Lengkap! SIPP Online: Cara Daftar, Syarat, dan Kegunaan

sipp online

Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) online adalah salah satu fitur yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola data kepesertaan karyawan mereka. Mengingat banyak perusahaan yang memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan sehingga menghabiskan waktu jika harus mengelola data mereka satu persatu.

SIPP online Jamsostek diciptakan untuk mempermudah proses pendaftaran data karyawan hingga mengelola berbagai hal seputar BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari pengisian data perusahaan, kelengkapan data karyawan, informasi mengenai database gaji karyawan, hingga perhitungan iuran BPJS Ketenagakerjaan yang bisa dilakukan lebih praktis dengan hasil yang akurat. 

Dengan demikian, praktisi HR perusahaan yang bertugas mengelola data kepesertaan tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk mengurus hal seputar administrasi. Lewat SIPP online BPJS Ketenagakerjaan ini seluruh pengelolaan data kepesertaan dijamin terjaga kualitas, validitas, serta integritasnya.

Baca Juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan 30% dan 100% dengan Mudah

Syarat dan Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Bagi perusahaan yang ingin daftar SIPP online terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Salah satunya adalah harus memiliki Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) yang bisa dibuat melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Jika perusahaan sudah memiliki NPP, maka bisa langsung mengunjungi laman resmi SIPP online BPJS Ketenagakerjaan dan melakukan pendaftaran dengan meng-klik tombol “Buat Akun Baru”.

Anda akan diarahkan ke halaman pengisian NPP dan Divisi yang harus diisi. Jika NPP sudah terdaftar, maka data mengenai nama perusahaan akan secara otomatis terisi. Berikutnya, klik tombol “Next” dan Anda akan diarahkan pada menu berikutnya yakni, “Data User Login”. Lalu masukkan informasi berupa email serta kata sandi yang akan digunakan untuk login.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi “Data User KPJ” dengan kolom Nomor Peserta KPJ yang meliputi nama lengkap, tanggal lahir, hingga nomor ponsel. Jika semua data sudah terisi dengan benar, klik tombol “Daftar” untuk menyelesaikan.

Situs SIPP BPJS Ketenagakerjaan akan mengirimkan kode OTP ke nomor yang sudah didaftarkan sebelumnya. Jadi pastikan Anda mencantumkan nomor ponsel yang aktif. Setelah kode OTP diterima dan dimasukkan ke dalam kolom yang ditampilkan, Anda akan diminta untuk melakukan aktivasi akun SIPP online BPJS Ketenagakerjaan melalui tautan yang dikirimkan ke email.

Klik tautan tersebut dan Anda akan diarahkan pada halaman SIPP online login. Masukkan alamat email serta kata sandi yang sebelumnya sudah Anda buat dan akun SIPP BPJS perusahaan Anda telah selesai dibuat.

Baca Juga: Terbaru, Cara Perhitungan BPJS Ketenagakerjaan

Kegunaan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, salah satu kegunaan SIPP online adalah mempermudah urusan administrasi perusahaan, di mana divisi HR yang mengurusi hal ini tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Cukup dengan mengakses situs SIPP online dan melakukan login, seluruh fitur dalam aplikasi SIPP online dapat digunakan.

Ragam fitur SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda manfaatkan meliputi:

1. Menambahkan data karyawan baru dalam perusahaan yang akan didaftarkan ke program BPJS Ketenagakerjaan

2. Mengisi informasi seputar gaji pekerja

3. Perhitungan iuran secara otomatis dengan hasil yang lebih akurat

4. Fitur finalisasi yang dapat digunakan untuk menampilkan semua data yang sudah di-input

5. Melakukan monitoring terhadap data iuran 

6. Fitur laporan untuk Tenaga Kerja Baru, Tenaga Kerja Keluar, Rincian Upah, Rincian Iuran, hingga Perubahan Usia

7. Keamanan data yang terjamin 

Meskipun menawarkan kemudahan dalam hal administrasi untuk para HR, sayangnya beberapa fitur dalam SIPP online BPJS Ketenagakerjaan ini masih dilakukan secara manual. Salah satunya adalah fitur pengisian upah pekerja yang harus disajikan dalam bentuk file Excel (dengan format .xls atau .xlsx). 

Meskipun Anda bisa mengunduh template ini dari dashboard aplikasi SIPP online, namun pengisian data upah pekerja harus dilakukan secara manual. Jika karyawan dalam perusahaan berjumlah sedikit, mungkin tidak akan jadi masalah. Namun bagaimana jika jumlah pekerja di perusahaan mencapai ratusan hingga ribuan? Tentu sangat rawan memicu terjadinya human error yang berakibat fatal terhadap perhitungan iuran BPJS karyawan.

Permudah Laporan SIPP BPJS dengan Gadjian

Aplikasi Payroll - Hitung Gaji, Hitung BPJS, Hitung PPh 21, Hitung Lembur, Payroll Software Terbaik | Gadjian

Gadjian datang sebagai solusi yang dapat membantu Anda dalam memudahkan pekerjaan terkait perhitungan gaji, tunjangan, BPJS lengkap dengan perhitungan pajak karyawan, hingga menyediakan file pelaporan BPJS Ketenagakerjaan secara otomatis dengan data karyawan yang sudah ada dalam aplikasi. 

Lewat software payroll ini, Anda bisa langsung mengunggah file tersebut ke situs SIPP online dengan lebih cepat dan praktis. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mencatat atau copy paste secara manual data upah pekerja dalam perusahaan yang terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan orang. 

Baca Juga: Tanya Jawab Waktu Istirahat Kerja Menurut Peraturan Ketenagakerjaan Terbaru

Gadjian sendiri adalah software payroll berbasis cloud yang dapat Anda akses melalui desktop di manapun dan kapan pun. Aplikasi ini dibekali fitur lengkap termasuk perhitungan premi BPJS hingga pajak pph 21 yang berlaku. 

So, tunggu apa lagi? Masih mau menggunakan cara lama yang memakan waktu dan tenaga? Yuk, buruan beralih ke Gadjian sekarang!

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya