Kenali Aset Perusahaan dan Jenisnya

Aset perusahaan adalah komponen vital bagi operasional perusahaan. Berkat keberadaan aset, pemilik bisnis bisa terus beroperasi. Oleh sebab itu, jenisnya perlu dikenali sehingga bisa dikelola dengan baik dan tepat.

Definisi Aset Perusahaan

Sebelum mengenali aset dan jenis-jenisnya, pemahaman mengenai definisinya harus dimiliki. Aset perusahaan berkaitan erat dengan penerapan akuntansi di perusahaan. Oleh sebab itu, pengertiannya menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) bisa dijadikan pegangan.

IAI menyatakan aset perusahaan sebagai sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari kejadian yang terjadi pada masa lalu dan asal muasal kedatangan manfaat ekonomi masa depan yang diharapkan menghadirkan keuntungan bagi perusahaan. Atas dasar itulah, aset bagi perusahaan memiliki tiga karakteristik khas yang membedakannya dengan komponen keuangan lain. 

  • Memiliki manfaat ekonomi untuk masa yang akan datang.
  • Dikendalikan dan dikuasai oleh perusahaan.
  • Merupakan hasil atas transaksi atau peristiwa pada masa lalu.

Baca Juga: Mengenal Database Penggajian Karyawan Beserta Contohnya

Jenis Aset Perusahaan

Secara garis besar, aset di dalam perusahaan terbagi menjadi dua, yakni aset lancar dan aset tidak lancar. Apa saja perbedaannya?

Aset Lancar

Sesuai namanya, aset lancar merupakan aktiva yang likuid. Jenis aset perusahaan ini mudah sekali untuk dikonversi menjadi uang tunai secara cepat.

Biasanya aset lancar memiliki siklus atau perputaran manfaat yang singkat. Manfaatnya pun cepat tergantikan dengan yang lain secara mudah. 

Kurun waktu perputaran aset lancar di suatu bisnis biasanya di kisaran satu tahun. Namun, ini pun tergantung ke siklus perusahaan yang berbeda-beda.

Adapun contoh nyata dari aset lancar adalah kas, piutang usaha, wesel tagih, persediaan, perlengkapan, investasi jangka pendek, beban dibayar di muka, serta penghasilan yang masih akan diterima. Semua itu mudah “dicairkan” menjadi dana tunai yang penting bagi operasional perusahaan.

Aset Tidak Lancar

Aset tidak lancar memiliki karakteristik yang berbeda dengan aset lancar. Jenis aset ini mempunyai siklus dan masa manfaat lebih dari satu tahun. Selain itu, aset tidak lancar masih terbagi lagi menjadi tiga sebagai berikut:

1. Aset Tetap

Sering disebut sebagai aktiva berwujud, aset tetap merupakan aset yang mempunyai bentuk dan wujud secara fisik. Jenis aset ini digunakan untuk menunjang kegiatan produksi ataupun operasional. Oleh sebab itu, perusahaan tetap akan mempertahankannnya.

Meski begitu, jika manfaat dan umur guna aset tetap berakhir, pemilik usaha mungkin pula melepasnya. Bahkan, jika ada alasan tertentu, aset tetap dapat juga dijual.

Adapun contoh aset tetap adalah mesin, tanah, gedung, bangunan, serta kendaraan. 

2. Aset Tidak Berwujud

Ini merupakan jenis aset yang berkebalikan dengan aset tetap. Sesuai namanya, aset tidak berwujud merupakan aktiva yang tidak tampak namun memiliki nilai dan manfaat bagi perusahaan. Contohnya adalah hak paten, hak cipta, hak guna bangunan, hak sewa, dan goodwill.

3. Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang bisa dimasukkan sebagai aset tidak lancar. Hal ini dimungkinkan karena investasi bertujuan untuk mendapatkan manfaat berupa pertumbuhan ekonomi. 

Oleh sebab itu, investasi jangka panjang yang sudah dilakukan pada masa lalu ataupun masa depan akan dimasukkan sebagai aset usaha.

Baca Juga: GadjianKu, Aplikasi Personalia Terbaik di Indonesia

Mengapa Aset Perusahaan Penting?

Aset perusahaan perlu dikelola karena bisa memberi manfaat sekaligus membantu perusahaan mencapai tujuan yang ditetapkannya. Secara umum, terdapat beberapa keuntungan yang dapat dipetik perusahaan jika bisa memaksimalkan aset yang dimilikinya. 

Pertama, akan ada manfaat baik secara finansial maupun nonfinansial yang akan dipetik perusahaan pada masa depan. Contoh mudah adalah kepemilikan bangunan yang nilai jualnya bisa tumbuh semakin besar.

Selain itu, aset perusahaan juga akan mampu mendukung pemberian nilai lebih di produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan. Sebagai contoh perusahaan memiliki aset lancar berupa kas. Perusahaan bisa menggunakannya untuk melakukan pembelian kendaraan yang mendukung pengiriman ke pelanggan menjadi lebih cepat.

Selanjutnya, aset perusahaan akan bermanfaat dalam memfasilitasi bisnis dan mempermudah pembuatan produk atau jasa. Misalnya perusahaan punya mesin produksi canggih. Dengan menggunakannya, perusahaan bisa membuat produk dengan lebih cepat dan murah. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri dalam berkompetisi dengan pesaing bisnis.

Jalankan Manajemen Aset 

Karena berarti penting bagi perusahaan, manajemen aset yang baik perlu dijalankan. Misalnya dengan rajin memastikan barang inventaris kantor yang akurat. Hal ini terlihat sederhana namun akan memberi manfaat besar bagi perusahaan. Berikut ini beberapa keuntungannya. 

  • Pembelian yang sia-sia akan diminimalkan.
  • Manajemen risiko bisa berjalan. 
  • Nilai aset akan terjaga.
  • Penyusutan nilai aset bisa terpantau.
  • Lebih mudah dalam menyusun anggaran. 
  • Keamanan aset meningkat.

Pengelolaan aset pada usaha mutlak dilakukan. Salah satunya dengan pencatatan aneka barang inventaris kantor. Untuk melakukannya sangat mudah. Berikut ini contoh pencatatan inventaris barang kantor yang sederhana:

aset perusahaan
Kenali Aset Perusahaan dan Jenisnya | Gadjian

Contoh pencatatan barang inventaris kantor ini hanya merupakan versi simpel. Bayangkan jika harus melakukannya untuk semua aset perusahaan yang banyak. Tentu kerepotan bisa dirasakan. 

Namun, jangan khawatir. Segera manfaatkan fitur GAGA yang tersedia di dalam aplikasi Gadjian. Fitur GAGA merupakan modul untuk mencatat dan mengelola inventaris kantor dengan mudah dan akurat.

Menggunakan teknologi cloud, Anda bisa melakukan pencatatan daftar inventaris kantor kapan dan di mana saja. Anda bisa menjalankannya dengan mudah karena fitur GAGA sudah dibekali QR Code Generator sehingga bisa mengidentifikasi inventaris kantor dengan cepat.

inventaris kantor
Aplikasi inventaris kantor | Gadjian

Baca Juga: Kelola Daftar Inventaris Kantor Pakai Software HRD

Bukan hanya itu, data inventaris kantor akan tersedia real time. Ini akan memudahkan untuk pelacakan semua aset di kantor. Bahkan, terdapat juga data depresiasi inventaris di dalam fitur GAGA. Anda jadi bisa mendapatkan informasi penyusutan nilai inventaris kantor dengan mudah, sehingga memperkuat perencanaan keuangan perusahaan.

Oleh sebab itu, segera gunakan fitur GAGA dari Gadjian sebagai aplikasi inventaris barang kantor yang memudahkan pencatatan barang inventaris kantor. Aset kantor yang berharga akan selalu terpantau dengan baik.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: ABP

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *