Bantuan Pemerintah untuk Pengusaha di Masa COVID 19

Program bantuan pemerintah untuk pengusaha dan UMKM bertujuan sebagai stimulus perekonomian di masa pandemi COVID-19. Banyak sektor yang terdampak akibat pandemi, sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 anjlok di 2,97 persen. Untuk itu pemerintah mengeluarkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan tujuan utama melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha, terutama UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) selama pandemi COVID-19. Beberapa program yang telah dilaksanakan di antaranya insentif pajak dan restrukturisasi kredit.

Baca Juga: Download Panduan New Normal Bagi Perusahaan dan Karyawan (Infografis)

Guna memberikan stimulus perekonomian, program bantuan pemerintah bagi UMKM salah satunya berupa insentif pajak bagi pengusaha dengan omzet kurang dari Rp 4,8 miliar per tahun. Pemerintah bebaskan PPh 21 karyawan di masa pandemi COVID-19 dengan ketentuan tertentu selama 6 bulan. Diharapkan perekonomian Indonesia tumbuh di atas 0% dengan adanya stimulus bagi pelaku UMKM.

Skema bantuan pemerintah lainnya yaitu relaksasi dan restrukturisasi kredit UMKM yang mencapai nilai 597 triliun Rupiah. Demi upaya mempertahankan performa perkreditan bagi pelaku UMKM, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan relaksasi kredit usaha mikro dan usaha kecil di bawah Rp 10 miliar. Jenis dan lama penundaan tergantung kebijakan dari masing-masing bank. Yang berhak mendapat keringanan antara lain sektor pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian, dan pertambangan.

Mendukung program bantuan pemerintah, startup penyedia solusi Human Resource Information System (HRIS) Gadjian berinisiatif mengadakan program Gotong Royong Gadjian. Sebagai bentuk kontribusi dalam membantu pelaku usaha, tim Gadjian mengumpulkan berbagai informasi terkait jenis bantuan yang dapat meringankan pemilik usaha. Output yang dihasilkan berupa >> Daftar Bantuan Krisis COVID-19 << untuk Pelaku Usaha.

Baca Juga: New Normal: Siapkah Pelaku Usaha Menerapkan Teknologi Touchless di Tengah Corona?

Informasi yang disediakan diharapkan mampu menjembatani antara pemerintah dengan UMKM sehingga bantuan pemerintah di masa Covid-19 dapat segera terealisasi. Membantu efisiensi usaha Anda dalam mengelola karyawan, aplikasi Gadjian menyediakan software HR (Human Resource) yang praktis dan user friendly. Proses mengelola data karyawan dan hitung gaji lebih cepat dan akurat. Mengelola usaha di masa pandemi menjadi lebih cost-effective dengan Gadjian.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: Haunina K. Sari

Share