E-Learning Semakin Trend di Masa Pandemi, Cek Manfaatnya Bagi Perusahaan!

Pengembangan karyawan di masa pandemi ini tentunya tidak bisa dilakukan secara tatap muka, sehingga kegiatan ini sekarang berubah menjadi e-Learning. Tanpa mengurangi tujuan dan manfaatnya dari pengembangan karyawan secara tatap muka, e-Learning hanya memiliki perbedaan pada metodenya yaitu, dengan pembelajaran virtual melalui internal atau digital. 

Baca Juga: Aplikasi HRIS Ini Bantu UMKM Tingkatkan Profit

Dengan adanya e-learning ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sumber daya manusia yang juga bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan. E-learning tidak hanya mendukung keunggulan karyawan, tetapi juga bisa meningkatkan loyalitas para karyawan. 

Program e-learning yang diadakan oleh perusahaan ini adalah bentuk investasi untuk meminimalisir adanya turn over dan juga meningkatkan self-belonging antara karyawan dan perusahaan. Jika, perusahaan tidak melakukan pengembangan apapun kepada karyawan, maka bisa jadi kegiatan operasional akan mandek, karyawan merasa tidak ada peningkatan apapun, sehingga mudah juga bagi karyawan untuk meninggalkan perusahaan. Maka dari itu, kami akan membahas beberapa manfaat e-learning bagi perusahaan di bawah ini.

Akses pelatihan yang lebih mudah dan fleksibel

Dengan e-learning seluruh karyawan dapat mengakses materi training kapan dan dimanapun. Sehingga karyawan bisa mengikuti atau mempelajari dengan memilih waktu paling nyaman bagi mereka. Selain itu, berbeda dengan training yang mengharuskan bertatap muka yang terkesan lebih kaku, e-learning memungkinkan karyawan bisa menyelesaikan training dengan lebih cepat sehingga produktivitas karyawan pun tetap terjaga, tanpa harus mengesampingkan tanggung jawab serta target-target lain yang perlu dicapai. 

Lebih hemat biaya 

Jika sebelumnya perusahaan harus menyiapkan budget untuk melaksanakan training bagi karyawan internal dengan e-learning dan pelatihan dilaksanakan secara online maka perusahaan akan lebih menghemat biaya. Artinya, Anda sebagai seorang HR tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat khusus, konsumsi, hingga transportasi untuk karyawan maupun manajer yang akan mengikuti pelatihan. Sangat jelas jika dengan metode e-learning ini bisa menghemat keuangan perusahaan. 

Menghasilkan SDM yang kompetitif 

E-learning maupun pelatihan secara tatap muka memiliki tujuan yang sama untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif dan mampu bersaing dengan karyawan perusahaan lainnya. Dengan memberikan pelatihan SDM secara online tujuan ini tetap akan tercapai, selain itu dengan menerapkan e-learning perusahaan Anda akan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya yang juga sudah mulai menerapkan e-learning bagi karyawannya. 

Memantau proses training lebih mudah 

Dengan metode e-learning Anda akan lebih mudah memantau karyawan yang mengikuti training, hal ini karena Anda bisa melihat dan memantau kehadiran karyawan pada training, hasil ujian, dan juga bisa mengetahui frekuensi dan durasi masing-masing karyawan saat mengakses materi e-learning. Tentunya manfaat ini akan menghemat biaya dan waktu juga, Anda tidak perlu melakukan pengecekkan secara konvensional, cukup dengan satu sistem Anda bisa mendapatkan semua informasi tersebut. 

Dilihat dari manfaat di atas, e-learning menjadi potensi dan daya tarik tersendiri bagi karyawan dan perusahaan. Maka dari itu, sekarang lah saatnya Anda bisa memulai untuk menerapkan e-learning bagi karyawan. Jagoan Hosting bisa menjadi salah satu solusi yang tepat dan dapat dipercaya kualitasnya.

Baca Juga: Absensi Berbasis GPS, Solusi Terbaik Kelola Kehadiran Karyawan

Jagoan Hosting menawarkan VPS yang teroptimisasi khusus dengan Moodle. Yang memungkinkan Anda untuk memiliki e-learning yang bisa diakses oleh banyak karyawan Anda, sekaligus mengelola resources yang dibutuhkan. Anda juga bisa mengatur keamanannya dengan firewall manager, control button dan secure sharing access, sehingga data-data materi training perusahaan tetap terjamin. Layanan VPS Moodle dari Jagoan Hosting ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk perusahaan Anda, bukan? Tunggu apalagi konsultasikan kebutuhan e-learning Anda sekarang!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *