Mengapa Aplikasi Absensi Karyawan Online Lebih Baik bagi Perusahaan?

Disrupsi telah melahirkan era Industri 4.0 yang ditandai dengan otomatisasi yang menitikberatkan peran sentral data dalam kegiatan produksi dan jasa. Tidak hanya memunculkan model bisnis baru ber-platform digital, revolusi teknologi internet juga telah menawarkan cara mengelola usaha dengan lebih efisien.

Salah satunya adalah popularitas cloud, teknologi penyimpanan data secara online yang mudah, murah, aman, dan menawarkan akses yang fleksibel. Karena kelebihannya itu, cloud menjadi andalan para pengembang aplikasi digital, termasuk software HR untuk mengelola administrasi karyawan.

Saat ini, para HR dan finance di sejumlah perusahaan sudah meninggalkan software on-premise maupun cara-cara manual yang berbiaya besar dan kurang fleksibel. Mereka mulai beralih ke HRIS software online yang serba otomatis, seperti Hadirr, aplikasi absensi karyawan online yang andal dengan banyak fitur yang memberi kemudahan dalam pencatatan kehadiran pegawai.

Baca Juga: Absensi Karyawan Semakin Mudah dengan Aplikasi Hadirr

Ada sejumlah alasan mengapa aplikasi absensi online lebih baik bagi perusahaan dibandingkan sistem manual, antara lain:

  1. Praktis dan Tidak Butuh Biaya Infrastruktur

Absensi online tidak butuh alat perekam sidik jari dan sebagainya yang mesti kamu pasang di lokasi absen. Perusahaan juga tak perlu menyediakan komputer dengan ruang penyimpanan untuk mencatat data absen karyawan. Dengan menggunakan Hadirr, satu-satunya perangkat yang dibutuhkan adalah smartphone berbasis Android atau iOS. Setelah mendaftar, kamu hanya butuh mengunduh aplikasinya di Google Play atau App Store. Lalu, buat akun dan kamu langsung dapat menggunakan aplikasi ini.

  1. Sistem yang Terintegrasi Secara Otomatis

Aplikasi absensi online terintegrasi dengan data karyawan yang tersimpan di server cloud, sehingga kamu tak perlu repot menginput data untuk setiap jenis pekerjaan. Hadirr juga terintegrasi dengan payroll software Gadjian, sehingga kamu hanya perlu satu data karyawan yang bisa digunakan untuk segala macam perhitungan, seperti gaji, lembur, dan potongan pajak karyawan.

  1. Data Real-Time yang Akurat

Berbeda dengan sistem manual, aplikasi absensi online mencatat kehadiran karyawan secara real-time, sehingga memudahkan kamu seandainya membutuhkan data saat itu juga sebagai bahan pengambilan keputusan. Kamu bisa mengetahui siapa dan berapa orang yang tak masuk kerja tepat pada jam absen. Sistem pencatatan absensi juga akurat karena absen online lewat Hadirr diverifikasi dengan teknologi pelacak lokasi dan pengenal wajah sehingga tidak memungkinkan karyawan melakukan kecurangan.

  1. Memungkinkan Absen di Banyak Lokasi

Keuntungan lain menggunakan aplikasi absensi online adalah fleksibilitas sistem yang tak bisa ditandingi oleh absensi manual. Misalnya, jika perusahaanmu memiliki banyak cabang atau mempekerjakan karyawan luar kantor yang tersebar di beberapa kota, maka absensi online menjadi solusi jitu. Dengan Hadirr, karyawanmu di berbagai kantor cabang lebih mudah melaporkan kehadirannya dan, pada saat yang sama, kamu juga dapat memantaunya kapan mereka clock in dan clock out, siapa yang terlambat, serta siapa yang tidak hadir.

Baca Juga: Perhitungan Lembur Praktis dengan Gadjian dan Hadirr

Aplikasi kehadiran online ini juga memungkinkan karyawan mencatat jadwal kerjanya di aplikasi sehingga memudahkan kamu untuk memantaunya. Karyawan dengan mobilitas tinggi juga bisa dipantau lewat real-time report dari smartphone miliknya.

Jika perusahaanmu sering memerintahkan kerja lembur, Hadirr juga dapat mencatat dan menghitung otomatis jumlah jam lembur karyawan bersangkutan untuk kemudian dihitung upah lemburnya melalui payroll software Gadjian. Pengajuan reimbursement juga lebih mudah, hanya dengan mengunggah bukti pengeluaran di aplikasi untuk disetujui pembayarannya.

Tertarik coba software absensi karyawan ini? Daftar sekarang atau kamu juga bisa coba gratis.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia

Bagikan artikel ini:

Share