Masa Depan HR dan Payroll Usai Pandemi Covid-19

Beberapa bulan telah berlalu sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia. Masyarakat saat ini mulai terbiasa dengan kegiatan baru yang mereka jalani selama diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah. Belakangan, pembicaraan masyarakat mulai beralih membahas bagaimana dampak pandemi ini terhadap perusahaan dan karyawan. Lebih tepatnya pembicaraan mengenai dunia kerja sebelum dan sesudah Covid-19.

Banyak operasional HR serta proses penggajian yang terhambat. Akibatnya saat ini perusahaan mulai menyadari bahwa proses penggajian dan HR tidak dapat disamakan dengan kondisi sebelum pandemi corona, sehingga perusahaan mulai berfikir solusi apa yang dapat digunakan untuk mengelola operasional HR secara efisien dan efektif.

Kasus untuk Aplikasi HR dan Payroll berbasis Cloud

Banyak perusahaan yang masih menggunakan proses HR secara manual, dimana hal tersebut sangatlah tidak efisien di tengah situasi krisis saat ini. Hasil data yang diperoleh kurang analitik dan tidak cocok untuk membuat keputusan strategis perusahaan. Selain itu, human error pun lebih sering terjadi jika data yang dikelola cukup banyak.

Baca Juga: Absensi Online Atasi New Normal Perusahaan Setelah Covid19

Dengan diterapkannya work from home (WFH), perusahaan yang menggunakan sistem penggajian dimana data terpusat di kantor (sistem on-premise) akan menghadapi kendala. Dimana hal tersebut membuat karyawan harus bekerja secara shifting karena tidak memungkinkan untuk bekerja di rumah. Kendala lainnya yang terjadi yaitu infrastruktur fisik di rumah tidak memiliki standar keamanan yang baik. Proses yang berkaitan dengan HR dan manajemen akan menjadi tidak efisien sehingga menyebabkan risiko ke seluruh proses penggajian.

Sedangkan perusahaan yang sudah mengimplementasikan cloud base Human Resource Management System (HRIS) akan lebih mampu beradaptasi dengan cepat di situasi krisis saat ini dan lebih siap untuk melakukan kegiatan secara WFH. Penggunaan sistem cloud membuat perusahaan dapat menghemat budget, karena perusahaan hanya perlu membayar biaya per pengguna, serta penggajian dan perhitungan pajak karyawan dapat dilakukan pada saat yang sama sehingga meminimalisir kebutuhan perusahaan akan konsultan pajak.

Kasus untuk Jasa Payroll Outsourcing

Perusahaan yang melakukan proses penggajian secara manual mulai terpengaruh dengan jasa Payroll Outsourcing karena adanya pandemi ini. Beberapa dari mereka, tidak dapat melakukan penggajian dari jarak jauh serta tidak dapat bereaksi secara cepat terhadap perubahan peraturan yang sebagian besar pemerintah keluarkan karena adanya krisis.

Apabila suatu perusahaan hanya fokus ke beberapa fungsi, misalnya sales atau IT development, meng-outsourcing-kan penggajian merupakan hal yang cerdik karena perusahaan akan tetap bisa fokus untuk menjalankan kunci strategis perusahaan. Melakukan outsourcing memungkinkan perusahaan untuk fokus memperluas bisnis mereka tanpa adanya rasa takut mengenai proses penggajian dan pembayaran pajak karyawan, dimana dua hal tersebut merupakan proses bisnis yang kritikal untuk dikerjakan.

Dengan adanya krisis saat ini, HR dituntut untuk bekerja lebih cepat dari sebelumnya dikarenakan adanya new normal. Sistem HR seperti Gadjian terbukti lebih praktis, aman, dan efisien untuk digunakan saat krisis saat ini karena berbasis cloud. HR dapat mengalihkan waktu yang biasanya dihabiskan untuk fokus mengurus perhitungan gaji  menjadi fokus menciptakan inovasi-inovasi yang berdampak pada peningkatan kinerja karyawan. 

Baca Juga: Menaker: Pembayaran THR 2020 Bisa Dicicl dan Ditunda

Perhitungan kompensasi yang rumit dan melibatkan banyak aspek, dapat dihitung secara otomatis dengan aplikasi penggajian. Aplikasi HRD Gadjian juga mengintegrasikan keseluruhan data karyawan sehingga memudahkan HR melakukan update data terbaru dari tiap karyawan.

Selain itu, aplikasi Gadjian juga dapat digunakan untuk mengajukan cuti online atau menerima slip gaji online. Penggajian pun lebih transparan, dan waktu yang dibutuhkan HR untuk mengelola sumber daya manusia menjadi lebih efektif. Gadjian juga menyediakan jasa payroll outsourcing bernama PegaweStartups dari Singapore, Hongkong, China, Korea pun meng-outsourcing-kan penggajian dan administrasi HR mereka ke Pegawe.

Coba Gadjian Sekarang

Coba Pegawe Payroll Outsourcing

Share