5 Cara Sukses Berbisnis Bos CT Corp Chairul Tanjung

Aplikasi Payroll - Hitung Gaji, Hitung BPJS, Hitung PPh 21, Hitung Lembur, Payroll Software Terbaik | Gadjian

Siapa tak kenal Chairul Tanjung, pengusaha sukses yang termasuk salah satu orang terkaya di Indonesia dan bos CT Corp yang membawahi berbagai perusahaan, dari industri media, perbankan, hingga retail. Kerajaan bisnisnya tidak jatuh dari langit, tetapi dibangun dari nol lewat jerih payah dan ketekunan.

Bagaimana Chairul Tanjung yang dijuluki anak singkong, karena berasal dari keluarga pas-pasan, berhasil menjadi pebisnis ulung? Setidaknya ada lima tips sukses bisnis Chairul Tanjung yang dapat ditiru, yaitu:

Berani Bermimpi

Dalam membangun bisnis, mimpi merupakan gambaran atau visi tentang apa yang akan dicapai dalam setahun, lima tahun, atau sepuluh tahun ke depan. Mimpi bukan berarti berkhayal, tetapi target jelas yang akan diperjuangkan. Chairul adalah orang yang punya mimpi besar ketika memulai bisnis, sekalipun pernah mengalami kegagalan ketika memulai usaha penjualan alat kedokteran/laboratorium dan ekspor sepatu anak.

Namun karena percaya pada mimpi, ia tak pernah menyerah, hingga ia berhasil membangun Para Group yang membawahi bisnis finansial, multimedia, dan properti. Usahanya terus berkembang dan berubah menjadi CT Corp yang terdiri Mega Corp, CT Global Resources, dan Trans Corp. Jadi, jangan takut bermimpi besar meskipun kamu memulai bisnis kecil.

Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Untuk mewujudkan mimpi, yang pertama dilakukan adalah membuang rasa malas. Mulailah bekerja lebih keras, mencari ide bisnis yang unik, mengenali potensi diri, membuat rencana, hingga mencari modal untuk membangun usaha. Kesuksesan tidak menghampiri orang malas, tetapi orang yang mau berkeringat.

Tidak cukup kerja keras, membangun usaha ala Chairul juga butuh kerja cerdas, yaitu bekerja secara efektif dan efisien. Dengan sumber daya yang tersedia, pengusaha dituntut mampu menghasilkan laba secara berkelanjutan.

Chairul sendiri pernah mengalami kerugian setiap bulan rata-rata Rp 30 miliar pada awal stasiun TransTV mengudara. Namun, ia terus mencari cara agar perusahaan bisa efisien dan menghasilkan profit, sampai akhirnya ia berhasil mengakuisisi TV7 (diubah menjadi Trans7) dari Kompas. Keduanya kemudian menjadi penyumbang terbesar kekayaan Chairul.

Bekerja Detail

Salah satu kunci keberhasilan Chairul dalam berbisnis adalah bekerja dengan detail. Setiap pekerjaan membutuhkan keseriusan, bukan dikerjakan secara asal-asalan. Ia belajar dari setiap kegagalan, dan dapat menemukan bagian mana yang harus diperbaiki atau diatasi. Ia menganggap setiap bagian pekerjaan sama pentingnya dalam mendorong keberhasilan.

Karena itu, jika ingin sukses, bekerjalah lebih detil. Dalam suatu organisasi bisnis, setiap bagian kecil dari pekerjaan punya kontribusi bagi kemajuan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Libertha Hutapea Mengelola Ribuan Karyawan Tokopedia?

Perbanyak Teman dan Perluas Relasi

Bisnis adalah soal membuat jaringan. Semakin banyak mengenal orang, maka semakin besar pengusaha mendapatkan pelanggan. Dalam soal berteman, Chairul dikenal sebagai orang yang punya jaringan yang luas dan tidak memilih-memilih dengan siapa ia menjalin pertemanan, mulai dari kalangan atas hingga pekerja level bawah.

Bagi pengusaha yang baru memulai bisnis, relasi sangat penting dalam hal mendapatkan suntikan modal, merekerut tenaga kerja, dan mendapatkan pasar. Ini sesuai prinsip bahwa silaturahmi memperpanjang rezeki.

Fokus dan Tekun Pada Pengembangan Bisnis

Menjalankan bisnis membutuhkan fokus dan ketekunan, tidak bisa menjadi usaha sambilan. Pengusaha yang berhasil hampir menghabiskan waktunya setiap sehari untuk bisnis, dari mulai memikirkan rencana secara matang, mengeksekusinya secara bertahap, dan mengevaluasi hasilnya.

Ini yang dilakukan Chairul, sarjana Kedokteran Gigi yang memilih sepenuhnya terjun ke dunia usaha, memberikan seluruh waktu, energi, dan pikirannya untuk membangun bisnis dari kecil hingga berhasil menjadi konglomerat. Meskipun ada rencana yang gagal atau bahkan seluruh usahanya tidak memenuhi target, tetapi bagi orang yang fokus, kegagalan tidak dapat menghentikan langkahnya untuk maju.

Jika kamu ingin berfokus pada pengembangan bisnis, sebaiknya lakukan sekarang. Berikan waktu dan energimu untuk mengurus hal-hal pokok dan penting yang dapat mendorong usahamu lebih maju. Untuk urusan administrasi karyawan yang kerap menghabiskan waktu, serahkan ke software HR Gadjian.

Dengan aplikasi penggajian online ini, kamu dapat mengerjakan berbagai tugas HR dan keuangan, seperti menghitung gaji karyawan, lembur, cuti, BPJS, bonus, THR, potongan PPh 21, dan pinjaman karyawan, dilakukan secara otomatis, lebih cepat dan akurat. Gadjian merupakan payroll software yang memiliki fitur lengkap dan terintegrasi dengan aplikasi lain seperti absensi online Hadirr dan Mandiri Cash Management.

Tetapi, bukahkah menggunakan software itu lebih repot, mesti punya skill dan harus selalu update?

Tidak dengan Gadjian, karena software ini berbasis cloud, bukan on-premise. Kamu tinggal unduh dan pakai, tanpa pusing memikirkan pembaruan. Sistemnya juga dirancang user-friendly sehingga mudah digunakan oleh siapa saja, dan dapat diakses di mana saja.

Jika kamu baru memulai usaha, Gadjian juga sangat cocok untuk membantumu menghemat biaya kelola administrasi karyawan per tahun. Jadi, aplikasi pintar ini mendukung kamu untuk bekerja cerdas seperti bos CT corp.

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Bagikan artikel ini:

Share