Contoh Surat Keterangan Penghasilan Karyawan

Image by Freepik - Surat Keterangan Penghasilan

Tahukah Anda, bahwa surat keterangan penghasilan karyawan merupakan dokumen penting bagi seorang karyawan. Surat keterangan ini merupakan bukti resmi dari perusahaan tentang pendapatan yang diterima oleh karyawan ketika bekerja di perusahaan selama periode tertentu. 

Surat ini juga sangat berharga karena dapat digunakan sebagai bukti pendapatan yang diperlukan oleh karyawan dalam berbagai keperluan seperti pengajuan visa, kredit perumahan atau beasiswa.

Baca Juga: Contoh Surat Paklaring Kerja yang Wajib HRD Ketahui

Apa Itu Surat Keterangan Penghasilan Karyawan?

Surat keterangan penghasilan karyawan adalah dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan untuk mencatat dan menginformasikan gaji atau upah yang diterima oleh seorang karyawan selama periode tertentu. Surat ini biasanya diterbitkan setiap bulan atau setiap tiga bulan sekali tergantung pada kesepakatan yang telah dibuat antara perusahaan dan karyawan.

Surat keterangan penghasilan karyawan biasanya berisi informasi tentang nama karyawan, periode penghasilan, komponen gaji atau upah yang diterima, serta potongan-potongan yang dikenakan seperti potongan pajak penghasilan karyawan  dan biaya-biaya lainnya. Surat ini juga biasanya mencantumkan tanggal pembayaran gaji atau upah yang diterima oleh karyawan.

Perusahaan juga harus menyimpan arsip surat keterangan penghasilan karyawan untuk setiap karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Arsip ini biasanya digunakan sebagai referensi dalam mengelola keuangan perusahaan dan untuk mengikuti peraturan yang berlaku mengenai pajak dan pembayaran upah karyawan.

Cara Membuat Surat Keterangan Penghasilan Karyawan

Untuk membuat surat keterangan penghasilan karyawan sebenarnya tidak ada aturan yang baku. Namun, ada beberapa hal wajib yang perlu Anda masukkan, pertama-tama Anda perlu menyiapkan beberapa informasi yang diperlukan, yaitu:

  • Nama lengkap karyawan yang bersangkutan
  • Periode penghasilan, yaitu tanggal awal dan akhir periode penghasilan
  • Jumlah beserta komponen gaji atau upah yang diterima karyawan selama periode tersebut, termasuk bonus atau tunjangan lainnya
  • Potongan-potongan yang dikenakan seperti potongan pajak penghasilan karyawan, biaya asuransi, dan biaya lainnya
  • Tanggal pembayaran gaji atau upah
  • Tanda tangan atau cap perusahaan yang digunakan untuk menandatangani surat

Baca Juga: Struktur dan Contoh Surat Tugas Perjalanan Dinas Karyawan

Setelah Anda menyiapkan informasi tersebut, langkah selanjutnya adalah menyusun surat keterangan penghasilan karyawan. Berikut adalah beberapa contoh format surat keterangan penghasilan karyawan termudah yang dapat Anda gunakan sebagai acuan:

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Karyawan Singkat

Aplikasi Payroll - Hitung Gaji, Hitung BPJS, Hitung PPh 21, Hitung Lembur, Payroll Software Terbaik | Gadjian

Berikut ini adalah contoh surat keterangan penghasilan karyawan singkat yang dapat Anda gunakan:

contoh surat keterangan penghasilan

Contoh Surat Keterangan untuk Pengajuan Kredit Perumahan

Berikut ini adalah contoh surat keterangan penghasilan karyawan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam pengajuan kredit bank:

contoh surat keterangan penghasilan

Baca Juga: 7 Contoh Laporan HRD Excel di Perusahaan

Contoh Surat Keterangan Pengajuan Visa

Berikut ini adalah contoh surat keterangan penghasilan karyawan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam pengajuan visa:

surat keterangan penghasilan karyawan

Demikian beberapa contoh surat keterangan yang dapat Anda gunakan untuk diberikan kepada karyawan. Jika Anda masih mencatat seluruh data personalia dan komponen gaji beserta potongannya secara manual, tentu akan sangat repot ketika harus membuat surat keterangan penghasilan sekaligus untuk seluruh karyawan.

Gunakan teknologi seperti aplikasi Gadjian untuk memudahkan Anda dalam membuat surat keterangan penghasilan karyawan. Dengan fitur personalia dan slip gaji online karyawan, Anda dapat dengan mudah dan cepat untuk mengambil data karyawan dan membuatnya dalam format surat keterangan penghasilan karyawan.

Coba Gadjian Sekarang

Baca Juga Artikel Lainnya