Depan »» Cara Menghitung Gaji Karyawan »» Aplikasi Penggajian »» Aplikasi untuk Pengelolaan Database Karyawan yang Praktis dan Aman

Aplikasi untuk Pengelolaan Database Karyawan yang Praktis dan Aman

by
0 comment 5 minutes read

Pengelolaan database karyawan merupakan salah satu tugas penting bagi departemen HR, karena berhubungan dengan seluruh informasi terkait karyawan. Maka dari itu, mengelola database karyawan harus dilakukan dengan cermat dan teliti agar tidak terjadi kekeliruan.

Agar data dapat dikelola dengan baik, Anda tentu membutuhkan software atau aplikasi yang dapat menampung dan mengelola semua informasi karyawan. Lalu, bagaimana pengelolaan database karyawan yang praktis dan aman? Yuk, simak informasi berikut ini!   

Pentingnya Pengelolaan Database Karyawan yang Baik

Pengelolaan Database Karyawan

Database karyawan perusahaan meliputi data informasi yang menjadi dasar untuk pengambilan banyak keputusan terkait karyawan.

Data ini berhubungan dengan data absensi, data penilaian kerja, data ketepatan waktu, dan lain-lain yang nantinya akan dijadikan dasar untuk memberikan gaji pada karyawan.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengelola database karyawan dengan baik. Agar tidak terjadi kesalahan informasi yang berakibat fatal. 

Cara Memaksimalkan Pengelolaan Data Karyawan

Agar pengelolaan data karyawan Anda maksimal, Anda membutuhkan software atau aplikasi database karyawan. Ada berbagai macam software atau aplikasi yang menawarkan banyak keunggulan untuk mengelola data karyawan.

Penggunaan software atau aplikasi dalam menyimpan data karyawan tentu akan sangat berbeda bentuknya dibanding data karyawan word atau database karyawan excel.  

Penggunaan aplikasi khusus akan memberikan ruang tersendiri untuk mengelola data karyawan Anda. Sehingga akan memberikan efisiensi karena bisa langsung dilakukan modifikasi sewaktu-waktu sesuai keadaan yang berlangsung.

Aplikasi pengelolaan database karyawan yang praktis dan terjamin aman adalah aplikasi Gadjian dan Hadirr

Baca juga: Cara Mengatasi Karyawan yang Tidak Efektif

Fitur yang Wajib Ada dalam Aplikasi Database Karyawan

1. Menyimpan data pribadi & data karir karyawan

Aplikasi database karyawan yang baik harus memiliki fitur menyimpan data pribadi & data karir karyawan.

Aplikasi Hadirr memiliki fitur menyimpan data berbasis online yang dapat menyimpan data karyawan Anda mulai dari data pribadi, data karir, detail penggajian, rekaman absensi, CV dan dokumen-dokumen karyawan lainnya secara online. 

2. Merekam kehadiran karyawan secara real-time

Aplikasi pengelola karyawan Hadirr juga dilengkapi dengan fitur absensi digital dan shift kerja. Fitur ini dapat merekam kehadiran karyawan secara real time hanya dengan melakukan selfie serta menggunakan teknologi anti fake GPS.

Secara otomatis database absensi karyawan akan tercatat sesuai waktu kehadiran dan lokasi yang akurat, tanpa perlu khawatir karyawan bertindak curang.

3. Memantau kinerja karyawan 

Fitur yang wajib ada di aplikasi database karyawan yang selanjutnya adalah fitur memantau kinerja karyawan. Aplikasi Gadjian memiliki fitur analisis kinerja karyawan yang dapat memantau perkembangan hasil kerja karyawan Anda.

Disisi lain aplikasi Hadirr juga memiliki fitur shift kerja & timesheet online yang dapat mengelola shift kerja dan melakukan manajemen waktu yang efektif. 

4. Mengelola cuti, sakit, dan izin karyawan

Data cuti, sakit, dan izin karyawan adalah salah satu data penting dalam penentuan kinerja karyawan. Aplikasi Gadjian memiliki fitur kelola cuti, sakit & izin yang dapat dilakukan secara online.

Dengan fitur ini Anda tidak perlu repot dalam membuat pengajuan dan persetujuan atas segala keperluan izin, cuti, dan sakit karyawan Anda. 

5. Manajemen penggajian karyawan

Fitur manajemen penggajian karyawan juga menjadi salah satu fitur penting yang harus ada di aplikasi manajemen karyawan. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur ini adalah aplikasi Gadjian.

Fitur perhitungan gaji dan slip gaji karyawan di aplikasi Gadjian dapat membantu Anda membuat perhitungan gaji sesuai data absensi dan kinerja yang telah masuk dan sesuai potongan BPJS dan PPh 21/26.  

6. Akses download laporan database karyawan 

Setelah semua data tercatat di aplikasi, dan Anda ingin mengunduh data karyawan. Anda dapat melakukan unduh data melalui fitur download database karyawan.

Gadjian maupun Hadirr memiliki fitur download laporan database hanya dengan melakukan beberapa kali klik dari dashboard admin software. 

Baca Juga: Apakah Karyawan Cuti Melahirkan Dapat THR Secara Penuh

Keunggulan Aplikasi Gadjian & Hadirr

Pengelolaan Database Karyawan
  1. Praktis mengelola data karyawan

Dengan aplikasi pengelolaan database Gadjian dan Hadirr perusahaan dapat memusatkan, mengelola, dan memelihara data secara efektif dan efisien. Pekerjaan akan lebih praktis karena semua dapat dikelola hanya melalui smartphone Anda.   

  1. Menjamin keamanan data karyawan

Keamanan data karyawan Anda tentu akan terjamin. Aplikasi pengelolaan database Gadjian dan Hadirr memiliki sistem keamanan data web sekelas perbankan. Keamanan penyimpanan data karyawan sepenuhnya ada di tangan pengguna. Sehingga segala kegiatan di akun Anda hanya Anda yang tahu.

Dilengkapi pula dengan fitur catatan aktivitas log akun yang dapat memantau aktivitas akun Anda. 

  1. Memudahkan pengambilan keputusan

Dengan aplikasi pengelolaan database Gadjian dan Hadirr Anda akan dimudahkan dalam pengambilan keputusan. Misalnya dalam hal penggajian karyawan, Anda akan dibantu menghitung gaji sesuai data kehadiran, ijin, cuti, dan data kinerja karyawan yang telah masuk.

Secara otomatis slip gaji dapat terhitung sesuai pajak dan potongan yang berlaku.  

  1. Meningkatkan produktivitas

Aplikasi pengelolaan database dapat membantu perusahaan Anda dalam mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang dan mengurangi kesalahan manusia. Dengan adanya aplikasi ini, karyawan bisa fokus pada tugas-tugas yang lebih penting dan meningkatkan produktivitas mereka.

  1. Mempermudah koordinasi dan kolaborasi

Aplikasi pengelolaan database Gadjian dan Hadirr juga mampu memungkinkan karyawan untuk mengakses data dan informasi secara terpusat dan real-time. Hal ini memudahkan koordinasi dan kolaborasi antara departemen dan karyawan, sehingga mempercepat penyelesaian tugas dan meningkatkan efektivitas tim.

Baca juga: Perhitungan Pajak THR dan Bonus Karyawan Terbaru

Gadjian & Hadirr Kelola Database Karyawan dengan Efisien

Demikian penjelasan aplikasi pengelolaan database yang praktis dan aman. Yuk, gunakan Gadjian untuk mengelola semua data karyawan Anda mulai dari data pribadi, data karir, detail penggajian, rekaman absensi hingga jatah cuti.

Gadjian juga bisa menyimpan dokumen CV dan dokumen-dokumen karyawan lainnya. Yuk daftar Gadjian sekarang! 

Coba Gadjian Sekarang

Software HRIS Gadjian terintegrasi dengan software absensi online Hadirr. Permudah urusan pengelolaan data kehadiran, clock in/out, shift kerja hingga jam lembur karyawan dengan beralih ke Hadirr. Coba gratis sekarang juga!

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Baca Juga Artikel Lainnya

No Thoughts on Aplikasi untuk Pengelolaan Database Karyawan yang Praktis dan Aman

Leave A Comment

Smitten Kitchen!

Sign up for delicious receips.
SIGN UP
Close
Ingin dapat
Tips Bisnis & Pengelolaan HRD?
Daftar Newsletter
GABUNG
close-link