Gadjian Mendukung Organisasi Kemanusiaan di Indonesia untuk Lebih Efisien Mengelola Biaya Operasional

Organisasi kemanusiaan muncul sebagai bentuk partisipasi masyarakat sipil di luar otoritas pemerintah terhadap urusan sosial-kemanusiaan yang beragam, mulai dari bantuan kemanusiaan (humanitarian aid) melintas batas negara hingga masalah kemiskinan lokal. Organisasi ini bekerja dengan prinsip voluntarisme, yang melibatkan relawan dengan berbagai keahlian seperti manajemen krisis, kedokteran, sanitasi, teknik, psikologi, sampai penanganan logistik.

Aplikasi Software HRIS dan Payroll bagi Perusahaan | Gadjian

Dalam menjalankan misi sosial, organisasi semacam ini wajib memiliki integritas dan transparansi terkait pengelolaan dana kemanusiaan yang dihimpun dari masyarakat. Audit dan pelaporan keuangan secara berkala menjadi keharusan agar lebih dipercaya oleh publik.

Meski pada dasarnya bukan merupakan badan usaha yang mengejar laba, organisasi kemanusiaan juga dituntut lebih efisien dalam mengelola biaya atau arus kas perusahaan/organisasi. Sebab, pada praktiknya, organisasi kemanusiaan tidak hanya bertumpu pada penggalangan donasi masyarakat dan menyalurkannya, tetapi juga menjalankan cara kreatif seperti melalui kegiatan ekonomi yang berwawasan sosial (sociopreneurship).

Salah satunya adalah Aksi Cepat Tanggap (ACT). Lembaga kemanusiaan berbasis di Indonesia yang punya reputasi menangani bantuan kemanusiaan di berbagai wilayah dunia dalam situasi krisis akibat perang, konflik, hingga bencana alam ini telah mengembangkan usaha syariah berbasis ekonomi kerakyatan melalui bisnis waralaba yang bernuansa sosial bernama “Sodaqo” di bawah bendera PT Hydro Perdana Retailindo.

Sodaqo.co.id merupakan bagian dari wakaf produktif dari Global Wakaf ACT dalam bentuk usaha minimarket yang dirintis untuk membantu mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat, terutama usaha kecil menengah (UKM) binaan ACT yang selama ini sulit mendapatkan kanal pemasaran. Lewat Sodaqo, produk anak negeri ini bisa dipasarkan secara luas.

Selain dijalankan dengan model kemitraan melalui kepemilikan bersama (sharing) yang sesuai ekonomi syariah, Sodaqo juga memiliki tujuan sosial untuk berbagi. Usaha ini menerapkam konsep berbelanja sekaligus bersedekah bagi pelanggan, yakni dengan menyisihkan 30 persen dari keuntungannya untuk disedekahkan kepada anak yatim, kaum dhuafa, dan kaum disabilitas.

Baca Juga: Kini Saatnya HR Beralih dari Excel ke HRIS Berbasis Cloud

Persoalannya, menjalankan bisnis selalu membutuhkan biaya operasional yang  menjadi beban pengeluaran rutin yang ditanggung organisasi setiap bulan. Pengeluaran paling besar adalah biaya administrasi SDM, termasuk gaji karyawan. Oleh sebab itu, Sodaqo mencari solusi terbaik agar tercapai efisiensi biaya.

HRIS software Gadjian menjadi pilihan tepat bagi Sodaqo, karena menawarkan banyak kemudahan dalam mengelola biaya operasional perusahaan melalui sistem administrasi SDM dan penggajian yang efisien. Dengan sistem operasi software berbasis web, Gadjian merupakan payroll software yang fleksibel, mudah, dan praktis.

Gadjian menghitung payroll karyawan secara secara online, sehingga tidak membutuhkan worksheet manual semacam Excel yang mensyaratkan keahlian khusus dalam pengoperasiannya. Aplikasi ini juga menerapkan otomatisasi dalam pencatatan dan perhitungan gaji, sehingga lebih cepat dan lebih akurat hasilnya.

Kemudahan ini sesuai dengan kebutuhan Sodaqo yang ke depannya diproyeksikan berkembang di  berbagai kota di Indonesia. Gadjian dapat melakukan hitung gaji tanpa repot menghabiskan banyak waktu sekalipun perusahaan memiliki banyak karyawan.

Selain efisiensi waktu, Gadjian juga mendukung penghematan biaya operasional perusahaan dalam mengelola SDM sedikitnya Rp 20 juta per tahun. Salah satunya, karena perusahaan tidak perlu menyediakan dukungan infrastruktur database serta biaya perawatannya.

Baca Juga: 4 Kelebihan Aplikasi Berbasis Cloud yag Perlu Kamu Ketahui

Dengan sistem penyimpanan awan (cloud), perusahaan bisa mendapatkan ruang data yang fleksibel sesuai kebutuhan, aman, serta bisa diakses kapan dan di mana pun lewat internet. Sistem aplikasi, pembaruan software, dan persoalan teknis akan ditangani penyedia layanan aplikasi. Klien cukup mendaftar dan menggunakannya.

Gadjian punya desain yang user-friendly sehingga mudah digunakan siapa saja. Sebagai bentuk dukungan terhadap misi sosial Sodaqo untuk berbagi, Gadjian juga memberikan biaya berlangganan khusus bagi Sodaqo di penghujung bulan Ramadan 2019 yang lalu.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Share