4 Kompetensi HR Manager Masa Kini

Di media sosial @Gadjian kami sering banget dapat pertanyaan, “Kak, ada lowongan HR gak?”. Sepertinya, ini merupakan indikasi tingginya minat generasi muda Indonesia, khususnya generasi millenial untuk meniti karir di bidang HR. Tapi sebenarnya apa saja sih latar belakang kompetensi yang harus dimiliki seorang praktisi HR atau HR manager, khususnya di masa sekarang? Kita simak yuk.

Baca Juga: Melamar Jadi HRD? Berikut Hal-Hal Yang Wajib Dipersiapkan

Table of Contents

Jurusan kuliah untuk bekerja di HRD

Apakah harus lulusan psikologi atau legal untuk bekerja di HR?

Tidak juga. Kuliah jurusan apapun, Anda bisa jadi praktisi HR yang baik asalkan memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Apa itu kompetensi? Kompetensi adalah kemampuan atau kapabilitas seseorang untuk melakukan sesuatu yang bernilai dengan baik. Contohnya, kompetensi selebgram Sisca Kohl adalah:

  1. Masak
  2. Video editing
  3. Membuat naskah (script) konten yang berpotensi viral

Lalu, apa saja kompetensi yang dibutuhkan untuk mengelola HR dengan baik?

Kompetensi yang harus dimiliki jika bekerja di HRD

  1. HR analytics
  2. Ketajaman bisnis (business acumen)
  3. Melek digital, khususnya yang dapat meningkatkan efisiensi HR
  4. Kecerdasan sosial untuk berkomunikasi, berinteraksi dan memahami orang lain

Lalu, jika kita berminat berkiprah di profesi HR, di mana kita bisa mengasah kompetensi-kompetensi di atas?

Training HRD untuk pemula

Jangan khawatir karena fasilitas belajar HR seperti Gadjian Academy dapat mengasah kompetensi Anda sehingga menjadi HR manager atau HR profesional yang handal. Gadjian Academy memberi bekal bagi para praktisi HR, baik yang pemula maupun yang sudah senior agar dapat mengasah kompetensi-kompetensi yang diperlukan di masa kini untuk mengelola HR organisasi apapun.

Baca Juga: Peran HRD Indonesia dalam Menerapkan Corporate Culture

Bagaimana dengan hal-hal terkait administrasi HR? Apakah praktisi HR juga dituntut untuk memahami dan mengurusi administrasi data karyawan, gaji, pajak karyawan, BPJS, dsb? Di jaman sekarang, software payroll seperti Gadjian dapat diandalkan untuk mengurusi administrasi HR, sehingga praktisi HR dapat lebih berfokus untuk mengasah kompetensi-kompetensi penting yang lebih dibutuhkan perusahaan. Tertarik untuk mencoba Gadjian?

Coba Gadjian Sekarang

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *