsultasi HR.

Dengan biaya yang lebih terjangkau, kamu mendapat lebih banyak manfaat ketimbang hanya hitung PPh 21. Karena, Pegawe dapat menyelesaikan semua urusan penggajian karyawan.

Pegawe sangat cocok untuk:

a. perusahaan baru yang fokus mengejar pertumbuhan bisnis, dan tidak ingin terbebani dengan masalah payroll dan PPh karyawan yang menghabiskan waktu

b. Perusahaan yang tidak ingin berinvestasi pada pengelolaan administrasi karyawan atau  perusahaan yang tidak memiliki sumber daya yang mencukupi untuk mengelola penggajian dan pajak sendiri

c. Perusahaan asing yang baru beroperasi di Indonesia, yang kesulitan memahami hukum ketenagakerjaan (pengupahan, kerja lembur, THR) serta peraturan perpajakan yang rumit

Pegawe menggunakan HR software cloud, sehingga data perusahaan kamu akan terlindungi. Payroll outsourcing dari Gadjian ini menggunakan sistem hitung otomatis yang dirancang sesuai dengan ketentuan pemerintah terbaru, sehingga memberikan hasil hitung yang akurat.

Baca Juga: Pilih Payroll Outsourcing Services yang Tepat

Menggunakan Gadjian

aplikasi hris gadjian
Aplikasi HRIS Gadjian

Nah, jika dua cara di atas menggunakan layanan pihak ketiga, maka solusi yang ketiga ini adalah pengelolaan PPh 21 secara mandiri. Kamu bisa menugaskan HR/Finance atau staf pajak di perusahaan untuk menghitung pajak karyawan menggunakan Software as a Service (SaaS) Gadjian.

Aplikasi penggajian cloud ini dilengkapi dengan fitur hitung PPh 21 online yang praktis dan dapat digunakan oleh siapa saja. Hanya butuh setting di awal penggunaan aplikasi dengan memasukkan data karyawan dan penghasilan, dan seterusnya sistem otomatis di kalkulator PPh 21 akan bekerja untuk kamu.

Gadjian dapat menghitung berbagai jenis penghasilan yang diterima secara teratur, seperti gaji pokok, tunjangan tetap, dan lembur, maupun tidak teratur, termasuk THR, bonus, komisi, gratifikasi, dan pendapatan lain sehubungan dengan pekerjaan.

Keuntungan hitung PPh 21 dengan Gadjian

a. Pekerjaan menjadi efisien 

Gadjian mampu menyelesaikan proses hitung otomatis PPh 21 ratusan karyawan hanya dalam hitungan menit. Jadi, perhitungan pajak karyawan bukan lagi pekerjaan yang menguras waktu.

b. Akurat sesuai ketentuan hitung pajak yang berlaku

Sistem hitung di kalkulator PPh 21 disesuaikan dengan peraturan pajak terbaru, mulai dari ketentuan PTKP sampai dengan tarif pajaknya. Selain membebaskan kamu dari kewajiban update software, sistem hitung yang terbaru juga menjamin proses kalkulasi pajak karyawan lebih akurat.

c. Andal menghitung pajak karyawan

Apakah kamu mempekerjakan karyawan PKWTT, PKWT, pekerja harian, konsultan atau tenaga kerja asing? Tenang. Semua pajak penghasilannya dapat dihitung dengan kalkulator pajak Gadjian. Potongan pajaknya langsung muncul di slip gaji online pada tanggal penggajian.

Cara Lapor Pajak Perorangan

d. Tersedia tiga pilihan metode hitung pajak

Gadjian mengakomodasi tiga metode hitung PPh 21, yaitu gross, gross up, dan nett. Kamu dapat memilih sesuai dengan kebijakan penggajian yang diterapkan, apakah pajak dibebankan pada karyawan atau ditanggung perusahaan. 

Apabila pajak PPh 21 ditanggung karyawan, maka pilih metode perhitungan gross. Namun, jika perusahaan kamu memberikan tunjangan pajak, pilih gross up. Sedangkan metode nett untuk perusahaan yang menanggung pajak karyawan dan membayarkan gaji bersih.

e. Mendukung pelaporan pajak

Aplikasi hitung PPh 21 ini juga membantu kamu dalam pelaporan pajak dengan menyediakan dokumen perpajakan, antara lain CSV Referensi Pegawai A1, CSV Bukti Potong A1 (untuk karyawan tetap dan penerima pensiun), CSV I Bulanan, CSV Bukti Potong Tidak Final (untuk karyawan tidak tetap, pekerja lepas, tenaga ahli, dan bukan pegawai), dan Bukti Potong Form 1721 A1 karyawan tetap.

f. Data pajak terlindungi 

Gadjian adalah software online yang menggunakan penyimpanan awan (cloud). Seluruh data penggajian dan data PPh 21 karyawan tersimpan aman di server cloud dan dapat diakses 24/7. Web Gadjian menggunakan protokol keamanan Security Socket Layer (SSL) 256-bit sekelas perbankan dan lalu lintas data antara server dan klien dilindungi dengan enkripsi.

g. Akses yang fleksibel

Karena berplatform online, Gadjian punya akses fleksibel. Kamu bisa menghitung PPh 21 karyawan dari mana saja. Dengan data real-time, pekerjaan kamu akan tersimpan otomatis, dan tidak perlu membuat pangkalan data on-site di komputer kantor.

Baca Juga: Cara Menghitung PPh 21 Metode Mix di Gadjian

h. Paket lengkap dengan biaya terjangkau

Nah, ini poin yang tak kalah penting. Gadjian merupakan solusi hitung PPh 21 yang praktis, efisien, dan bebas pusing, namun tersedia dengan harga yang terjangkau. Kamu dapat berlangganan software ini hanya dengan Rp20.000 per orang karyawan per bulan, dengan batas minimal 6 orang karyawan.

Harga di atas sudah termasuk fitur kelola PPh 21, data personalia, catatan kehadiran, penggajian dan THR, pinjaman karyawan, portal personalia, pembukuan gaji, izin dan sakit, cuti online, dan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Klik di bawah ini untuk mulai berlangganan atau mencoba gratis Gadjian 14 hari.

Coba Gadjian Sekarang

Content Writer at Gadjian

Jurnalis dan penulis konten/content writer.

Share

No Thoughts on 3 Cara Hitung PPh 21 dengan Akurat

Leave A Comment