Kelola Daftar Inventaris Kantor Pakai Software HRD

Software HRD Terbaik

Kelola Daftar Inventaris Kantor Pakai Software HRD – Kamu tentu tahu bahwa tugas dan tanggung jawab HR di perusahaan cukup banyak, mengingat departemen ini menangani setiap aspek yang berkaitan dengan manusia di dalam organisasi perusahaan. Belum lagi, banyak perusahaan menambahkan peran finance dan general affair ke dalam HRD.

Beruntungnya, kini tersedia software HRD yang menawarkan solusi atas kerumitan pengelolaan personalia perusahaan. Aplikasi HR terbaik biasanya menawarkan fitur bawaan yang lengkap, sehingga bisa mendukung berbagai jenis tugas. Semakin lengkap fitur yang dibawa, tentu semakin efisien aplikasi tersebut. 

Dengan satu software, admin HR bisa mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu. Sehingga, selain meringkas waktu kerja, perusahaan juga dapat menghemat biaya karena tidak perlu menggunakan banyak perangkat lunak berbeda.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Employee Wellness Program untuk Karyawan

Meski demikian, kelengkapan fitur tidak bisa menjadi faktor tunggal dalam memilih perangkat lunak online untuk sistem HRD terbaik. Ada faktor lain yang juga perlu dipertimbangkan, seperti keamanan dan perlindungan data pengguna. Mengenai bagaimana cara memilih software HRD terbaik, kamu bisa membacanya di sini

Gadjian, Software HRD Terbaik

Contoh aplikasi HRIS terbaik adalah Gadjian. Software HRIS cloud ini terus dikembangkan dengan tambahan fitur-fitur baru yang dibutuhkan pengguna. Fitur teranyar adalah GAGA, yaitu aplikasi pengelola inventaris kantor.

GAGA merupakan modul khusus yang sudah terpasang di Gadjian. Jadi, sekarang kamu tidak hanya bisa menghitung gaji karyawan, BPJS, dan PPh 21 atau mengelola cuti online, tetapi juga mencatat dan memonitor inventaris barang kantor di satu platform digital. 

Inventaris yang dimaksud adalah seluruh barang atau perlengkapan yang dimiliki perusahaan dan dapat digunakan untuk menunjang produktivitas dan operasional bisnis. 

Pentingnya Pengelolaan Daftar Inventaris Kantor

Mengendalikan aset dan mengurangi depresiasi

Inventarisasi memudahkan kamu mengendalikan setiap barang yang menjadi aset kantor, mengetahui posisi dan letak, serta memastikan keamanannya. Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi depresiasi aset yang diakibatkan oleh kehilangan atau kerusakan inventaris.

Sebagai data aset dalam audit kekayaan perusahaan

Catatan inventaris juga dapat digunakan sebagai data aset dalam perhitungan kekayaan perusahaan. Inventarisasi yang baik akan memberikan informasi yang lengkap pada saat audit.

Menghemat anggaran belanja

Inventarisasi membantu kamu mengidentifikasi barang apa saja yang telah dimiliki perusahaan, dan barang apa yang dibutuhkan namun belum tersedia. Ini memudahkan kamu membuat keputusan tepat, misalnya tidak membeli barang yang sudah dimiliki yang kondisinya masih layak. Dengan begitu, inventarisasi membantu menghemat anggaran perusahaan.

Meningkatkan layanan pelanggan

Bagi perusahaan dengan volume supply and demand yang besar, maka inventarisasi yang akurat menjadi sebuah kebutuhan. Pencatatan diperlukan untuk mengetahui berapa persediaan barang tersisa di gudang, barang apa yang harus ditambah, dan kapan waktu yang tepat untuk restock. Jadi, kamu tidak perlu membuat pelanggan menunggu lama akibat kekosongan persediaan barang di gudang.

Baca Juga: 5 Langkah Efektif Mengelola Inventaris Kantor Selama Pandemi 

Kelebihan Fitur GAGA dalam Pengelolaan Inventaris Kantor 

inventaris kantor
Aplikasi inventaris kantor
  1. Kelola inventaris di mana saja. Sama seperti Gadjian yang berbasis cloud, GAGA sangat fleksibel diakses di mana saja dan kapan saja, selama kamu terhubung internet. 
  2. Portal self-service. Karyawan kamu membutuhkan perlengkapan baru atau ingin mengajukan penggantian barang? Mereka bisa melakukannya lewat portal personalia di platform ini.
  3. Lacak inventaris real-time. Kamu bisa melacak mutasi dan lokasi inventaris dengan mudah lewat dashboard yang menyajikan detail dan riwayat penggunaan yang terbaru dan real-time.
  4. QR code generator. Dapatkan QR code secara gratis untuk mengidentifikasi inventaris kantor kamu dengan cepat, mudah, dan praktis.
  5. Data depresiasi inventaris. Kamu juga bisa mendapatkan daftar depresiasi aset atau penyusutan nilai inventaris kantor, sehingga membantu kamu merencanakan keuangan dengan lebih baik.
  6. Kolaborasi tanpa batas. Tersedia hak akses untuk 2 tipe admin yang akan membantu kamu mengelola inventaris kantor.

Lupakan cara membuat daftar inventaris kantor dengan Excel yang tidak fleksibel dan menyulitkan pelacakan. Dengan platform digital GAGA, kamu memiliki data inventaris yang akurat dan terkini.

Baca Juga: Intip Harga Aplikasi Payroll Gadjian dengan Fitur Terlengkapnya

Dengan fitur keren di atas, berapa biaya yang harus kamu keluarkan?

GAGA sangat ekonomis, bahkan terjangkau oleh bisnis kecil sekalipun, karena biaya didasarkan pada skala pengelolaan barang. Aplikasi ini tersedia dengan harga Rp75.000 per bulan untuk pengelolaan 51-500 item, Rp150.000 per bulan untuk 501-1000 item, dan seterusnya. 

Apabila jumlah inventaris kamu hanya sampai dengan 50 item, kamu bisa menggunakan GAGA secara cuma-cuma. Tak ada biaya berlangganan. 

Tertarik? Yuk, daftar software hrd terbaik, Gadjian dan dapatkan aplikasi GAGA untuk mengelola daftar inventaris kantor kamu secara digital.

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya